Stress Sering Melanda? Yuk Terapkan Tips Ini!

09.30.00

Rasanya gak nyaman jika stress sedang melanda, apa-apa rasanya gak mood bahkan kadang maunya marah-marah. Disinggung dikit jadi sensi, apalagi kalau sudah kesel, melebar kemana-mana.

Gak bisa dipungkiri sih yang namanya stress adalah bagian dari hidup kita sehari-hari, kadang datengnya tiba-tiba dan bingung mesti diapain. Entah stress karena pekerjaan, hubungan atau apapun itu. Imbasnya jadi males, males kerja, males gerak, mau ini itu ya serba males pokoknya dan akhirnya kinerja kita juga terkena imbasnya.
Nah kamu mesti bisa ambil sikap, biar stress gak menjatuhkan kamu. Gak mau kan apa-apa yang kamu kerjakan gak ada hasilnya?
Meski sulit, coba hal-hal dibawah ini yuk! :



Tersenyumlah..
Senyum itu banyak manfaatnya lho, Percaya atau nggak, selain ibadah senyum juga bisa memperbaiki mood dan mengurangi stress. Meskipun mood kita gak pengen senyum, coba deh saat stress datang, Kamu tersenyum didepan kaca, maka stress pun akan berkurang dengan sendirinya sehingga Kamu akan jauh merasa lebih baik dan siap untuk menjalani hari dengan pikiran yang lebih positif. Dalam psikologi ada tuh yang namanya facial feedback regulation, dimana nggak cuma mood kita yang bisa mempengaruhi ekspresi kita, tapi ekspresi kita juga bisa mempengaruhi mood.


Tertawalah!
Udah bisa senyum? Yuk naik level! Tertawa juga banyak manfaatnya. Tertawa bisa melepaskan hormon endorfin dalam tubuh yang membantu memperbaiki mood dan melawan hormon stress seperti kortisol dan epinephrine. Bisa juga membakar kalori hingga 50kalori dalam 15 menit lho..Coba search aja hal-hal lucu yang bisa mengocek perut Kamu atau kalau ada waktu tontonlah video/film bergenre komedi yang bikin Kamu ketawa terbahak-bahak.
Tapi jangan sering-sering aja sih ketawanya, ntar disangka gila lagi *ups


Melakukan peregangan
Olahraga adalah hal sangat baik untuk mengatasi stress. Selain bermanfaat bagi kesehatan, olahraga juga bisa memperbaiki mood. Kalau sekiranya kita lagi sibuk dengan aktivitas kantor atau kuliah, Kamu cukup berdiri sejenak (atau duduk dimeja juga bisa sih) dan renggangkan otot-otot, misalnya lakukan gerakan tangan yang ringan. Kamu juga bisa berjalan-jalan sebentarlah..



Bernafaslah dengan rileks
Coba tarik dan hembuskan nafas dengan tenang, perlahan-lahan dan dalam. Awas jangan sampai keluar dari tempat lain ya..
Hal ini bisa membantu Kamu mengoksigenasi darah sehingga pikiran Kamu akan jadi lebih jernih.
Atau Kamu bisa melakukannya sambil bermeditasi atau mengikuti kelas yoga.


Mendengarkan musik
Pilihlah lagu-lagu tenang atau ceria ke dalam playlist Kamu! Ingat jangan lagu-lagu galau ya, yang ada bisa nambah stress deh tuh. Cari lagu yang bernuansa akustik atau instrumen gitu. Lagu-lagu seperti itu bisa membantu menurunkan tekanan darah dan kortisol. Atau juga bisa lagu ceria untuk meningkatkan aktivitas serotonin yang dapat memperbaiki mood Kamu.


Menyanyi
Meski suara pas-pasan tapi pede aja lagi. Faktanya, menyanyi bisa memperbaiki mood dan bonusnya nih, menurut sebuah studi di Jerman bisa meningkatkan antibodi lhoooo...Secara fisik juga bisa untuk melatih paru-paru dan kulit wajah.
Dengan menyanyi kita melepaskan endorphine, hormon yang membuat kita merasa nyaman dan bersemangat. Tapi perlu kamu ingat,pilih lagu yang benar ya! Kalau sepanjang hari nyanyinya lagu sendu terus, yang ada kamu makin depresi sendiri.



Teleponlah orang-orang tersayang
Mendengar suaranya aja bisa membuat Kamu merasa lebih baik. Satu menit aja rasanya cukup untuk mengetahui kalau Kamu punya seseorang yang selalu mensupport. Kamu juga bisa sedikit bercerita untuk mengurangi beban pikiran.


Jangan merasa sendirian, diri sendiri juga bisa jadi teman terbaik Kamu
Teman-teman Kamu sibuk? Tenang, Kamu masih punya diri sendiri. Ajak diri Kamu berbicara, jangan takut dibilang gila.
Kamu bisa kok menulis disecarik kertas atau buku harian tentang apa yang Kamu rasakan, tentang apa yang Kamu alami. Seenggaknya Kamu gak memendam masalah yang ada.


Biarkan sinar matahari masuk
Bukalah gorden, jendela atau lain sebagainya. Ijinkan matahari masuk, terangilah suasana hati Kamu yang sedang kelabu.


Carilah “hijau”
Warna hijau identik dengan alam dan mampu memberikan suasana tenang dan santai. Berdasarkan pandangan psikologi, warna hijau sangat membantu seseorang yang berada dalam situasi tertekan untuk lebih mampu menyeimbangkan emosi dan lebih rileks. Melihat warna hijau pohon dan tumbuhan ditemukan baik untuk kesehatan dan mengurangi stress. Cobalah jalan-jalan pas weekend, sesekali traveling nikmatin alam, atau pelihara satu pot tumbuhan kecil untuk diletakkan diarea kerja.


Minumlah secangkir teh hangat
Teh hangat bermanfaat juga buat kesehatan. Selain itu juga bisa memberikan rasa tenang dan meredakan stress.


Mengunyah permen karet
Aktivitas mengunyah permen karet dapat mengurangi kadar kortisol dan meringankan perasaan negatif. Saat mengunyah permen karet otot jadi gak tegang dan bisa merangsang sinyal ke bagian otak. Percaya atau nggak,mengunyah permen karet bikin kita lebih konsentrasi dalam berfikir. Ane ngalamin sendiri soalnya. Hal ini disebabkan karena saat mengunyah permen karet aliran darah membawa asupan oksigen ke otak.


Makan makanan yang tepat
Stress kadang bikin kita pengennya makan terus, ngunyah terus. Daripada pilih fast food atau cemilan yang gak jelas, ada baiknya kita tahu makanan-makanan yang memang diciptakan buat menghadapi saat-saat stress, pilih makanan sehat yang rendah kalori.


Atur jadwal tidur
Perbaiki jam tidur, usahakan jangan terlalu sering begadang, otak juga kan perlu yang namanya istirahat. Tubuh kita punya ritme yang menghafalkan kapan waktunya kita tidur, kita makan, dan lain-lain. Asal kita tahu cara mengaturnya, semua pasti baik-baik aja.


Bershowerlah
Kamu gelisah galau merana? ‘bershowerlah’
Mandi bisa bikin kita lebih tenang lho...dan juga badan jauh lebih segar. Sambil keramas bisa deh tuh pijat kepala Kamu perlahan. Memijat kepala bisa membuat Kamu lebih tenang setelahnya.


Lakukan perbuatan baik
Perbuatan baik bisa bikin energi positif lhooo..
Misalnya membantu teman yang kesusahan, buang sampah pada tempatnya atau turut serta dalam aksi sosial. Melakukan perbuatan-perbuatan yang melatih kita buat berempati dan bikin kita lebih mensyukuri hidup.


Perbanyak ibadah
Berdoa dan mempererat agama juga bisa jadi solusi disaat stress menghampiri. Ibadah bikin kita semakin merasa penuh iman dan doa, yang merupakan salah satu kebutuhan terbesar kita sebagai manusia. Sesunggunya gak ada masalah yang gak bisa dihadapi, karena Tuhan gak akan memberikan cobaan diluar batas kemampuan umat-Nya.


Belanja!
Belanja adalah hal yang paling disukai banyak orang, khususnya Oneesan. Dan gak sedikit yang dijuluki ‘shopaholic’ karena memiliki kebiasaan belanja berlebihan. Belanja merupakan pemanjaan terhadap naluri konsumtif seseorang. Coba aja searching-searching web belanja online, pasti bikin rasa bosen hilang dan stress pun berkurang, seenggaknya kita punya pengalihan dari segala masalah, ngejernihin otak lah lihat barang-barang diskonan. Bahagia adalah saat kita nyaman dengan apa yang kita punya, punya tas baru misalnya.
hihi
Nah untuk urusan belanja GatsuOne solusinyaa! Belanja online lebih mudah hanya dengan klik! Langsung aja kunjungi www.gatsuone.com dan dapatkan info menarik nya yaaaa!! Happy shopping :)

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook