Ketahui Tanda-Tanda Kamu Diterima Kerja

11.33.00


Bekerja di sebuah perusahaan bonafit mungkin impian bagi sebagian orang. Apalagi bagi para lulusan baru yang kebanyakan belum punya pengalaman bekerja di perusahaan. Bagi mereka, diterima kerja aja udah bikin mereka bersyukur banget. Ditambah lagi kalau diterima kerjanya di perusahaan besar, terkenal dan tentunya bonafit, pasti bangga banget. Untuk menuju ke gerbang dunia kerja pastinya mereka harus melalui proses rekrutmen dari perusahaan yang mereka tuju. Dan biasanya proses rekrutmen itu nggak sebentar lho, karena banyak tahap-tahap yang harus dilalui. Pada umumnya tahap pertama adalah tes tertulis yang berisi tes akademik dan psikotest, kemudian dilanjutkan dengan wawancara pertama dengan pihak HRD, baru selanjutnya bertemu dengan user atau atasan langsung posisi yang dilamar, yang kemudian diakhiri dengan negosiasi gaji. Nah, setelah melalui semua tahapan itu kamu tinggal tunggu kabar deh. Sembari menunggu, kamu bisa menebak-nebak lho apa kamu diterima atau nggak. Yuk kenali tanda-tanda kamu kemungkinan besar diterima kerja seperti berikut ini.

Pewawancara Aktif
Buat kamu yang sudah pernah diwawancara saat melamar pekerjaan pasti pernah dong diperhatiin every single movement yang kamu lakuin saat proses interview itu berlangsung. HRD memang bertugas menggali segala informasi tentang kamu dari jawaban-jawaban yang kamu katakan. Tapi di samping itu semua, para perekrut itu pun membaca segala gerak-gerik yang kamu lakukan. Semua pergerakanmu saat menjawab pertanyaan HRD bisa bermakna lho, terutama memengaruhi penilaian aspek kejujuran. Misalnya tanganmu terlalu banyak bergerak maka akan membuat kamu terlihat gelisah, selain itu nada suara tinggi akan cenderung dinilai bahwa kamu sedang berbohong karena bermaksud agar pewawancara nggak bertanya lebih lanjut. Yang juga pasti diperhatikan adalah mata. Kontak mata penting banget kamu lakukan supaya menunjukkan keyakinan, kepercayaan diri dan kebenaran atas apa yang kamu katakan. Tapi sebenarnya kamu nggak perlu takut sama HRD kalau kamu memang benar-benar jujur apa adanya tanpa kebohongan. Dengan begitu, pewawancara pun akan semakin merasa bahwa kamu adalah orang yang menarik sehingga dia akan semakin aktif bertanya. Nah, kalau HRD sudah terlihat aktif bertanya apapun ke kamu biasanya sih itu bisa jadi tanda-tanda kalau kamu akan diterima di pekerjaan tersebut.

Tenggat Waktu
Biasanya kalau abis wawancara kan pasti kita penasaran dong kapan waktu pengumuman diterima atau nggaknya kita di perusahaan itu. Dan umumnya kalau kamu nggak dikasih tahu tenggat waktunya, biasanya sih itu bisa jadi tanda-tanda kamu diterima. Tapi kalau kamu udah denger kata-kata kayak gini, “Kalau kita berjodoh, nanti kamu akan dihubungi maksimal 2 minggu dari hari ini. Tapi kalau kita nggak jodoh, mohon maaf kamu nggak akan dihubungi kembali”. Atau yang begini nih, “Tunggu pengumumannya 2 minggu dari sekarang, kalau kamu nggak dihubungi kembali berarti kamu belum lolos”. Ya hal-hal semacam itu terkadang harus diwaspadai, jadi kamu harus siap-siap menerima kenyataan pahit belum bisa diterima kerja. Tapi kalau kamu nggak dikasih tahu mengenai tenggat waktu pengumumannya biasanya sih itu tanda-tanda kamu diterima. Mereka akan kasih tahu kalau kamu bertanya mengenai hal itu, ya karena kita memang pasti penasaran banget sih ya sama hasilnya dan yang pasti supaya kita nggak berharap sama sesuatu yang belum pasti, apalagi kalau dari pemberi harapan palsu. Hiks.

Kapan Bisa Bergabung?
Setelah kamu sampai di tahap negosiasi gaji, ini sih biasanya kamu tinggal bersaing dengan sedikit orang. Dalam tahap ini, perusahaan mencari kandidat yang sudah tersaring mulai dari tes akademik, psikotest dan wawancara, dan yang secara nominal cocok dengan budget perusahaan. Jadi sekarang tinggal pintar-pintarnya kamu “menjual” diri kamu supaya kamu berhasil diterima dan mendapatkan gaji yang sesuai dengan ekspektasi kamu. Kalau perusahaan setuju dengan gaji yang kamu ajukan, biasanya pewawancara akan bertanya kapan kesediaan kamu untuk bergabung di perusahaan mereka. Kalau udah dikasih pertanyaan seperti itu sih kamu boleh sedikit bersenang hati deh karena kemungkinan besar kamu adalah kandidat terbaik yang akan mereka pilih.

Tanda-tanda itu mungkin 80% benar, yang penting kamu jangan lupakan satu hal. Kalau sudah selesai melalui seluruh rangkaian rekrutmen pekerjaan, yang harus kamu lakukan adalah berdoa kepada Tuhan untuk diberikan hasil yang terbaik. Kalaupun kamu belum diterima di pekerjaan yang kamu harapkan, jangan sedih ya. Percaya deh, Tuhan punya rencana yang jauh lebih baik buat kamu. Kalau memang rejeki pasti nggak akan kemana, juga sebaliknya. Kalau memang bukan rejeki pasti akan kemana-mana.


Buat kamu yang mungkin punya jiwa wirausaha, yuk join bisnis bersama GatsuOne がつおね sebagai Kazoku. Cek informasi selengkapnya DI SINI. Untuk lihat koleksi fashion Jepang terkini kunjungi www.gatsuone.com. Hanya bermodalkan semangat berwirausaha, kamu bisa mendepatkan keuntungan yang besar lho. Tunggu apalagi Oneesan? Yuk buruan daftar!

You Might Also Like

7 komentar

  1. Saya sdh melewati nego gaji dan ternyata GM melakukan interview awalnya minta pakai WA biar kenal katanya ternyata paket saya hbs dan tidak saya cek sblmnya saya jwb siap dgn WA akhirnya GM tsb mengerti dan berlangsung dgn telp. Hal ini memang sdh di ingatkan pihak HRD bila sewaktu waktu GM ingin Interview namun tdk sebutkan melalui telp. Setelah seminggu saya blm dpt jawaban dr pihak HRD kemudian saya kirim email ingin menanyakan hasilnya dan balasanya "hasil seleksi sedang dalam proses seleksi kembali di perusahaan" yg mau saya tanyakan :
    1. Apakah sopan bila kita menanyakkan hasil interview terakhir bila sdh menunggu 1 minngu.
    2. Apakah artinya "perusahaan proses seleksi kembali di perusahaan " pertanda sinyal baik atau buruk ?
    3. berdasarkan point 2 bila sdh menunggu 1 minggu apakah sopan dan boleh menanyakan hasilnya lagi ?

    Mohon bantuan Agan sekalian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman saya gan, terkadang semingguan atau bahkan lebih dari 2 minggu dari psikotest termasuk interview user baru dikabari utk final interview. namun, setelah final interview ada yang langsung mengkonfirmasikan bahwa saya diterima tapi ada juga setelah beberapa hari baru dikonfirmasi melalui telepon kalau saya diterima. setidaknya 4 test kerja terakhir di perusahaan yang membuat saya diterima/lulus pengalamannya berbeda-beda. Model pertanyaan saat interview juga ada perbedaan. pun begitu dengan soal studi kasusnya. yang mirip hanya soal psiko.

      Demikian, semoga test agan berhasil dan diterima bekerja di perusahaan impiannya.

      Hapus
  2. Jika hrd blg kl berjodoh pasti piihak kita akan menelpon kembali.apa yaa maksudnya

    BalasHapus
  3. Mau tanya dong kak. Jadi ceritanya saya test interview dengan HRD itu bulan november, kemudian 2 hari kemudian saya dihubungi untuk psikotest. Tidak dijelaskan untuk tahap selanjutnya setelah psikotest apa dan dihubungi dalam waktu berapa lama. Lalu minggu lalu, awal februari dihubungi untuk final test dengan managernya. Lah pas final test dengan manager, saya tidak di interview tetapi beliau langsung menjelaskan masalah gaji, sistem kerja, fisilitas bahkan dikenalkan dengan pekerja yang tempat tinggalnya sama dengan saya. Manager menyarankan untuk janjian ketika berangkat kerja. Tapi diakhir obrolan beliau bilang tunggu 1-2 minggu. Artinya bagaimana ya kak? Ada kesempatan lolos nggak?

    BalasHapus
  4. Izin bertanya, saat HRD menanyakan berapa gaji yang diminta dan kapan siap bergabung, lalu saya jawab saya minta sekian HRD mengiyakan kemudian saya jawab minggu depan pun saya siap bergabung, apakah itu tanda2 kita akan diterima kerja? Terima Kasih

    BalasHapus
  5. terimakasih infonya sangat bermanfaat, jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2qEqYB3

    BalasHapus

Like us on Facebook