Keluar Dari Dunia Kpop dan Fangirl, Bisa Kok!

14.47.00

Hey yooo oneesan, apakah kamu seorang Kpop fangirl/boy? Saat kamu masuk dalam dunia Kpop yang semakin hari semakin banyak aja, sampai-sampai membuat kamu bingung pilih bias (idol) yang mana lagi. Meski orang lain menganggap bahwa wajah mereka serupa, dengan mata elang yang tajam kamu bisa membedakan mereka dan menghafal nama-nama mereka.

Menjadi seorang fan Kpop pada awalnya memang bisa buat kita merasa senang dan nggak ketinggalan trend hiburan yang lagi in di Korea. Tapi lama-lama mengapa kesenangan ini menjadi candu dan membuat kita jadi nggak bisa fokus memikirkan masa depan yang jelas?

Apakah sudah saatnya aku harus berhenti jadi Kpopers?

Berhenti jadi fangirl atau fanboy Kpop itu nggak mudah, iya nggak sih? Idol yang sudah menjadi bagian dalam hidup kita selama bertahun-tahun harus kamu tinggalin. Belum lagi kamu harus menjauh dari fandom yang sudah kamu anggap sebagai keluarga selama ini.

Meski sulit, tanpa disadari akan tiba saatnya kita mulai beranjak dewasa dan rutinitas pun mulai beralih dengan kesibukan lain. Seperti kuliah, pekerjaan, dan keluarga yang membuat kita nggak sempat lagi untuk melakukan fangirling. Di saat-saat itulah kita mulai dilema dengan beberapa keadaan yang memaksa kita untuk memilih, Kpop atau masa depan!

Kalau saat ini kamu ingin menyudahi pekerjaan sebagai fangirling tapi belum punya alasan yang kuat untuk keluar dari dunia Kpop, coba pikirkan lagi beberapa hal ini yang mungkin bisa membuat kamu “sadar” bahwa ada kehidupan lain yang harus kamu jalani.

Cintai dia yang nyata mencintaimu, bukan oppa
Untuk menjadi seorang kpopers, kamu butuh beberapa hal seperti waktu dan uang. Namun pengorbananmu tidak akan pernah ia ketahui olehnya.

Dia adalah idol, dan aku hanyalah seorang fan. Dia itu cahaya, tapi aku hanyalah salah satu dari jutaan pasir yang nggak mungkin terlihat. Aku menabung dan membelanjakan uang itu untuk membeli barang-barang mereka. Majalah, poster, pulsa internet, album, lightstick, tiket fan meeting, bahkan tiket konser yang harganya jutaan rela aku habiskan demi dia. Tak jarang bahkan aku sampai berdebat dengan orang tua karena waktuku habis untuk fangirling, buka berbagai sosmed dan memenuhi galeri dengan foto dan semua MVnya. Dari semua pengorbanan itu, dia nggak tau akan kehadiranku. Nggak akan pernah tau bahwa aku ada di dunia ini untuk menyemangatinya. Sementara itu usiaku sudah semakin menua dan aku harus mencintai orang lain, yang nyata perasaannya mencintaiku.

Melihat artis-artis Korea yang wajahnya sangat mulus dan tampan bisa membuat kita jadi menaikan standart yang terlalu tinggi untuk kriteria pria di dunia nyata. Nggak heran kalau banyak kpopers yang lebih suka menjomblo karena memilki standart terlalu tinggi. Kalau sampai saat ini kamu masih memimpikan pria setampan biasmu bisa menjadi pacar atau suami masa depanmu, maka kamu harus cepat-cepat berhenti dari mimpi itu. Cintai dia yang mencintaimu meski wajahnya tidak setampan oppa!

Bahagiakan orang tuamu dengan cita-cita yang mulia, bukan menjadi istri bias
Biasanya setelah terjebur dalam dunia kpop, cita-cita yang paling cewek dambakan adalah menikahi salah satu idolanya (biasnya). Duuhh ini cita-cita yang terlalu tinggi! Setinggi-tingginya kamu bermimpi untuk menjadi istrinya, kamu nggak akan pernah bisa meraih mimpi ini. Kenapa? Karena idolamu memiliki kriteria tersendiri dan kemungkinan jodohnya adalah orang yang cukup dekat dengan lingkungannya. So, let say bye.

Kalau kamu masih berada dalam status pelajar atau mahasiswa, cobalah ingat lagi apa cita-citamu yang menjadi dasar mengapa kamu masih belajar hingga saat ini. Fokuslah pada studimu dan kejar karirmu sebaik mungkin.

Seorang idol Kpop Kai, atau dengan nama asli Kim Jong In dalam sebuah fan meeting juga pernah mengatakan hal yang positif seperti ini,

“if you’re not good at studying, don’t even think about liking me. EXO may seem like the most important thing in the world to you right now, but in a few years, you’ll regret it. You’re going to be a 12th grader soon and it may be the most important time in your life, so focus more on your studies than us and meet us again proudly in the future.”

Tabungan untuk masa depan akan lebih berharga daripada kugunakan saat ini
Sadarlah bahwa segala pernak-pernik Kpop yang sudah kamu beli seperti tabloid, poster, march, kuota dan lain-lain itu nggak akan berguna untuk masa depan. Belum lagi kalau bias sudah promo akan comeback, uang yang sudah kamu tabung harus kamu persiapkan untuk beli album dan tiket konser. Hal inilah yang bikin banyak kpop fan jadi nggak memiliki tabungan masa depan yang jelas. Coba buka dan lihat kembali segala bentuk pernik yang masih kamu simpan, lalu simpan benda-benda itu ke tempat yang jauh dan nggak terlihat lagi.

Sikap normal orang dewasa ternyata tidak ada di dalam diriku
Habbit yang biasa dilakukan oleh kpopers adalah menyendiri dan berdiam dalam kamar. Lebih suka bermain gadget dan malas untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Kpopers yang suka fangirling biasanya akan follow akun-akun yang berhubungan dengan Korea, info Korea, hingga meme tentang mereka di setiap sosmed. Jadi nggak heran kalau kamu betah dalam kamar untuk kepoin semua akun tentang mereka yang nggak pernah ada habisnya. Ditambah lagi kalau biasmu ada di dalam video baru, variety show terbaru atau dalam drama baru, kamu akan jadi histeris nggak karuan di dalam kamar sembari menonton mereka pakai laptop.

Kalau kamu udah nggak betah dengan cara hidup seperti itu, cara yang bisa kamu lakukan untuk keluar dari keadaan itu adalah dengan unfollow semua akun-akun itu dan menghapus semua MV, drama, dan variety show yang memenuhi memori HP dan laptopmu. Memang ekstrim sih, tapi cara ini akan sangat membantumu. Setelah itu keluarlah dan ngobrol dengan keluargamu, atau orang lain yang sedang berada di sisimu.

Tidak ada yang salah dari menyukai dunia Kpop, namun alangkah lebih baiknya bila kamu bisa menjalani kehidupan secara seimbang. Jadilah fangirl yang bijaksana. Semua yang harus kamu lepas mungkin akan menjadi sebuah hal yang sangat berat dan menyakitkan untukmu, apalagi ketika kamu membayangkan betapa indahnya masa-masa dari awal kamu suka dengan Kpop sampai akhirnya hari ini kamu harus putus dengan semua kenangan itu. Tapi yang namanya move on itu perlu proses. Jadi jangan pernah menyerah dan selamat berjuang!


Menjadi dirimu sendiri apa adanya itu lebih baik daripada mengikut gaya-gaya orang lain. Tul ga? Tampilkan stylemu yang berkelas dan fabulous dengan GatsuOne がつおね outfit. Buka www.gatsuone.com dan follow instagram GatsuOne がつおね untuk dapatkan promo terbaik. Cha!


You Might Also Like

2 komentar

  1. Terima kasih kak infonya mungkin bakal lebih ampuh juga kalo saranya di jadiin satu sama cara move on dari mantan.karna jadi fangril rasanya sama kaya jadi mantan makanya saya harus move on.

    BalasHapus
  2. Bismillah,harus bisa keluar dari kpop

    BalasHapus

Like us on Facebook