Wajah Mirip Berarti 'Jodoh'. Kasih Kado Baju Akan 'Putus'. Mitos Atau Fakta?

10.49.00

Kita terlalu sering lupa bahwa hubungan cinta nggaklah melulu berputar pada hal-hal yang manis dan menyenangkan. Seringkali cinta harus dipertahankan hingga hati baret-baret. Siapa sih yang nggak pengen berjodoh sama pasangan atau pacar yang selama ini menemani? Pasti semua orang pengen, dong! Kadang ada beberapa hal dalam pacaran yang disikapi berlebihan oleh sebagian pasangan. Percaya atau nggak, hal itu bisa mempengaruhi kamu sebagai pasangan, padahal nggak ketauan juga hubungannya apa.



Muka mirip itu tandanya ‘jodoh’. Pemikiran ini sudah diyakini oleh sejuta umat di seluruh pelosok dunia.
Sering kan kita dengar omongan orang yang orang terutama pasangan yang berwajah mirip itu tandanya ‘jodoh’. Mitos ini nggak berkembang hanya di Indonesia, tapi di beberapa negara juga ternyata percaya bahwa orang-orang yang memang sudah berjodoh memiliki struktur wajah yang sama. Hem mitos atau fakta ya? Pernyataan ini ada benernya, ada salahnya juga, namanya juga mitos ya.
Peneliti dari Institut des Sciences de L’Evolution de Montpellier Prancis akhirnya melakukan penelitian dengan  100 orang dan memberi mereka perintah untuk memilih dari banyak foto tentang lawan jenis mana yang mereka anggap menarik. Dan hasilnya, sebagian besar mereka memilih lawan jenis yang memiliki banyak kesamaan dengan wajah mereka sendiri. Seorang psikologis dari University of Michigan yang bernama Robert Zajonc juga mengadakan sebuah eksperimen yang berbeda dengan cara melakukan analisa pada foto yang diambil oleh satu pasangan sebelum menikah dan foto mereka 25 tahun setelah menikah. Hasil yang ia dapatkan adalah ternyata pasangan tersebut malah semakin mirip seiring dengan berjalannya waktu. Zajonc memiliki pendapat bahwa pasangan ini menjadi mirip karena seseorang lebih punya kesempatan untuk meniru          ekspresi wajah pasangannya.
Jadi, kalau banyak yang bilang kamu mirip dengan si pacar karena mungkin orang-orang sudah lama dan sering melihat kalian bersama, tingkah laku dan ekspresi bahagia yang mirip akan membuat kalian terlihat sebagai pasangan yang serasi.
Bukan berarti “Gue punya lesung pipit, gue pake kacamata juga. Berarti gue jodoh sama Afgan dong? Awww....”
#kemudianhening

Mimpi tentang seseorang 3 hari berturut-turut, langsung yakin kalau kalian berjodoh. Besoknya kamu langsung siapin pelaminan dan fitting baju pengantin.
Pernah nggak kamu mimpiin pasangan lebih dari 3 kali atau bahkan seminggu berturut-turut? Kalau pernah, apakah kamu langsung berpikir kalau kalian berjodoh dengan si dia?
Hem mungkin aja kamu lagi kesemsem atau sedang ada masalah sama si pacar alhasil sampai kamu terlelap mukanya si pacar yang kamu bayangkan. Mimpi itu pada dasarnya adalah deretan pemikiran, citra, suara atau emosi yang dialami pikiran saat tidur.

Kalian lahir di tanggal atau bulan yang sama, dengan cara berlebihan kalian mendeklarasikan kalau kalian itu jodoh sejati.
Kemungkinan memiliki tanggal lahir yang sama dengan orang lain itu sangat sangat besar. Jadi kalau kamu punya pikiran bahwa punya tanggal lahir sama berarti jodoh, berarti mungkin artinya kamu berjodoh dengan banyak orang. Ngga cuma sama pasanganmu sekarang..
Memang sih banyak juga pasangan yang langgeng dan ternyata memiliki tanggal lahir yang sama, ini hanyalah hadiah tambahan. Semua itu tentunya bergantung dengan pribadi dan kecocokan kita juga plus kadar cinta yang dimiliki.
Betul?

Gak sengaja, kalian memakai baju yang sama. Udah yakin banget kalau jodoh.
Agak aneh sih, coba kalau kamu pakai dress terus pacar kamu juga. Ciee dress couple #eh
“Aaaah sayang, hari ini baju kita sama. Kamu ngintipin aku ya semalem? Ini tandanya kita jodoh sejak lahir.”
“Lho gimana sih, kan kita bangun paginya barengan.” #Lho (?)
Ini mungkin sebuah kebetulan, mungkin juga kalian punya warna favorite yang sama. Jodoh itu kan soal hati, bukan dari  kebetulan yang dilihat dari busana.
Nah, soal urusan baju couple bisa kamu cek koleksi dari www.gatsuone.com , supaya kalian makin romantis!

Pas ngeliat jam dan angkanya sama, kamu kegirangan dan berteriak “Duh, dia pasti lagi kangen aku.”
Logikanya jam itu berputar terus dan angkanya akan sama setiap saat, kan? Atas dasar apa ya kira-kira pencetusan makna “kangen” sama angka yang sama pada jam ini? Hem, mungkin kalian selalu kangen-kangenan tiap detik yah? Uh, So Sweet!!
Kalau yang melihat ini posisinya single, kira-kira yang kangen siapa yah?

Pas nggak sengaja keluar kata-kata berbarengan, pipi kalian langsung merah. Lagi-lagi ini (mungkin dikira) pertanda jodoh.
“Yang aku....” (berbarengan)
“Kamu aja dulu yang...”
“Nggak, kamu aja duluan yang. Kan ladies first..”
“Kamu aja duluan, kan kamu yang bakalan jadi imam dikeluarga kecil kita nanti.”
“Nggak yang, kamu aja duluan...”
“Kamu aja yang.....”
Begitu aja terus sampai metalica nyanyi lagunya JKT48 yah.


Karena menyukai film drama dan alur ceritanya yang sama, kamu optimis banget kalau pasanganmu itu jodoh terdekatmu.
Kamu : “Yang, aku lagi suka drama korea nih yang judulnya ‘my love from the star’ yang pemainnya Kim Soo Hyun. Nanti malem kita nonton bareng yah..”
Cowok : “Ih sama dong, aku juga suka. Kim Soo Hyun nya ganteng yang...”
Kamu : ........................
Namanya juga film itu soal selera. Kalau emang kebetulan punya selera sama. Menurut Judy Kurinasky, Ph.D, penulis buku “The Complete Idiot’s Guide to Dating” poin ini merupakan efek dari obsesi semata.


Karena weton atau zodiak kalian yang sudah cocok (menurut ramalan), kalian jadi santai dan nggak mengusahakan yang terbaik buat hubungan kalian.
Tunggu dulu, bukankah hubungan yang baik dan bertahan lama itu kalau masing-masing mengusahakan yang terbaik? Pengertian dan sama-sama jujur juga yang paling penting. Bukan melulu mengandalkan ramalan, menjadikan itu sebagai hal yang membuat kalian terlalu berambisi dalam hubungan. Hayo ngaku, siapa yang sering ngecek zodiak?

Memberi hadiah sepatu, parfum atau hadiah dalam bentuk kain, akan berpisah. Benarkah?
Well,  konon sepatu itu adalah lambang perjalanan, maka memberi sepatu itu berarti menginginkan yang diberi hadiah untuk pergi. Masa sih? Pacar mana yang nggak seneng dikasih hadiah sepatu, apalagi sepatu yang nyatanya mereka idamkan?
Mitos selanjutnya yang akan membuat hubungan putus adalah memberikan hadiah yang berbentuk kain kepada pasangan, misalnya baju. Di sini sebenernya kedengeran nggak ada hubungannya ya. Kamu kasih baju ke pacar sebagai kado, terus langsung putus gitu. Hem mungkin aja baju yang kalian kasih kekecilan tuh..       

“Happy Anniv 3 month sayang, aku yakin kita bisa sayang-sayangan terus sampai akhir hayat”
Banyak pasangan yang mematok jika mampu bertahan pacaran lebih dari tiga bulan makan hubungan mereka akan bertahan lama. Namun, pada kenyataannya nggak demikian, mungkin pasangan menganggap usia tiga bulan adalah masa penyesuaian. Jadi kalau dalam waktu tersebut terjadi ketidakcocokan maka mereka akan segera mengakhiri hubungan tersebut. Kemudian, mencari orang lain yang dirasa cocok untuk mendampinginya.


Putusnya hubungan ditentukan oleh tempat-tempat yang dikunjungi. “Jangan pergi kesana yang, nanti kita putus..”
Ada beberapa tempat yang konon katanya, kalau dikunjungi oleh pasangan bisa bikin putus. Misalnya Kebun Raya Bogor, Tanah Lot Bali, Pantai Parangtritis Jogja, Alun-alun kidul, Air terjun, Tanjakan Cinta Gunung Semeru, dll. Hemm masa iya? Tapi bisa juga sih mungkin terjadi kalo pas kamu pacaran di Kebon Raya, kamu ketemu pacar yang lain lagi selingkuh sama selingkuhannya (?)


Jadi, mitos-mitos mana yang masih kalian percaya? Apakah salah satunya pernah kalian alami juga?

Rejeki, maut dan jodoh, semua ada di tangan Tuhan. Kalau memang sudah berjodoh, maka tak akan terpisahkan selama-lamanya. Ada yang percaya dan ada juga yang nggak percaya, tapi apapun maknanya, mitos ini bertujuan baik, yaitu agar si pasangan tetap langgeng selalu.

You Might Also Like

1 komentar

Like us on Facebook