Tips Agar Baterai Handphone Kamu Awet

09.36.00

Daya baterai handphone memang sangat boros, terutama untuk smartphone yang banyak menggunakan aplikasi. Faktanya manusia gak bisa hidup tanpa smartphone, pagi bangun ngecek ponsel, kegiatan sehari-hari pasti ada aja waktu ngecek ponsel, malem mau tidur ngecek ponsel, bisa kehitung gak tuh berapa kali kita mantengin ponsel dalam sehari?  Kebayang kan kalau tiba-tiba handphone kita low dan gak bisa ngakses apapun?

HAMPA...KALUT....

Begitu pentingnya baterai sampai-sampai banyak orang yang akhirnya membeli powerbank, padahal  sebenarnya baterai yang boros masih bisa kita cegah dengan penggunaan yang bijak.

Berikut tips nyaaaaa:



Ketika sedang melakukan proses charger, pastikan untuk mengaktifkan airplane mode terlebih dahulu.

Sebagian besar charger ponsel memberikan daya yang cukup untuk memungkinkan Kamu tetap bisa mengaksesnya dalam keadaan charging. Maka dari itu, sebenernya sih gak perlu sampai di switch off saat mengisi baterainya. Namun, ada baiknya hanya menggunakan airplane mode atau mematikan jaringan selama mengecas. Ini akan membuat baterai Kamu mengisi lebih cepat dan aman dengan simpanan yang lebih awet tentunya.


Jangan tunggu daya bateraimu habis total. Segera isi baterai saat dayanya sudah di bawah 20%!
Baterai yang lazim digunakan pada ponsel saat ini dibuat dengan bahan dasar lithium. Berbeda dengan yang berbahan dasar nikel, usia baterai lithium justru akan semakin berkurang jika kamu membiarkan dayanya habis hingga 0%. Jadi, jangan tunggu baterau Kamu sampai benar-benar kosong yaaa...

Segera isi baterai saat dayanya sudah di bawah 20%. Jika sudah terisi dengan penuh, segera cabut ponsel Kamu dari charger. Walaupun baterai lithium didesain untuk dapat diisi sesering mungkin, nggak segera mencabut saat penuh dapat mengakibatkan baterai bocor dan nggak tahan lama.


Biar baterai ponsel nggak boros, sebisa mungkin hindari penggunaan mode getar.
Mode getar biasanya digunakan untuk kita tetap berkomunikasi tanpa mengganggu orang lain. Padahal nyatanya bikin baterai kita justru lebih boros. Sebagai antisipasi ya mending move ke mode mute atau silent ya

Dan untuk Kamu yang pakai nada dering mungkin bisa diatur aja volume nada dering supaya Kamu bisa tetap sadar kalau-kalau ada notifikasi yang masuk, tanpa harus mengaktifkan juga vibrasinya.



Matikan fitur Wi-fi, GPS atau bluetooth saat tidak digunakan.

Emang sih handphone jaman sekarang sudah dilengkapi fitur-fitur yang memudahkan, walaupun begitu Kamu gak perlu mengaktifkannya setiap hari. Kalau sekiranya gak digunakan ya di off ajaA, kalau nggak mereka akan terus memperbaharui sinyal dan jaringan, membuat daya baterai lebih cepat terkuras.


Di antara semua pilihan warna, pilih hitam sebagai warna latar layar ponsel.
Layar yang digunakan oleh ponsel pintar saat ini hampir seluruhnya berjenis Active-Matrix Organic Light-Emitting Diode atau AMOLED. Jenis layar ini dapat memancarkan cahayanya sendiri, tidak seperti LCD yang hanya mentransmisikan cahaya yang dikirim dari sumber cahaya di belakangnya.
Layar AMOLED memancarkan cahaya secara per piksel. Jadi saat layar walpaper Kamu hitam, seluruh piksel ponsel akan dimatikan sehingga energi yang dikonsumsi oleh layar sangat kecil. Bisa hemat energi deh!



Kurangi Brigtness Layar

Keindahan smartphone adalah pada layarnya yang memberikan Kamu warna nyata nan menabjubkan. Tapi, layar hebat ini termasuk faktor terbesar baterai ponsel Kamu terkuras, jadi rendahkanlah pada kondisi gelap dan naikan sedikit saja bila kondisi ruang terlalu terang.



Gunakan charger yang sesuai dengan ponsel dan jenis baterai Kamu.

Jangan biarkan baterai Kamu jadi bocor karena asal-asalan memakai charger. Ini masalah yang sering terjadi, kadang lupa bawa charger dan akhirnya pinjem charger temen yang ternyata gak setipe. Beberapa ponsel pintar jaman sekarang memiliki jenis charger yang serupa padahal nyatanya tak sama. Sebelum meminjam charger orang lain, pastikan bahwa charger tersebut memiliki spesifikasi yang sesuai dengan baterai Kamu. Jangan sampai voltase yang dimiliki charger lebih tinggi dari ponsel, bisa-bisa baterai bahkan ponsel hangus kelebihan tegangan. Mending selalu sedia charger kemanapun deh...



Saat mengisi daya, letakkan ponsel diatas benda yang tidak menyerap panas.

Bisa bahaya kalau membiarkan baterai dalam keadaan panas. Selain memperpendek usia baterai juga bisa menyebabkan hangus. Saat sedang mengisi daya, suhu baterai pastinya akan naik. Untuk mengindari kenaikan suhu yang drastis, jangan letakkan ponsel diatas benda yang menyerap panas misalny bantal, kasur, atau bahkan tubuh Kamu sendiri. Usahakan menaruhnya diatas meja, kayu atau buku.



Sebaiknya gunakan “powerbank” saat sedang kepepet

Jangan selalu bergantung pada powerbank. Saat ini yang jual powerbank memang  merajai dimana-mana sebagai alat pengisi daya darurat. Mengisi daya melalui charger akan lebih stabil dan aman, sehingga nggak akan menimbulkan panas yang gak baik. Pemakaian powerbank diperbolehkan jika tidak terlalu sering dan tak sampai penuh. Benar-benar gunakan powerbank hanya pada keadaan darurat.



Mematikan fitur Sync untuk aplikasi yang terhubung

Smartphone memudahkan Kamu mengetahui notifikasi email, facebook dan aplikasi lain secara live, namun kalau Kamu sedang nggak terlalu memerlukannya seperti saat liburan atau diperjalanan maka sebaiknya matikan fitur sync ini, namun konsekuensinya Kamu gak akan menerima notifikasi-notifikasi tersebut. Jangan khawatir, Kamu tetap bisa melihat update terbaru dengan masuk ke aplikasi  yang Kamu ingin lihat updatenya.


You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook