Mandi Malam Berbahaya, Mitos atau Fakta?

11.04.00

Terkadang karena kesibukan, kita harus ngelembur sampai larut malam, biasanya bikin kita jadi mandi terlalu larut juga nih. Tipe-tipe manusia yang hobinya mandi malam; Pekerja lembur, Mahasiswi Skripsian, Orang males.
Terutama bagi para pekerja yang terpaksa pulang larut malam setiap harinya. Kebanyakan dari mereka mungkin bingung menghadapi masalah ini. Kalau mandi, takut berefek buruk pada kesehatan. Kalau nggak mandi, badan berasa nggak nyaman. Jadi serba salah kan??

Banyak yang bilang mandi malam itu bahaya buat kesehatan, tapi ada yang bilang semua itu hanya mitos.
Berikut GatsuOne ulas apa saja efek dari mandi malam dan penjelasannya..
Yuk simaaaaak!! 



Mandi Malam Menyebabkan Reumatik
Ini yang paling sering orangtua bilang “Jangan mandi malam,bisa reumatik!”. Reumatik adalah penyakit radang pada persendian, Penyakit ini merupakan penyakit autoimun, yang artinya system kekebalan tubuh kita menyerang tubuh kita sendiri, dalam hal ini terutama bagian persendian, sehingga si penderita akan merasakan nyeri pada sendi yang terkena. Mungkin aja saat terkena guyuran air, otot dan sendi Kamu kaget yang akhirnya menimbulkan rasa nyeri. Jadi gak ada hubungannya yang namanya mandi malam bikin reumatik. Dan jika Kamu penderita reumatik sebaiknya gunakan air hangat kalau mengharuskan mandi dimalam hari, soalnya air dingin bisa memperparah penyakit Kamu.

Mandi Malam Menyebabkan Asam Urat
Selain Reumatik, asam urat juga disebut-sebut bisa disebabkan karena mandi malam. Penyebab penyakit satu ini sebenarnya terjadi karena banyak mengkonsumsi zat purin                dalam tubuh kita sehingga kadar asam urat dalam tubuh meningkat. Nah yang perlu digaris bawahi, mandi malam bukan faktor penyebab Asam urat.
Cuma sebaiknya kalau kita punya riwayat penyakit tersebut dihindari aja deh mandi malemnya.

Penuaan Dini
Logikanya sih, mandi itu kan bersifat menghilangkan debu,mengurangi bau badan dan membersihkan kulit dari sel-sel yang mati beserta kotoran yang ada di permukaan kulit, jadi bikin kulit kita justru lebih segar. Selain itu, mandi juga bisa jadi terapi dan relaksasi menghilangkan stress. Sejatinya penyebab penuaan dini bukan karena mandi malam melainkan bisa karena pola hidup yang tidak sehat seperti makanan yang nggak bergizi dan juga dari pola pikiran kita yang gampang stress dan marah-marah. Justru yang kebanyakan mikirin pacar tuh yang gampang tua *eh


Menyebabkan batuk dan flu hingga Paru-paru basah
Paru-paru basah disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri yang ada diudara. Jadi gak berhubungan juga dengan mandi malam. Mandi malam justru akan menimbulkan pilek/flu pada orang-orang tertentu (yang mempunyai dasar alergi pilek/flu). Kamu bisa menggunakan air hangat, karena sangat tidak dianjurkan mandi dengan air dingin jika kondisi Kamu nggak baik.


Mandi malam menyebabkan masuk angin dan demam
Semua terjadi jika suhu tubuh kita saat mandi masih tinggi dan panas. Karena biasanya pori-pori tubuh dan panas tubuh meningkat dimalam hari. Jika tubuh kita dengan suhu panas disiram air dingin pada malam hari,maka pori-pori yang sedang terbuka akan membuat badan terasa seperti demam. Hindari yang namanya mandi sehabis olahraga atau pelatihan, karena saat itu pori-pori lagi terbuka untuk mengeluarkan keringat,lebih gampang angin masuknya. Udara dimalam hari pada umumnya lebih dingin daripada suhu pada umumnya. Gak heran kalau bikin masuk angin apalagi kalau Kamu hobinya berendam dan berlama-lama dikamar mandi. Ngapain sih? Mengkhayal buat nembak gebetan??

Menurunkan tekanan darah?
Secara medis sih nggak. Tapi yang namanya mandi akan membuat kita lebih rileks. Jadi secara nggak langsung air akan menurunkan tekanan darah ketika emosi sehingga membuat kita lebih tenang. Tapi pada intinya penururan ini gak bahaya kok buat tubuh.

Mencegah Insomnia
Selesai aktifitas badan rasanya pasti lengket-lengket gimana gitu dan bikin kita jadi susah tidur. Jadi dengan mandi kita bisa lebih nyaman buat beristirahat tanpa rasa lengket. Itulah kenapa bayi-bayi sering tidur nyenyak setelah dimandikan. Tips dari GatsuOne mandilah hanya ketika Kamu udah siap mau tidur.

Menyebabkan Kegalauan
Ini yang paling berat. Banyak nih yang betah dikamar mandi lama-lama sambil merenungi nasib hidup atau percintaannya. Ada yang bawa handphone, dengerin lagu sendu, sambil berendam tiba-tiba nangis...
Tapi faktanya, mandi malam juga bermanfaat lho buat psikologis. Seseorang bisa terbebas dari rasa cemas dan khawatir.
Jadi...bershowerlah.........................

Kehilangan moment
Ini efek juga efek dari hobi berlama-lama dikamar mandi. Si gebetan udah ngechat tahunya Kamu asyik dikamar mandi, pas bales eh gebetannya udah tidur. Kasiaaaaaaannn...

Bertemu Makhluk Halus
Wooow atuuuut...
Coba nengok ke arah kaca deh!
Jangan sampai jadi halusinasi deh ya..bingung antara gak nyaman dengan keringet tapi rasa takut menghantui, akhirnya pikiran kita jadi kemana-mana deh.

Nah itu dia liputannya. Intinya sih mandi malam jangan dibikin jadi kebiasaan. Yang namanya malam itu waktunya istirahat. Usahakan jangan tidur lewat dari jam 12 malam, kalau nggak Kamu bakal berubah jadi upik abu (Cinderella kali ah..)
Apalagi orang lanjut usia, nggak diperkenankan deh mandi malam. Karena bisa merangsang timbulnya penyakit-penyakit lain. Maklum lah sistem ketahanan tubuhnya udah lemah, beda sama yang masih muda-mudi syeger.
Mandi malam gak akan masalah jika kita lagi dalam keadaan fit (segar). Keadaan badan sebaiknya masih segar, gak kelampau letih. Siram air mandi ke tubuh secara bertahap sehingga badan akan menyesuaikan diri dengan air. Tapi kalau sekiranya Kamu dalam kondisi capek, sebaiknya istirahat dulu deh sebentar.
Kesimpulannya sih Bila kepaksa mandi malam (Bukan karena males), usahakan menggunakan air hangat (Bukan air panas..bisa melepuh kulit kamu) Ini dilakukan untuk mencegah hal-hal yang berakibat nggak baik pada tubuh. Mencegah itu lebih baik daripada mengobati kan?

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook