Tidur Ayam Ternyata Baik Untuk Kesehatan Lho..

11.50.00

NAP atau biasa kita sebut dengan tidur singkat alias tidur ayam (NAP : Tidur singkat bertenaga). NAP erupakan kegiatan dimana tidur dalam waktu singkat dengan memutus tidur sebelum masuk ke dalam fase tidur lelap atau Slow-wave sleep (SWS) yang bertujuan untuk memulihkan kesegaran (revitalisasi) tubuh dalam waktu singkat. Istilah ini diperkenalkan oleh James Maas seorang Psikolog sosial dari Cornel University.
Nah NAP biasanya dilakukan selama +/- 30 menit, sesingkat-singkatnya biasanya 6 menit. Dan ternyata tidur ini akan cukup membuat  otak dan tubuh yang kelelahan akan kembali segar dan berenergi. Tidur siang banyak sekali manfaatnya untuk otak dan tubuh, terlepas dari berapa pun umur kita.


Hal-hal yang perlu diperhatikan saat ingin melakukan NAP :
1. Perhatikan waktu
Antara jam dua belas siang hingga jam tiga sore. Kalau terlalu sore, akan membuat kamu susah tidur di malam hari. Lakukan secara teratur waktu yang sama, sehingga manfaatnya lebih terasa.
2. Cari tempat yang aman
Bisa di kelas atau ruang kerja (nggak saat pelajaran atau saat kerja ya), perpustakaan, ruang sekretariat ekskul, ruang UKS atau tempat lainnya, yang penting nyaman. Biasanya dilakukan sambil duduk bersandar, atau dalam posisi duduk lalu membaringkan kepala di meja dengan menggunakan tangan yang dilipat sebagai bantalan.
3. Gelap lebih baik
Suasana gelap akan membuat kita tidur lebih cepat dan nyenyak. Jadi coba gunakan masker penutup mata. Bisa juga dengan menyelimutkan jaket atau syal menutupi wajah atau kepala.
4. Buat suasana yang tenang
Hindari berbagai gangguan yang mungkin muncul. Misalnya, silent atau matikan handphone atau jika sedang bersaa teman, beritahu dia, kamu ingin tidur siang dan minta nggak diganggu sebelum 20 menit. Lalu kalau suasana berisik, boleh sambil mendengarkan musik yang tenang lewat ear phone.
5. Pasang alarm
Lakukan dengan singkat, antara 6-30 menit. Umumnya, 20 menit, dianggap paling pas. Supaya nggak kebablasan, pasang alarm atau minta tolong teman membangunkan. Kalau lebih dari 30 menit, manfaatnya akan hilang, membuat lesu, pusing dan bad mood.

Manfaat :
Mengurangi stress
Power nap membawa relaksasi bagi tubuh dan otak sehingga mengurangi tekanan yang dirasakan. Rutin melakukan power nap bisa menurunkan hormon stres dalam tubuh.

Memperbaiki mood
Kurang tidur atau kelelahan membuat kita jadi sensitif, alias gampang marah atau tersinggung. Power nap membantu tubuh mengumpulkan energi positif  sehingga perasaan jadi lebih tenang dan ceria.

Berpikir lebih jernih, tajam dan kreatif
Penelitian NASA membuktikan, tidur siang selama 30 menit bisa meningkat kemampuan berpikir sebanyak 40 persen, sedangkan tidur siang selama 20 menit cukup bagi otak mengumpulkan energi untuk memperbaiki neuron-neuron otak sehingga bisa bekerja lebih efektif. Hasilnya kita jadi lebih waspada, berpikir lebih jernih, meningkatkan ingatan dan kemampuan memecahkan masalah. Otak pun jadi bekerja lebih efektif saat belajar atau menerima informasi baru. Termasuk meningkatkan daya berpikir kreatif sehingga muncul ide-ide baru.

Meningkatkan stamina
Tidur selama 20 menit setelah kita terbangun selama delapan jam, lebih efektif memberikan energi untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, dibandingkan menambah waktu tidur 20 menit di pagi hari.

Mencegah ngantuk berlebihan
Penelitian NASA membuktikan power nap bisa mencegah bahkan menghilangkan rasa kantuk berlebihan yang muncul akibat kurang tidur atau kelelahan. Jauh lebih baik daripada minum kopi atau minuman berkafein lainnya.

Lebih sehat
Tidur siang bermanfaat menjaga fungsi jantung, keseimbangan hormon dan mempercepat perbaikan sel dalam tubuh. Jadi, melakukan power nap secara teratur berarti juga lebih memaksimalkan manfaat-manfaat tersebut.

Tidur singkat ini bisa menjadi sarana lebih bagi kamu  yang kekurangan tidur.Namun alangkah baiknya tidurlah sesuai kebutuhan kamu yaJ
Yap itu dia informasi singkatnya. Jangan lupa kunjungi website www.gatsuone.com untuk kamu yang selalu ingin tampil fashionable disegala suasana. Follow juga instagram @gatsuone untuk mengetahui info promo dan product menarik lainnya ya.          


You Might Also Like

1 komentar

  1. Dalam Komentar Ini Akan Memberikan Artikel Untuk Menambahkan Pengetahuan Bagi Para Pecinta Aduan Ayam Indonesia.

    Maka Akan Kami Memberikan Artikel Yang Barusan Update Secara Langsung Yang Ada Dibawah Ini.

    Silakan Kunjungi Artikel S128 Dari Tajen Online
    https://tajenonline.com/

    Manfaat Daun Kelor Sabung Ayam Bangkok
    https://tajenonline.com/manfaat-daun-kelor-sabung-ayam-bangkok/

    Tas Kiso Membawa Sabung Ayam Aduan Unik
    https://tajenonline.com/tas-kiso-membawa-sabung-ayam-aduan-unik/

    Anda Juga Bisa Melakukan Chatting Langsung Di Whatsapp Kami +62-8122-222-995

    Terima Kasih Sudah Membaca Komentar Saya

    BalasHapus

Like us on Facebook