Tips Merawat Sepatu Wanita

10.44.00

Sepatu sudah menjadi salah satu aksesoris fashion yang hampir nggak bisa dilepaskan dari semua orang, baik itu wanita maupun pria. Penampilan kamu pastinya belum lengkap dan sempurna jika belum mengenakan alat pelindung kaki yang sekaligus berperan sebagai pelengkap fashion ini.
Layaknya aksesoris fashion yang lain, sepatu tentunya juga memerlukan perawatan agar tetap terlihat bersih dan lebih tahan lama. Tentunya kamu nggak mau kan sepatu kesayangan yang kamu beli mahal-mahal cepat rusak? Makanya baca dulu yuk beberapa tips perawatan sepatu di bawah ini.


1. Bersihkan sebelum disimpan
Mungkin selama ini kamu sering menyimpan sepatu tanpa membersihkannya terlebih dahulu. Namun ternyata disimpan dalam waktu yang lama tanpa dibersihkan, maka kotoran pada sepatutersebut akan menempel dan sulit untuk dibersihkan. Selain itu, jangan lupa pula untuk membersihkan kotoran pada sepatu sebelum kamu menyemirnya. Jika nggak dibersihkan terlebih dahulu, maka kotoran tersebut justru akan menyebar ke seluruh bagian sepatu ketika digosok menggunakan semir.

2. Segera keringkan jika basah
Saat sepatu dalam keadaan basah dan lembab karena air hujan ataupun keringat, segeralah keringkan dengan cara diangin-anginkan saja, tanpa harus menjemurnya di bawah sinar matahari secara langsung. Selain itu, hindari mengeringkan sepatu menggunakan alat pengering buatan seperti hair dryer karena alat tersebut justru akan merusak bahan sepatu. Sebaiknya biarkan sepatu yang basah tersebut kering secara alami.

3. Jangan buang kotak sepatu
Setelah membuka sepatu yang baru kamu beli, jangan terburu-buru untuk membuang kotaknya. Kotak tersebut bisa kamu gunakan kembali untuk menyimpan sepatu jika nggak kamu gunakan. Jangan lupa pula untuk menambahkan silica gel dan membuat beberapa lobang pada kotak tersebut, untuk menyerap kelembaban dan menghindari sepatu dari kuman-kuman penyebab bau.
4. Hindari terkena sinar matahari secara langsung
Setelah mencuci sepatu, jangan menjemurnya di bawah sinar matahari secara langsung. Karena warna sepatu akan lebih cepat pudar dan merusak bahannya, terutama sepatu berbahan kulit.  Sepatu akan terlalu kering dan memungkinkan kulit sepatu mengelupas serta merusak bentuk aslinya.

5. Jangan mencuci dengan mesin cuci
Jika dicuci dengan menggunakan mesin cuci, bahan dan bentuk sepatu akan cepat rusak dan berkerut. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mencuci sepatu dengan cara menyikatnya secara manual menggunakan sikat dan sabun. Selain itu, hindari untuk menggunakan pemutih saat mencuci sepatu karena dapat memudarkan warna asli dari sepatu tersebut.

6. Keringkan kaki
Menggunakan sepatu dalam keadaan kaki yang basah akan membuat sepatu menjadi lembab. Apabila sering dilakukan, maka akan memicu berkembangnya bakteri pada sepatu yang pastinya nggak baik bagi kesehatan kaki serta dapat menimbulkan bau pada kaki dan sepatu. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu mengeringkan kaki terlebih dahulu sebelum menggunakan sepatu, terutama sepatu yang benar-benar tertutup.

7. Jangan ditumpuk
Jika kamu terbiasa menumpuk sepatu, kamu harus mulai menghentikan kebiasaan tersebut. Karena menyimpan sepatu dengan cara menumpuk akan merusak bentuk dari sepatu kamu. Sebaiknya sediakan tempat khusus seperti rak sepatu sebagai tempat untuk meletakkan sepatu-sepatu kamu. Jika rumah kamu sempit sehingga harus memaksa kamu untuk menumpuk sepatu, usahakan memasukkannya terlebih dahulu ke dalam kotak sebelum menumpuknya.
8. Gunakan bahan penghilang bau

Sepatu yang digunakan selama satu hari akan menimbulkan bau yang nggak sedap, apalagi jika digunakan di luar ruangan saat cuaca sedang panas. Untuk menghilangkan bau pada sepatu, kamu bisa menaburkan baking soda, kopi, bedak tabur, atau bahan penghilang bau lainnya pada bagian dalam sepatu setelah kamu menggunakannya. Bersihkan taburannya saat kamu ingin menggunakan sepatu tersebut kembali.

Yap itu dia tipsnya Oneesan. Yuk rawat sepatumu mulai dari sekarang.
"Good shoes take you Good Place"
Dapatkan koleksa sepatu terbaik di www.gatsuone.com, yuk belanja!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook