Bersepeda Itu Baik Untuk Kesehatan Lho, Yuk Baca Tipsnya!

12.35.00

Olahraga bersepeda bisa sangat menyenangkan, asalkan kamu bisa tetap menjaga keamanan dan keselamatan diri kamu. Cuaca yang sangat ekstrim dan sangat panas benar-benar mengganggu kita semua, itu semua karena polusi udara yang ditimbulkan oleh kendaraan-kendaraan bermotor. Bersepeda bisa menjadi alternatif untuk mencegah hal ini terjadi semakin parah. Namun sebelum kamu memutuskan untuk bersepeda, kamu harus tau tips berikut agar kegiatan bersepeda kamu lebih aman dan menyenangkan.


1. Keamanan ABC
Pastikan sebelum kamu bersepeda, cek keamanan ABC berikut ini:
Air (Udara). Pastikan keadaan ban sepeda kamu nggak kempes dan sudah cukup udara.
Brakes (Rem) : Apakah rem bisa bekerja dengan baik?
Cek rantai sepeda kamu. Jangan sampai rantai sepeda kamu macet atau nggak layak untuk dipakai.

2. Tata Cara Bersepeda
Nah buat kamu yang pengen bersepeda aman, tentunya pertama-tama kamu harus tahu tata cara bersepeda. Jangan sampai kamu nggak tahu bagaimana cara mengendarai sepeda atau nggak tahu tentang rambu-rambu yang ada ketika kamu bersepeda. Perhatikan juga laju lalu lintas di sekitar kamu, jangan sampai kamu lalai dan nggak sadar jika ada kendaraan bermotor lain yang sedang melaju kencang dan bisa saja menabrak sepeda kamu. Kamu harus teliti dan mematuhi rambu-rambu yang ada ya. Hal ini sangat penting, karena untuk menjaga keselamatan kamu.

3. Selalu Gunakan Helm untuk Sepeda
Sebuah musibah atau kecelakaan bisa saja terjadi kepada siapa saja dan kapan saja tanpa mengenal waktu dan tempat bahkan status sekalipun. Maka dari itu nih, untuk mencegah hal-hal yang nggak diinginkan seperti kecelakaan tersebut terjadi, kamu harus selalu menggunakan helm untuk bersepeda yaa. Dengan menggunakan helm sepeda, kamu bisa melindungi kepala kamu dari benturan-benturan yang nggak diinginkan. Kamu pasti tahu dong kalau kepala ini adalah bagian tubuh yang benar-benar sensitif karena di dalamnya ada otak yang membantu kita untuk tetap bisa berpikir dan beraktifitas.

4. Jangan Lupa untuk Membawa Air Mineral
Bersepeda di waktu musim panas atau dengan keadaan cuaca yang panas, bisa membuat tenggorokan kita kering dan membuat rasa dahaga atau haus menerjang. Bersepeda bisa membuat produksi keringat kamu lebih banyak dan bisa saja kamu kehilangan cairan jika kamu nggak mengembalikan lagi cairan di tubuh kamu. Bisa saja sih membeli air mineral di warung-warung terdekat, tapi akan jauh lebih hemat jika kamu bawa tumbler sendiri yang dibawa dari rumah kamu. Selain bisa menghemat, kamu juga bisa mendukung kampanye go-green.

5. Gunakan Sepatu yang Cocok untuk Bersepeda
Selama kamu bersepeda pasti nya kamu harus terus mengayuh pedal sepeda tersebut kan. Kalau kamu bersepeda dengan jarak yang jauh, gak mungkin kan kamu pakai sendal jepit atau sendal tidur. Kamu juga jangan pakai sepatu yang ada tali nya ya, bahaya juga nih kalau tali sepatu kamu menyangkut saat kamu sedang mengayuh sepatu kamu. Pilih sepatu yang memang di khususkan untuk bersepeda. Sepatu ini punya bahan yang khusus, jadi kaki kamu bisa terhindar dari lecet-lecet.

6. Cek Cuaca
Agar bersepeda menjadi nyaman dan aman, sebelumnya kamu harus mengecek ramalan cuaca pada hari kamu akan bersepeda. Jangan sampai tiba-tiba turun hujan dan membuat seluruh badan kamu basah kuyub. Jika cuaca di daerah kamu panas, kamu harus membawa sunscreen atau sunblock untuk melindungi kulit kamu. Kamu nggak akan pernah tahu berapa lama kamu akan bersepeda dan untuk mencegah penyakit kanker kulit.

7. Ketahui Dimana Kamu Ingin Bersepeda
Tips yang paling aman adalah kamu harus bersepeda di daerah yang nggak begitu ramai atau di dalam keramaian. Apalagi jika kamu memutuskan untuk melakukan kegiatan bersepeda bersama dengan keluarga kamu. Bersepeda di sekitar perumahan rumah kamu, di daerah yang banyak pohon atau memiliki suasana yang adem dan tenang atau saat car free day bisa menjadi pilihan tempat kamu untuk bersepeda.


Ketujuh tips di atas adalah hal-hal yang sangat penting untuk diperhatikan saat memutuskan untuk melakukan kegiatan bersepeda. Kalau kamu ingin mengajak si kecil untuk ikut bersepeda, tetap jaga dan perhatian mereka dengan seksama, jangan sampai kejadian yang nggak diinginkan terjadi. Sebaiknya pula jika anak yang akan kamu ajak bersepeda itu sudah berumur 10 tahun ke atas.

Untuk menunjang penampilan kamu jangan lupa gunakan outfit terbaik yaa.Temukan koleksi terbaik di www.gatsuone.com yuk!

Dan jangan lupa untuk follow instagram @gatsuone Untuk info promo dan product terbaru:)

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook