Penyakit-Penyakit di Musim Hujan Ini Patut Kita Waspadai

11.21.00

Musim hujan, musimnya sendu terutama untuk Galau-ers hehe. Bulan-bulan penghujan akhirnya menghampiri kita. Ada yang senang, ada yang galau. Kamu termasuk yang mana nih,Oneesan?
Curah hujan yang cukup tinggi akan menyebabkan banyak lokasi rawan banjir. Sampah yang menumpuk serta suhu udara yang mudah berubah-ubah memudahkan ketahanan tubuh akan menurun drastis. Alhasil berbagai macam penyakit siap sedia mengintai. Wah, buat kamu yang suka berhujan-hujan ria, hati-hati terkena penyakit yang kerap kali muncul dimusim hujan.
Nah setidaknya ada beberapa penyakit yang perlu kamu waspadai saat musim hujan tiba. Selamat membaca!


Demam dan Flu
Hem, penyakit satu ini memang senang berkeliaran disegala musim. Penyakit ini bisa mampir ke tubuh kamu meski kamu tidak mengundangnya. Datang tak dijemput, pulang tak diantar. Penyakit ini gampang merasuk ketubuh kamu karena disebabkan daya tahan tubuh  yang lemah sehingga tubuh kamu gampang sekali terinfeksi kuman. Saat musim hujan, virus flu beserta kuman-kuman akan bekerja sama  untuk menyerang saluran pernapasan kamu, hal ini disebabkan temperatur udara yang dingin. Nah untuk menangkalnya kamu bisa mengkonsumsi vitamin dengan rutin supaya daya tahan tubuh kamu semakin kuat dan jangan lupa untuk menjaga asupan makan. dijamin deh kuman-kuman itu males mampir ketubuh kamu.

Sakit Kepala
Selanjutnya adalah sakit kepala. Penyakit ini merupakan penyakit yang paling sering dialami manusia. Jangankan hujan, kantong menipis aja akan bikin penyakit ini muncul ke permukaan. Terdengar aneh memang ketika kita mendengar hujan gerimis bisa menyebabkan sakit kepala. Antara mitos atau fakta, tapi yang pasti banyak orang yang sering mengalaminya. Coba deh             perhatikan ketika kita terkena hujan dan tidak langsung keramas, pasti akan merasakan yang namanya sakit kepala. Wah kalau sudah gini, flu akan bersiap untuk datang juga! Untuk mencegahnya usahakan segera mandi dan keramas ya, mandi dengan air hangat dan tidak ada salahnya kamu meminum air hangat, susu hangat atau teh manis hangat. Selain itu jangan biarkan perut kamu kosong ya Oneesan. Satu lagi, tunggu sampai rambut benar-benar kering sebelum kamu pergi beristirahat.

Diare
Diare sangat erat kaitannya dengan personal hygiene. Ketika musi hujan datang maka potensi banjir akan meningkat. Nah saat inilah, sumber air minum kita akan ikut tercemar. Rasanya tidak nyaman saat sedang ada urusan penting tiba-tiba si “diare” datang berkunjung. Duh, ngeselin! Usahakan kamu hati-hati saat mengkonsumsi air minum ataupun makanan.  Jaga setiap makanan dan minuman yang masuk kedalam mulut adalah yang terjamin kebersihannya. Jangan jajan sembarangan yaa Oneesan! Karena kalau makanan dan minuman yang tercemar masuk kedalam tubuh, bisa-bisa kamu dilanda diare yang tentunya membuat kalut bukan?

Leptospirosis
Tahukah penyakit satu ini?
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang disebut leptospira, termasuk salah satu penyakit zoonosis karena ditularkan melalui hewan/binatang. Wah bahaya pastinya! Di Indonesia hewan penular utama adalah tikus melalui kotoran dan air kencingnya.  Saat meluapnya saluran air, maka tikus-tikus ini akan ikut keluar untuk menyelamatkan diri. Bakteri satu ini dengan mudah berkembang biak di lingkungan yang becek, berlumpur dan juga kotor. Saat banjir datang, kamu perlu waspada dengan penyakit kencing tikus ini, karena penyakit ini bisa aja mampir ketubuh kamu melalui permukaan kulit yang terluka, selaput lendir mata, dan hidung. Untuk mencegah penyakit ini, kamu harus menjaga kebersihan lingkungan, jangan biarkan tikus bersarang disekitar rumah, hindari bermain air saat terjadi banjir terutama bila tubuh kamu terluka.

ISPA
Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) selain flu penyakit satu ini juga dapat mengunjungi tubuh kamu. Dapat berupa bakteri, virus serta mikroba lainnya. Gejala utama yang terjadi berupa batuk dan demam, jika sudah berat akan disertai dengan sesak napas, nyeri pada bagian dada, dll. Untuk mencegahnya perbanyak istirahat, mengkonsumsi nutrisi agar daya tahan tubuh tetap stabil, mencegah penularan dengan menutup mulut saat batuk dan tidak meludah disembarang tempat.

Penyakit Kulit
Aktivitas diluar memang menyebabkan banyak orang yang rela menerjang banjir, tapi hal ini justru sangat berbahaya. Saat terkena genangan banjir penyakit kulit dapat dengan mudah menghampiri, berupa infeksi, alergi atau bentuk lain. Usahakan untuk mengenakan atribut lengkap seperti sepatu boots saat kamu harus pergi keluar rumah. Membersihkan badan (mandi), gunakan sabun untuk mengusir bakteri yang menempel sdan segera mengganti pakaian kotor dengan pakaian yang bersih.

Demam Berdarah
Penyakit satu ini memang sudah tidak asing lagi keberadaannya. Pada saat musim hujan, biasanya akan terjadi peningkatan tempat perindukan nyamuk aedes aegypti yaitu nyamuk penular demam berdarah yang akan menyebabkan meningkatnya penyakit yang disebabkan oleh virus dengue ini. Saat musim hujan banyak sesampahan yang akan terisi air beserta genangan air yang menjadi tempat nyamuk penyebar virus ini berkembang biak. Meningkatnya populasi nyamuk ini akan membuat meningkatnya resiko manusia teerinfeksi demam berdarah. Nah untuk menghindarinya, kamu perlu menerapkan sistem 3 M, yaitu mengubur kaleng-kaleng bekas, menguras tempat penampungan air secara teratur dan menutup tempat penyimpanan air dengan rapat.


Yap, itu dia penyakit musim hujan yang berhasil GatsuOne rangkum. Yuk jaga kesehatan dan selalu rutin mengkonsumsi vitamin. Jangan biarkan tubuh kamu jadi salah satu korban penyakit yang dibawa musim hujan. Semoga bermanfaat!

Untuk menunjang penampilan kamu jangan lupa gunakan outfit terbaik yaa.Temukan koleksi terbaik di www.gatsuone.com yuk!
Dan follow IG @gatsuone untuk mendapatkan info promo dan produk terbaru lainnya:)


Orang bijak selalu meninggalkan jejak hehe. Comment yuk gan..yang beruntung bisa dapat voucher belanja lho:)

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook