Kisah Romantisme Tahun 90an

15.55.00

Pelajaran tentang romantisme gak hanya kita dapat ditahun  saat pertama kali kita merasa jatuh cinta atau bahkan mencoba pacaran. Terkadang melalui film atau sinetron kita juga bisa mengenal yang namanya cinta.
Di era 90 banyak film atau sinema-sinema romantis yang tentunya jauh dari cerita sinetron dijaman sekarang. Kisah cinta dulu nggak terlalu lebay dan terlalu rumit. Mungkin tema cinta saat itu belum pantas kita tonton, tapi apalah daya ketika tontonan ini menjadi favorite ibu-ibu.
Jaman dulu jarang juga yang punya televisi dan anak-anak jaman dulu masih polos, meski disuguhkan kisah cinta-cintaan gak ada niat untuk ditiru dalam kehidupan mereka, beda dengan anak sekarang yang merasa ‘jatuh cinta’ sebelum umur karena mengikuti tontonan cinta-cintaan jaman sekarang.
Dan berikut GatsuOneがつおね akan mengulas kisah cinta romantis dari sinema era 90-an. Yuk langsung aja kita simak!


​​



Kisah cinta penjual bunga ‘Rosalinda’ yang jatuh cinta dengan pemuda kaya
Masih ingat dengan telenovela satu ini? Di tahun 90’an keberadaan telenovela bisa dibilang cukup menjamur. Televisi kita ‘kebanjiran’ berbagai program televisi kiriman dari Meksiko tersebut. Jika menyebut telenovela Rosalinda, tentu kita langsung teringat dengan seorang gadis cantik yang diperankan oleh Thalia, yang adalah seorang penjual bunga dan jatuh cinta kepada seorang pria tampan dan kaya raya bernama Fernando Jose Altamirano del Castillo. Telenovela ini menjadi salah satu drama percintaan dramatis yang saat itu sukses menyedot perhatian pecinta telenovela di Indonesia. Tak hanya kisah cintanya saja yang melekat kuat di ingatan penontonnya, lagu pembuka yang diputar setiap acara ini akan mau dimulai pun selalu mengingatkan kita akan romantisme kisah cinta antara Fernando Jose dan Rosalinda.
Ada yang masih hafal lagunya?
​​


Ini dia si cantik Thalia di era sekarang

​​


Cinta gak hanya selalu karena kecantikan fisik
Masih dengan kisah telenovela. Betty La Fea tahu dong? Telenovela yang satu ini bisa dikatakan menjadi inspirasi bagi banyak wanita, ditambah jalan ceritanya yang mendekati kehidupan kita sehari – hari. Sehingga kita yang menonton juga seperti ikut merasakan alur cerita di dalamnya. Kesuksesan telenovela ini ini terbilang unik karena jika acara lainnya ‘menonjolkan’ kecantikan pemeran utamanya, Betty La Fea justru tampil sangat berbeda. Drama ini menceritakan tentang seorang gadis buruk rupa, culun berkacamata dan menggunakan behel. bernama Betty yang jatuh cinta kepada bos nya yang tampan. Karena rasa sukanya itu, Betty seringkali bersikap kikuk dan berlaku bodoh di depan bos nya, Armando Mendoza. Kelakuan – kelakuan konyol dan lucu Betty tersebut yang membuat drama ini mengundang tawa. Ditambah, kehadiran Marcela gadis cantik yang juga mengejar – ngejar cinta Armando. Telenovela ini mengajarkan bahwa kecantikan fisik tidak berarti apa – apa tanpa inner beauty.
​​


 Ini Ana María Orozco, pemeran Betty. Cantik ya?

​​


Gadis buta juga berhak jatuh cinta
Ingat dengan kisah Esmeralda dengan Jose Armando? Kisah romantis sekaligus menyedihkan antara seorang gadis buta yang jatuh cinta dengan seorang pria tampan. Jalan cerita telenovela yang satu ini semakin seru karena ternyata Esmeralda yang diperankan oleh aktris Leticia Calderon ini sayangnya lahir dalam keadaan lemah dan buta, yang membuat sang Ibu menukar dengan bayi laki – laki yang tak lain adalah Jose Armando. Diperankan oleh Laticia Calderon dan Fernando Colunga, telenovela Esmeralda berhasil membuat penontonnya duduk selama kurang lebih satu jam melihat kisah cinta Esmeralda yang menyayat hati, uwuwuwu.. Banyak juga yang memimpikan punya pacar seganteng Jose Armando hehe

