5 Venue di Jepang yang Sering Dipakai untuk Konser K-Pop

12.03.00


Kamu fans K-Pop? Pasti udah paham banget bahwa Jepang menjadi salah satu target marketing paling utama para agensi K-Pop. Buktinya di Jepang, ada lebih dari 70 arena indoor yang dipakai untuk menggelar acara musik!

Sedikit berbeda dengan Indonesia, masyarakat Jepang punya pertimbangan dalam menyesuaikan tingkat kepopuleran idol dengan ukuran venue concert hall yang digunakan untuk show. Jadi, kalau idol K-Pop itu udah terkenal banget hingga bisa disebut lagend, pasti akan dikasih tempat yang paling besar. Karena masing-masing venue mempunyai view, kapasitas dan juga euforia yang berbeda.

Berikut ini 5 venue yang biasa dipakai artis K-Pop untuk menggelar konser di Jepang.

Nippon Budokan
Struktur octagonal dari Nippon Budokan terinspirasi dari Hall of Dream di Kuil Horyuji, Nara. Hal ini terlihat dari bangunannya yang sangat kental dengan aksen tradisional Jepang. Kapasitas dari Budokan dapat menampung kurang lebih 15000 orang. Awalnya, Budokan sendiri dibuat untuk kompetisi Judo di tahun 1964 dalam acara Tokyo Olympics. Budokan punya kesan tersendiri bagi artis maupun penggemar musik yang datang untuk menonton konser. Mengapa? Karena venue ini sudah berdiri lebih dari 40 tahun dan menjadi saksi bisu pertunjukkan Bob Dylan, Sadao Watanabe, Utada Hikaru dan nama besar lainnya. Venue Nippon Budokan terletak di Chiyoda, Tokyo. Artis K-pop yang pernah menggelar konser di venue ini antara lain TVXQ (2007), F.T. Island (2011), Lee Seung-gi (2012), T-ara (2012), U-KISS (2012), BlackPink (2017).

Saitama Super Arena
Saitama Super Arena merupakan gedung indoor serbaguna yang berlokasi di pinggiran Tokyo. Tergantung pada acaranya, hall ini dapat berubah secara signifikan karena dinding yang bergerak. Dengan kapasitas sampai 37000 orang, venue ini memang benar-benar bisa menjadi hall serbaguna karena bisa dijadikan acara pameran, olahraga dan acara konser kecil dan besar. Sementara itu artis Barat dan Korea yang pernah konser di sini antaranya Mariah Carey, Coldplay, Lady Gaga, Avril Lavigne, Muse, Radiohead, Taylor Swift, U2, One Direction, TVXQ, Super Junior, Girls’ Generation, SHINee dan EXO.

Fukuoka Dome
Sebenarnya Fukuoka Dome dipakai sebagai stadium baseball dengan kapasitas lebih dari 35000 kursi penonton. Dome ini dibuat berdasarkan sponsorship. Selain menjadi lapangan olahraga baseball, Fukuoka Dome juga sering digunakan untuk acara konser dan event-event besar di Fukuoka. Michael Jackson pun pernah menggelar konser empat kali pada tahun 1990an di venue ini. Fukuoka Dome juga menjadi tempat dimana Frank Sinatra terakhir melakukan konser di tahun 1994. Idol-idol asal Korea yang pernah melakukan konser di venue ini antara lain G-Dragon (solo), Bigbang, JYJ, IKON.

Tokyo Dome
Stadium ini terletak di daerah Bunkyo, Tokyo. Pertama kali dibuka pada tahun 1988. Tokyo Dome mampu menampung kapasitas penonton kurang lebih berjumlah 55.000 orang (tergantung dengan tata panggung dan kursi penonton). Artis yang berani menggelar konser di stadium ini biasanya tergolong artis papan atas yang punya penggemar lebih dari puluhan ribu di seluruh Jepang. Karena itulah banyak banget penyanyi yang menggantungkan mimpi untuk bisa melakukan show di Tokyo Dome. 

Sebuah prestasi tersendiri bagi pemusik kalau sudah melakukan konser di Tokyo Dome, karena secara nggak langsung mereka menggelar acara musik di tempat yang sama dengan pemusik dunia seperti: Mick Jagger, Bon Jovi, dan Michael Jackson yang pernah menggelar konser tour disana. Artis besar Jepang seperti L’Arc~en~Ciel dan Hey! Say! JUMP juga sudah mencicipi stadium terbesar di Jepang ini. Sementara itu Idol asal Korea Selatan yang pernah menggelar konser di dome ini adalah Rain (2007), TVXQ (2009), Super Junior (2012), Kara (2012), Girls Generation (2014), SHINee (2015), Big Bang (2014), EXO (3 hari berturut-turut 2015), BTS (2017).

Nissan Stadium
Nissan Stadium adalah salah satu tempat konser terbesar yang mampu menampung hingga 72 ribu kursi. Nissan yang juga dikenal sebagai International Stadium Yokohama ini terletak di Yokohama, prefektur Kanagaawa. Menurut Wikipedia, Nissan adalah stadion yang paling besar kapasitasnya di antara semua stadion di Jepang. Dan, udah nggak salah lagi siapa satu-satunya bintang K-Pop yang mampu menggelar konser di sini dong? Yup! That’s TVXQ! Setelah pada tahun 2013 lalu menggelar konser di sini 2 hari berturut-turut, pada tahun 2018 mereka menggelar konser lagi 3 hari dan sukses menarik 210 ribu penggemar. Tentu aja, cuma legend yang bisa tampil di stadion seluas ini. Semoga idol favorit kamu juga bisa menggelar konser di sini!

Itulah daftar 5 venue di Jepang yang biasa dipakai untuk menggelar konser musik dan K-Pop. Selain dikenal sangat bersih dan rapi, menonton konser di Jepang pun terasa lebih nyaman karena sistem ticketing dan antrian yang sangat teratur. Dimana tempat nonton konser kesukaan kamu? Share yuk di kolom komentar, have a great day!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook