Waspada, ternyata selfie memiliki dampak buruk lho..

15.15.00

Ada kamera ‘cekrek’
Senyum-senyum ‘cekrek’
Monyong-monyong ‘cekrek’
‘cekrek’
‘cekrek’

Pastinya kata “selfie” udah nggak asing lagi ditelinga kita semua dan bahkan sudah menjadi gaya hidup anak muda saat ini. Gak hanya digemari wanita, pria juga hobi selfie berlebih lho.
Apakah kamu termasuk salah satu orang yang selalu gak bisa menahan diri untuk nggak selfie saat memegang ponsel? Kalau iya, itu tandanya kamu sudah kecanduan selfie. Dan hal ini perlu kamu waspadai, karena ternyata keseringan selfie bisa berdampak buruk . Langsung aja simak penjelasannya dibawah ini!


1. Terobsesi untuk selalu tampil sempurna
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Time, orang yang terobsesi selfie secara psikologis diklaim mengalami gangguan mental. Sebab, hobi memotret diri sendiri merupakan refleksi sikap yang merasa diri cantik dan sempurna dibandingkan orang lain. Semaki n sering melakukan selfie, maka semakin besar juga obsesi kamu untuk selalu tampil cantik dan mengesankan didepan orang lain. Hal ini tentunya akan membuat kamu cenderung akan melakukan hal untuk tampil lebih cantik, mulai dari menghamburkan uang untuk menunjang penampilan hingga melakukan hal yang ekstrim seperti operasi plastik.

2. Terlalu mencintai diri sendiri
Pujian-pujian yang dilontarkan oleh teman dunia maya kamu saat kamu mempost foto selfie di media sosial pastinya akan membuat kamu senang. Ya iyalah, siapa sih yang nggak suka dibilang cantik atau ganteng?
“Ih cantik banget sih kakaaaaaa.....”
Kalau kamu sampai terlena dan membuat kamu jadi terlalu mencintai diri sendiri, ini akan berdampak buruk tentunya.  Memang nggak ada salahnya sih mencintai diri sendiri, tapi yang jadi masalah kalau kamu udah terlalu mencintai diri sendiri sampai-sampai kamu nggak peduli dengan orang-orang disekitar kamu.

3. Menimbulkan rasa iri
Nah ini dia dampak terparah dari selfie. Bisa membuat kamu iri saat melihat orang lain yang lebih cantik dari kamu. Saat melihat selfie orang lain, yang ada kamu iri dengan kecantikannya karena wajahnya lebih cantik dari pada kamu. Duh..

4. Membuat kehilangan rasa percaya diri
Nah selain membuat iri, terlalu sering selfie juga bisa membuat rasa pede kamu menurun lho dan kamu bisa kehilangan identitas kamu sendiri. Tahu kenapa? Karena kamu merasa nggak puas dengan penampilan kamu, kamu juga butuh puluhan jepretan hingga mendapatkan pose yang pas.

5. Melakukan diet ekstrim
Orang yang sering berselfie ria juga cenderung sangat memperhatikan bentuk dan berat tubuh. Saat terlihat gemuk sedikit saja di foto, pastinya kamu langsung khawatir dan berusaha keras untuk menurunkan berat badan. Jika selfie bisa memotivasi kamu untuk melakukan diet dengan baik, itu nggak jadi masalah. Yang jadi masalah adalah ketika selfie memaksa kamu untuk melakukan pola diet yang ekstrim, atau bahkan sampai nggak mau makan. Ingat ya, diet ekstrim bukanlah cara yang tepat untuk mendapatkan bentuh tubuh yang ideal.  Kamu hanya perlu menjaga pola makan dan  olahraga teraturlah  yang menjadi cara terbaik untuk menurunkan berat badan.

6. Dibenci teman
Terlalu sering mengambil foto selfie dan kemudian mempost foto tersebut dimedia social bisa membuat followers kamu akan merasa terganggu dengan foto-foto tersebut. Hal ini sudah dibuktikan oleh hasil penelitian Inggris yang menyebutkan bahwa nggak sedikit orang yang mengaku risih dan muak saat melihat orang yang beselfie dan menguploadnya ke media social hingga berkali-kali dalam satu waktu. Disebutkan pula bahwa banyak hubungan pertemanan yang rusak hanya karena salah satu diantara mereka suka berpose selfie.

Nah itu dia dampak buruknya. Sebenarnya sih gak ada salahnya, cuma jangan keseringan juga ya hehe



Dan follow IG @gatsuone untuk mendapatkan info promo dan produk terbaru lainnya:)



You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook