Mungkin kamu perlu pahami hal ini agar hidupmu lebih berarti, bukan hanya selalu mengutuk diri!

09.10.00

Kehidupan kadang seringkali berat saat dijalani. Kita seakan ‘terpaksa’ menghadapi berbagai tantangan yang ada. Sesekali kita akan jatuh dan kemudian bangkit lagi. Kita harus melapangkan hati dengan seluas-luasnya. Karena terkadang apa yang terjadi dalam kenyataan nggak selalu sesuai dengan pengharapan.
Ya begitulah hidup. Kita bisa merasakan sakit didalamnya, juga merasakan bahagia. Akan ada banyak kesulitan yang dihadapi dan kadang membuat kita menyerah pada hidup ini. Tapi apakah kita sama sekali nggak punya kekuatan untuk menghadapi?

Kita kadang nggak sadar bahwa apapun yang kita jalani dalam hidup semua  adalah perkara bisa atau nggak kita melalui masalah tersebut. Kita terlalu banyak berpikir dengan kemungkinan-kemungkinan yang terburuk tanpa menjadikannya sebagai acuan untuk menuju bahagia. Ini jelaslah salah, karena suatu saat nanti kamu akan merasa bahwa hidup ini hanyalah sekedar ‘beban’.

Mengutuk dirimu sendiri bahwa kamu nggak cukup pintar adalah hal yang sia-sia. Karena kenyataannya setiap orang terlahir dengan kecerdasan yang berbeda.
Ada kalanya kita merasa nggak sepintar orang lain. Kamu akan merasa dimana hidupmu sama sekali nggak seberuntung mereka. Bahkan kamu merasa bahwa Tuhan nggaklah adil pada hidupmu. Padahal setiap orang punya kecerdasan masing-masing. Semua bukan perkara cerdas, tapi bagaimana caramu menikmati dan menghargai hidupmu sendiri.
Ada orang yang memang terlahir dengan kelebihan, tapi ada pula yang perlu usaha keras untuk mendapatkannya. Saat kamu ditakdirkan pintar sekalipun, kamu tetap harus belajar dan berlatih. Nggak ada satu pun orang didunia ini yang pintar hanya dengan berdiam diri. Kecerdasan bawaan nggak menjadi satu-satunya poin yang menentukan sukses atau nggaknya seseorang.
Jangan pernah menyesal karena kamu bukan si geng jenius, tapi banggalah ketika kamu terlahir gak cukup cerdas tapi tetap mau berusaha dan meraih kesuksesan pada akhirnya.

Gak pernah ada kata terlambat untuk mewujudkan harapan dan cita-cita. Kamu punya banyak waktu asalkan ada niat dan usaha.
Berhasil mewujudkan harapan dan cita-cita bukanlah bergantung pada usia dan seberapa lama waktu yang kamu butuhkan. Ketika kamu berpikir sekarang ‘sudah terlambat’, yakinlah bahwa kamu justru belum memulai apa-apa. Yang kamu butuhkan hanyalah niat yang kuat dan mau berusaha sebaik mungkin. Apapun itu, segila apapun mimpimu, percayalah bahwa kamu bisa memulainya saat ini juga. Gak ada yang gak mungkin selagi kamu percaya pada dirimu sendiri bahwa kamu bisa melakukannya. Ayo, semangat!

Kebahagiaan bisa datang melalui berbagai cara. Bahagiamu nggak boleh bergantung hanya pada satu benda atau satu orang saja.
Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk bahagia. Kita diberikan akal dan pikiran untuk menentukan banyak hal, tapi jangan membuat akalmu hanya berkutit hanya pada satu objek saja. Hidup ini merdeka, jika kamu bisa menghadapinya. Nyatanya kamu punya kuasa penuh atas hidupmu sendiri dan kamu berhak mengusahakan apapun demi kebahagiaanmu. Ingat, bahwa kebahagiaan itu ada didalam diri kita sendiri. Dan kebahagiaan erat dengan rasa syukur, maka pastikan kamu selalu bersyukur. Bersyukurlah jika kamu masih diberi kesehatan, bisa istirahat dimalam hari dan bangun dipagi harinya. Bersyukur ketika kamu masih punya kesempatan untuk melihat indahnya dunia. Ada banyak kebahagiaan yang datang hanya dari hal-hal yang sederhana. Bagaimana pun, memilih bahagia berarti berhenti menuntut lebih dan memikirkan apa yang nggak kita punyai.

Gak seharusnya takut melangkah hanya karena kurangnya pengalaman. Tetap mencoba meski akan gagal adalah satu-satunya pilihan.
Minder karena kurang pengalaman adalah hal yang wajar jika kamu rasakan. Tapi menjadi gak wajar saat kamu justru berbalik takut untuk menghadapi ujian. Kamu hanya terpaku pada pikiran bahwa kamu bisa saja ‘gagal’saat bergerak maju. Padahal bagaimana kamu akan tahu akhirnya jika kamu takut untuk mengawalinya? Bagaimana kamu akan tahu berhasil atau nggaknya jika kamu nggak mencoba?
Banyak orang yang percaya bahwa zona nyamannya saat ini adalah titik yang terbaik. Nyatanya hidup gak hanya itu-itu aja, kamu perlu keberanian untuk menghadapi persaingan dan kegagalan. Percayalah, nggak hanya kamu yang akan atau pernah merasakan gagal. Banyak orang diluar sana yang juga merasakannya. Satu-satunya cara untuk mendapatkan pengalaman adalah dengan mencoba menjalaninya. Jika dalam masa percobaan itu ternyata kamu gagal, anggaplah sebagai caramu menyusun pengalaman.

Jadi ‘apa adanya’ bukan berarti membuat kamu lemah diri. Justru kamu harus memantaskan diri agar menjadi pribadi yang lebih baik.
Menjadi seseorang dengan apa adanya yang kamu miliki adalah hal yang baik. Tapi seringkali kata ‘apa adanya’ selalu disalah gunakan. Terkadang kalimat itu kita ucapkan untuk memaklumi kelemahan atau kekurangan diri yang sebenarnya bisa diperbaiki. Bukankah manusia bisa setiap hari berubah? Banyak hal yang bisa mempengaruhinya: keluarga, lingkungan, pengalaman, pendidikan, bahkan setiap masalah yang dihadapi.
Kita sekarang dan kita dimasa depan sudah tentu akan berubah. Sudah seharusnya kita bisa selalu  menjadi manusia yang lebih baik setiap hari. Berubah bukan berarti melupakan jati diri, tapi akan  meningkatkan kualitas diri.

Setiap orang pasti punya beban dalam hidupnya dan tanggung jawabnya sendiri. Jangan merasa menjadi seseorang yang paling menderita dibumi ini.
Setiap orang punya rutinitas, kesibukan, masalah dan tanggung jawabnya masing-masing. Kebanyakan orang selalu mengeluh dengan hidup yang ia miliki. Selalu melihat pada kehidupan orang lain yang lebih baik tanpa berusaha untuk bisa bahagia juga seperti orang itu. Kamu membuat dirimu terlihat kecil tanpa kamu sengaja. Memang, rumput tetangga akan selalu terlihat lebih hijau, mereka tampak jauh lebih bahagia dibanding kamu, mereka mendapatkan segalanya lebih dari yang kamu punya.

Satu hal yang ingin kamu tanyakan:  mengapa kamu nggak seberuntung mereka? Rasanya ingin sekali menukar kehidupanmu dengan kehidupan mereka yang tampaknya jauh lebih indah.

Kamu tahu, yang kamu lihat hanya tampilan luarnya. Segala sesuatu yang kelihatannya baik-baik saja, belum tentu aslinya seperti itu. Jika kamu lihat mereka selalu bahagia, percayalah, kehidupan siapa pun pasti ada masa-masa susahnya. Hanya, mereka pandai membungkusnya sehingga yang tampak dari luar adalah bagian-bagian terbaiknya. Semua orang punya kelebihan dan kekurangan. Apa yang tampak seperti kelebihan mereka, nggak perlu menjadikanmu iri hati. Semua ada porsinya.


Hidup memang gak mudah, yang mudah hanya menasehati dan mengatakan. Kita beranggapan orang lain sama sekali nggak mengerti dengan apa yang kita rasakan. Kita akan berkata “Kalau ngomong doang sih gampang, tapi ngejalaninnya. Nyatanya sulit!”
Betul.
Tapi apa itu harus menjadikan diri kita lemah dan sama sekali menyerah? Kamu tentu bisa berpikir apa yang baik dan nggak untuk hidupmu. Sibuk dengan memikirkan hal-hal negatif hanya akan membuatmu semakin parah. Kesempatan hidup adalah salah satu hal yang patut disyukuri. Sebanyak apapun kita mengeluh, seberat apapun masalahnya, tetap aja harus kita jalani dan selesaikan. Hari berganti dan semua nggak akan selesai dengan hanya bicara tanpa ada tindakan.

Dari pada terus berkeluh kesah dalam hidupmu, akan lebih baik jika kamu mengambil waktu sedikit untuk berlibur. Ada banyak pemandangan Indonesia yang indah yang belum pernah kamu temui selama ini. Dan jangan lupa join  EXPLORE INDONESIA CHALLENGE! Kamu bisa mendapatkan hadiah spesial! Jangan sampai kelewatan ya! Cek DISINI untuk info lengkapnya!

You Might Also Like

1 komentar

  1. Wowww....Kalau masuk ke blog GatsuOne, semua tulisannya keren, Inspiratif, dan natural Banget.Pokoknya love GatsuOne...Salam buat Admin penulis:) Ditunggu terus karya berikutnya yang ga kalah kece sama produk nya.

    BalasHapus

Like us on Facebook