​​


Romantisme Marimar dan Sergio Santibanez
“Marimaaaar aww…”
Selain Rosalinda, telenovela Thalia lainnya yang juga sukses adalah Marimar. Buat kamu yang menyukai telenovela sudah pasti tahu deh acara yang satu ini. Gak jauh-jauh dari kisah telenovela lainnya, kisah ini juga menceritakan perempuan miskin yang jatuh cinta pada pria kaya.
Marimar perempuan miskin yang tinggal bersama kakek neneknya di pinggir pantai diceritakan jatuh cinta pada seorang pria bernama Sergio Santibanez, sayangnya kisah cinta tersebut mendapat tantang dari banyak pihaknya terutama Ibu tiri Sergio. Namun pada akhirnya karena perjuangan tak henti Marimar pun berhasil hidup bahagia dengan pria pilihannya. Ceritanya memang mainstream, tapi sukses.

​​


Kekuatan supranatural gerhana dan kisah cintanya bersama bulan
“Peggy melati sukma harum mewangi sepanjang hari” Ingat dengan kalimat ini?
Kemunculan sinteron Gerhana di tahun 1999 juga cukup mencuri perhatian khalayak ramai. Gerhana adalah seorang anak ajaib yang lahir di saat sedang terjadi gerhana bulan. Dari kekuatan alam tersebut, Gerhana memiliki kemampuan supranatural yang digunakannya untuk menolong banyak orang. Tampang ganteng Pierre Roland (Gerhana) dan cantik Bulan (Dina Lorenza) saat itu menjadi magnet kuat yang menjual sinteron yang tayang di ercetei. Dalam kisah ini muncullah sosok Peggy si cewek cerewet yang doyan menganggu hubungan cinta antara Gerhana dan Bulan. Sebenarnya sih cerita utama dari film ini bukan kisah cintanya, melainkan kekuatan Gerhana. Tapi dalam perjalanannya justru kisah cintalah yang membuat banyak penonton selalu menunggu-nunggu kemunculan sinetron Gerhana di setiap minggunya. Ruhut Sitompul pun sempat bermain dalam film ini untuk karakter Si Poltak, Raja Minyak dari Medan.

​​


Kisah cinta manusia yang terpesona pada Jin dalam kerang
Sinetron ini merupakan sinetron Indonesia, pemeran utamanya Diana Punky, Indra Bruggman dan Anya dwinov. Jinny oh Jinny  dulunya tayang pada tahun 1997 dan berakhir di tahun 2002. Kisah percintaan antara Bagus dan Jinny ini sempat menjadi acara televisi favorit para kawula di masa itu. Pertemuan antara Bagus yang diceritakan berprofesi sebagai penyelam mutiara dengan Jinny dimulai saat Bagus membawa kerang yang diduga berisi mutiara ke rumahnya. Gak disangka ternyata kerang tersebut berisi makhluk ajaib yang mampu memenuhi semua kebutuhan Bagus. Acara televisi bergenre drama-comedy ini mendapat rating yang tinggi dan mampu bertahan selama bertahun-tahun menghiasi layar kaca.

​​


Kisah cinta mayang dan topi fenomenalnya
Sinetron yang lumayan booming ini bercerita tentang Dion (Anjasmara) yang jatuh cinta sama teman kampusnya Mayang (Jihan Fahira). Padahal si Mayang sudah dijodohkan sama keluarganya dengan Andy (Adam Jordan). Jadilah Dion menyamar sebagai Andy supaya bisa dekatin Mayang. Hal yang membuat film ini jadi epic adalah adegan lempar topi yang dilakukan oleh Dion ke Mayang. Hebatnya sejauh apapun jaraknya, pasti tuh topi sukses nangkring di kepalanya Mayang. Dulu, gak nonton ini nggak gaul..

​​


Kisah hancurnya biduk rumah tangga dalam noktah merah perkawinan
“Noktah merah perkawinan
Telah menghancurkan mahligai cinta
Dan juga buah hati kita” – Opening song Noktah Merah Perkawinan
Jaman dulu, mungkin saat kamu masih duduk di bangku TK atau SD awal-awal ada sinetron yang judulnya “Noktah Merah Perkawinan”. Sinetron ini ada pada tahun 1996 sampai 1999. Ceritanya lumayan bikin desperate kalau dipikir-pikir, karena berkisahtentang perceraian antara Mas Pram (Cok Simbara) dan Ambar (Ayu Azhari). Perceraian ini terjadi karena bangkrutnya perusahaan yang dipimpin oleh Mas Pram dan hal tersebut membuat Ambar kembali harus bekerja sebagai soerang model.Ketidaksetujuaan Mas Pram karena istrinya kembali bekerja membuat mereka jadi sering bertengkar dan akhirnya memutuskan bercerai.

​​


No sex before married yang diperkenalkan Sinetron pernikahan dini
Nah nah nah, masih inget nggak jaman-jaman rambut belah tengah lagi tren? Ini dia nih pelopornya, Kak Syahrul Gunawan di sinetron Pernikahan Dini. Pernikahan Dini ini nggak diperanin oleh Dini lho, tapi diperankan sama Agnes Monica. Sinetron ini dulu ada pada tahun 2001. Kesuksesan Sinetron Pernikahan Dini berbanding lurus dengan kesuksesan yang digapai oleh kedua pemeran utamanya. Cerita tentang anak SMA yang melakukan hubungan seksdan akhirnya hamil di luar nikah sebenarnya disambut positif karena dianggap memberi pesan moral pada para penontonnya. Sinetron ini juga menjadi jembatan yang mengantar Agnes Monica dari image penyanyi anak ke artis remaja, sekarang Agnes udah setrong dan punya nama gaul Agnez Mo.

​​


Bahasa kalbu
Kalau telenovela punya Thalia sebagai diva di setiap program TV mereka, maka di tahun 90’an ada Desy Ratnasari yang seolah menjadi ‘diva’ pertelevisian Indonesia. Dari sekian banyak sinetronnya yang sukses, Sinetron Bahasa Kalbu bisa jadi yang paling diingat. Alasannya adalah karena adu akting antara Rini (Desy Ratnasari) dan Haris (Primus Yustisio) saat itu begitu ciamik dan emosional. Banyak penonton dibuat larut dalam kisah cinta keduanya.

​​


Sinetron terpanjang sepanjang masa
Sinetron Tersanjung ini adalah sinetron turun temurun yang kayaknya gak tamat-tamat. Sampai akhirnya sinetron ini hilang dari peredaran, entah gimana endingnya. Ada yang tahu?
Kisahnya sebenarnya simple dan sama saja kayak sinetron lainnya yakni kisah cinta yang gak disetujuin. Namun karena kreativitas sutradara, sinetron tersebut terus berlanjut sampai 7 musim. Kisah percintaan antara Indah (Lulu Tobing) dan Bobby (Reynold Surbakti) ini terus berlanjut mulai dari tahun 1998 sampai 2005. Mulai dari ceritanya terbilang masuk akal, sedikit di luar akal sehat, sampai gak bisa dicerna sama sekali.

​​


Kisah cinta Dao Ming Shi dan Shan Chai
Yap setelah telenovela dan sinetron ada juga kisah cinta yang gak kalah seru. Serial taiwan ‘meteor garden’. Siapa yang nggak tahu serial satu ini? Kalau kamu nggak tahu itu artinya tingkat kegaulan kamu harus dipertanyakan. Masuknya serial Meteor Garden ke Indonesia waktu itu bisa dibilang bombastis. Sangking bombastisnya 4 tokoh pria yakni Jerry Yan, Vic Zhou, Vanness Wu, dan Ken Zhu langsung menjadi idola di kalangan kaum hawa. Biasanya dikenal dengan sebutan F4 atau ‘epse’. Kisah ini diadaptasi dari komik Hana Yori Dango. Berkisah tentang 4 orang yang suka sok jago dan gemar bully di mana salah satu member dari geng mereka akhirnya jatuh cinta pada sosok Shan Chai yang pemberani. Seri asal Taiwan ini pun berhasil menarik animo masyarakat.

Sebenarnya masih banyak lagi kisah romantisme lainnya, tapi deretan diataslah yang populer. Kira-kira mana yang jadi tontonan cinta favorite kamu dulu?

Selain sinetron cinta-cintaan ini kamu wajib juga jatuh cinta dengan GatsuOneがつおねhehe. Yuk cek koleksi dari GatsuOneがつおね klik www.gatsuone.com dan akan banyak pilihan item fashion jepang yang menarik. Jangan lupa juga untuk follow instagram @gatsuone untuk info promo & Product terbaru:)
Orang bijak tentu selalu meninggalkan jejak, yuk comment. Dan jika kamu beruntung kamu bisa dapet voucher belanja lho.


Salam semangat

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook