Gangguan Tidur Ini Berbahaya Hingga Bisa Menyebabkan Kematian

11.00.00


Anggota tubuh kita tentunya butuh istirahat. Untuk mendapatkan yang bekualitas biasanya dibutuhkan waktu 7-8 jam setiap harinya. Sayangnya, banyak orang yang kurang tidur. Hal ini disebabkan karena kesibukan ataupun gangguan tidur.  Nah gangguan tidur ini seringkali terjadi pada manusia terutama orang dewasa. Kurang tidur akan berdampak buruk bagi kita dan bahkan bisa menyebabkan kematian lho!
Kali ini GatsuOne akan membahas jenis-jenis gangguan tidur yang berbahaya bagi manusia. Yuk langsung dibaca aja yaaa..



1. Tidur sambil berjalan atau biasa disebut Sleepwalking
Kamu sering mengalaminya? Ternyata gangguan tidur satu ini mempengaruhi sekitar 1 hingga 15% dari manusia diseluruh dunia lho. Nama ilmiah dari gangguan ini adalah ‘Somnambulism’ dan termasuk kedalam jenis parasomnia. Biasanya yang mengalami gangguan ini akan melakukan hal-hal yang seharusnya dilakukan dalam keadaan sadar sepenuhnya. Misalnya makan, berjalan bahkan mengendarai mobil dalam keadaan tidur. Hal ini tentunya sangat berbahaya. Bayangkan kalau si penderita keluar rumah dalam keadaan tidur? Kemungkinan mengalami kecelakaan akan terjadi. Dan ketika bangun, biasanya si penderita nggak akan mengingat apapun yang sudah mereka lakukan.


2. Exploding Head Syndrome
Mungkin terdengar aneh dan membingungkan, tapi nama gangguan ini nggak sama sekali dilebih-lebihkan lho. Kondisi yang disebut sebagai sindrom kepala meledak memang benar-benar ada, seakan-akan si penderita memiliki bom dikepalanya. Orang dengan kondisi ini bisa merasakan ledakan (dentuman) elektrik keras yang terjadi didalam otaknya saat ia sedang tertidur. Saat ledakan terjadi, penderitanya akan terbangun meski sedang tidur lelap sekalipun. Orang-orang yang mengalami kelainan ini tentunya akan sangat terganggu siklus tidurnya.


 3. Sleep Paralysis
Di Indonesia biasa disebut-sebut  “ketindihan”  yang biasanya akan dikaitkan dengan ulah makhluk halus yang menindih tubuh seseorang sehingga orang tersebut sulit bangun atau bergerak saat terbangun dari tidur dimalam hari. Padahal gangguan ini sama sekali nggak ada hubungannya dengan gaib lho.Ketindihan ini terjadi sebabkan oleh adanya perubahan kimiawi di otak.  Dalam artian ketika kita terlelap, otak akan mematikan fungsi gerak sebagian besar otot tubuh, sehingga ketika tiba-tiba terbangun sedangkan instruksi belum sampai ke otak dengan kata lain kita lumpuh sementara. Apalagi ketika mengalami gangguan ini, nafas terasa sesak seperti kekurangan oksigen dan detak jantung tidak teratur, inilah yang menyebabkan gangguan ini menjadi sangat berbahaya ketika kita nggak bisa mengatasinya dengan baik.


 4. Insomnia
Gangguan yang paling umum, dimana orang-orang yang mengalami kelainan ini sulit sekali untuk tidur dimalam hari. Nah ternyata insomnia banyak jenisnya lho, salah satunya “Fatal Familial Insomnia”, keadaan dimana seseorang gak hanya sulit tidur dimalam hari tapi penderitanya bahkan bisa nggak tidur sama sekali. Tentunya hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan bisa menyebabkan kematian jika terus menerus dilakukan.


 5. Sleep Apnea
Orang yang menderita kelainan in akan berhenti bernafas saat tidur dalam waktu yang singkat yaitu 10-30 detik. Mungkin saat kita nggak sadar mengalaminya kita berpikiran bahwa gangguan ini disebabkan karena pilek dan hidung mampet. Padahal hal ini disebabkan karena aliran penafasan yang sempit, hal ini tentu berbahaya karena paru-paru nggak bisa menerima oksigen selama beberapa waktu.


 6. Mendengkur
Mendengkur merupakan salah satu gangguan tidur yang terjadi karena getaran jaringan pada saluran udara ke atas. Ini merupakan gejala dari Sleep Apnea. Biasanya akan menimbulkan dengkuran keras dan sangat mengganggu. Semakin keras suara dengkurannya, maka menandakan aliran nafas kamu sedang terblokir.
Untuk mengatasinya kamu bisa tidur miring dan hindari tidur telentang ya..


 7. Sleeping Beauty Syndrome
Jika mendengar gangguan ini tentunya kita akan teringat dengan sosok kartun disney yang tertidur selama 100 tahun dan terbangun karena dicium oleh pangeran tampan. Ternyata ini gak hanya ada di negeri dongeng lho, karena gangguan ini benar-benar ada dan nyata. Gangguan ini menyebabkan si penderita bisa tidur selama behari-hari dan bahkan berminggu-minggu. Faktor penyebabnya adalah adanya kelainan pada otak. Sebutan lain untuk gangguan ini adalah sindrom Kleine-Levin. Ada yang mengalaminya?


 8. Restless Leg Syndrome
Gangguan tidur satu ini terbilang unik, dimana seseorang nggak bisa berhenti menggerak-gerakan kakinya  tanpa sadar pada saat tertidur meskipun tubuh dalam kondisi sangat lelah. Penderita ini sangat sulit untuk mengontrol pergerakan kakinya. Akibat dari gangguan ini adalah si penderita akan tetap merasa lelah meski sudah tertidur berjam-jam.


 9. Narkolepsi
Narkolepsi merupakan gangguan tidur yang sangat aneh. Penderitanya akan tiba-tiba terkena serangan tidur pada siang hari dan sulit untuk mempertahankan kesadaran dan sulit terjaga. Hampir setiap waktu penderitanya akan merasa ngantuk. Rasa kantuk biasanya hilang setelah tidur selama 15 menit, tetapi dalam waktu singkat kantuk sudah menyerang kembali. Sebaliknya saat malam hari penderita ini akan mengalami insomnia.

Serem ya, oneesan? Semoga diantara kita gak ada yang mengalami gangguan-gangguan tidur di atas. Tidur yang berkualitas tentunya akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Temukan koleksi terbaik di www.gatsuone.com yuk!
Dan follow IG @gatsuone untuk mendapatkan info promo dan produk terbaru lainnya:)

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook