Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Melamar Pekerjaan Via Online

14.46.00


Kirim CV dan surat lamaran kerja berbentuk hard copy memang banyak dilakukan sebagai usaha mendapatkan pekerjaan. Tapi kayaknya sekarang hal itu sedikit demi sedikit sudah mulai kurang diaplikasikan di berbagai perusahaan. Seiring berjalannya teknologi informasi dan komunikasi, mengirim lamaran kerja secara manual kayaknya udah semakin ditinggalkan. Sekarang udah masuk ke zamannya kirim CV dan lamaran kerja via online alias melalui jaringan internet. Banyak cara melamar kerja via online, misalnya melalui email, website resmi perusahaan dan juga melalui website atau aplikasi penyalur lowongan pekerjaan. Sebagai masyarakat yang mengikuti perkembangan teknologi, cara ini harus terbiasa kamu lakukan. Tapi sebelum kamu melakukan proses lamaran pekerjaan via online, hal-hal berikut ini penting banget untuk kamu perhatikan.

Isi Data Dengan Lengkap
Ketika kamu ingin melamar kerja di situs pencari atau penyalur pekerjaan, kamu diharuskan mengisi data diri secara lengkap dan tentunya jujur. Isilah dengan teliti dan jangan sampai ada kolom yang terleewat dan belum terisi lengkap. Pastikan juga semua data yang ditulis adalah benar. Yang paling terpenting adalah nama, alamat email dan nomor telepon. Namun bukan berarti hal yang lain nggak penting ya. Pada intinya semua data yang kamu isi harus jelas dan benar supaya memudahkan perekrut pada suatu perusahaan menemukanmu. Karena, ketika kamu mengisi seluruh data dengan lengkap, dari situ terlihat bahwa kamu adalah orang yang profesional. Selain itu kamu juga harus memperhatikan foto profil yang kamu pakai. Jangan asal memasang foto di situs pencari kerja. Foto yang rapi dan sesuai ketentuan profesional kerja tentunya akan memberikan kesempatan yang lebih besar untukmu diterima di suatu perusahaan yang kamu lamar. Sebaliknya, kalau kamu pakai foto yang asal-asalan, kemungkinan kamu ditolak oleh perusahaan pun tentunya akan lebih besar pula.

Recheck Perusahaan
Sebagai lulusan baru terkadang kita suka tergesa-gesa dan nggak berpikir panjang ketika melamar pekerjaan karena punya harapan dan semangat yang tinggi untuk diterima kerja di perusahaan yang dituju. Tapi alangkah jauh lebih baik kalau kamu mengecek terlebih dahulu perusahaan yang akan kamu kirimkan lamaran kerja. Nggak bisa dipungkiri di masa sekarang ini penipuan semakin marak terjadi, salah satunya di dunia pekerjaan. Nggak sedikit juga perusahaan bodong yang membuat iklan di internet, hal itu dibuktikan dengan sudah banyaknya korban yang termakan bujuk rayu dan iming-iming materi dan jabatan yang sebenarnya kalau dipikir-pikir nggak masuk akal. Jadi kalau kamu mau mengirimkan lamaran pekerjaan, sebaiknya kalau bisa cek dulu keberadaan perusahaan tersebut. Kamu tinggal ketik nama perusahaannya di search engine andalan kamu alias Om Gugel dan kemudian akan keluar hasilnya dalam sekejap, tergantung koneksi internet kamu juga pastinya. Setelah kamu browsing tentang si perusahaan dan udah jelas semua asal usulnya, baru deh kamu boleh kirim lamaran ke perusahaan itu. Jadilah orang yang pintar dan kepo dalam hal kayak gini. Karena ternyata kepo nggak selamanya buruk dan menyebalkan lho. Selain itu juga, coba hindari melamar secara random memilih banyak posisi di satu perusahaan. Hal itu bisa bikin kamu terkesan nggak konsisten dan nggak profesional. Think smart aja deh pokoknya!

Social Media
Suka nulis hal-hal kurang baik di social media kamu? IT’S A BIG NO! Kalau jejaring sosial kamu sudah terlanjur dipenuhi dengan sindiran-sindiran, galau-galauan sampai umpatan-umpatan kotormu, mending kamu buruan deh hapus-hapusin itu semua. Atau kalau gampangannya sih kamu delete account kamu dan bikin yang baru yang lebih sopan, profesional dan pastinya lebih keren. Hal itu harus dilakukan, karena tanpa kamu sangka-sangka, tim rekrutmen suatu perusahaan akan melakukan tracking pada apapun yang berkaitan dengan kamu termasuk social media. Mereka menilai bahwa isi dari media sosial seseorang adalah hal yang sebenarnya dan bisa dibilang cukup akurat untuk menilai kepribadian seseorang, terutama hal-hal buruknya. At least mereka berpikir kalau isi sosial media seseorang dinilai cukup baik tanpa berisi hal-hal buruk, berarti membuktikan bahwa orang tersebut sudah cukup dewasa dalam menghadapi masalah apapun. So, buat kamu yang masih punya sosial media tapi penuh banget sama hal-hal yang cenderung negatif, mending  buruan dihapus atau delete account dan bikin yang baru. Daripada keburu ketahuan sama tim rekrutmen ketika kamu melamar kerja, yang ada kamu malah sulit diterima di mana-mana lho. Lebih baik isi media sosial kamu dengan hal-hal yang positif dan menginspirasi. Hal itu pasti akan jadi nilai plus buat kamu.

Begitulah fenomena yang terjadi di era sekarang ini. Kita memang harus jadi orang yang melek teknologi supaya nggak kalah saing sama orang lain. Yuk berikan first impression yang baik buat siapapun baik via online maupun secara langsung, karena kamu nggak akan tahu dari mana dan siapa yang akan mengubah hidupmu menjadi lebih baik.


Selain persiapan hal-hal di atas, tentunya kamu juga perlu persiapan sepatu kerja yang oke dong apalagi buat interview. Coba liat deh sepatu-sepatu kerja di www.gatsuone.com. Di sana banyak banget koleksi sepatu dan baju yang bisa kamu pilih. Follow juga Instagramnya di @gatsuone supaya kamu nggak ketinggalan informasi fashion terkini.

You Might Also Like

1 komentar

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus

Like us on Facebook