Jenis kecerdasan manusia. Kamu yang mana, Oneesan?

11.45.00

Dari kecil, orangtua kita selalu bertanya nilai raport dan hasil ujian kita. Kalau bagus, biasanya langsung dipuji-puji, nah kalau jelek langsung deh kena ceramah atau bahkan gak jarang dapat hukuman, misalnya gadget disita atau potong uang jajan.  Ketika kita duduk di bangku akademik, kita harus bersaing ketat dengan para pelajar lain untuk mendapatkan nilai tertinggi di semua mata pelajaran. Ada beberapa yang berhasil, namun banyak juga yang hanya menguasai bidang-bidang tertentu.

Padahal sebenarnya menentukan cerdas atau nggak nya seseorang nggak hanya berdasarkan nilai akademisnya aja. Pengetahuan yang luas, Kecepatan dan ketepatan bertindak  apalagi disaat-saat sulit juga menentukan kecerdasan kita.  Bahkan gak sedikit pula yang payah di pelajaran teori, namun mereka pandai bermain musik, menggambar, maupun jago bermain basket.
Tuhan telah memberi kita kelebihan dan kekurangan pada setiap individu, dan karena manusia diciptakan unik. Dari dua orang kembar pun bisa memiliki karakter dan sifat yang berbeda, meski fisik mereka terlihat sama.
Nah, gak perlu merasa kalau kamu nggak cerdas karena kecerdasan juga banyak tipenya. Bisa jadi kamu cerdas dalam bidang yang lain, kan? Yuk cek kecerdasan apa yang kamu miliki!


Hobi menulis dan membaca? Pendengar yang baik dan pandai berbicara? Kecerdasan Linguistik adalah yang kamu punya.
Kecerdasan linguistic adalah kecerdasan dimana kamu berkemampuan untuk memilih kata yang tepat digunakan dalam berkomunikasi. Kamu memiliki pengetahuan yang luas akan kosakata, penggunaan bahasa yang akurat dan kemampuan merangkai kata-kata.
Kamu hobi menulis, membaca, menyimak dan berbicara. Beberapa profesi yang cocok bagi para pemilik kecerdasan linguistik adalah penulis, editor, penerjemah, presenter, penyair, jurnalis, atau juru bicara.


Hidupmu lebih dipenuhi dengan hentakan dan alunan musik. Mungkin saja kamu memiliki Kecerdasan Musikal.
Mayoritas penduduk bumi ini memang menyukai musik. Namun bagi penyandang tipe kecerdasan musikal, deskripsi musik lebih dari sekadar kata suka. Mereka mampu meresapi musik hingga masuk ke dalam urat nadi, mampu mencerna suara dan membedakan tinggi-rendahnya nada. Mereka hidup karena musik.
 Jika salah satu nya kamu, maka jelas kamu memiliki kecerdasan musikal.  Kamu mungkin punya bakat dalam memainkan satu atau lebih alat musik, baik hanya dengan mendengarkan maupun lewat instruksi. Kemungkinan besar, bisa jadi kamu menyukai banyak jenis aliran musik dan memiliki pengetahuan luas yang berkaitan dengan musik dan bahkan kamu juga hafal dengan musik-musik lawas.


Kamu yang memiliki analisa dengan metode berhitung dan selalu mendapat nilai tinggi di Matematika, bisa dipastikan kamu memiliki Kecerdasan Logika Matematika.
Kamu menyukai pelajaran matematika? Atau gemar melakukan permainan yang menggunakan logika? Jika kamu menganggukkan kepala, berarti kamu punya kecerdasan di bidang yang satu ini. Ketika teman-temanmu banyak yang membenci dan menghindari mata pelajaran satu ini, kamu justru amat sangat menyukai-nya. Mencoba memecahkan soal-soal matematika yang sulit merupakan tantangan dan keasyikan tersendiri bagimu. Semakin rumit suatu persoalan, semakin tinggi pula adrenalin kamu terpacu. Bagi kamu, soal hitung-menghitung adalah hal sepele deh..


Langsung tahu kalau sebuah rumah atau bangunan kurang simetris? Atau jago menentukan angle? Bisa jadi kamu punya Kecerdasan Visual Spasial!
Ciri orang bertipe kecerdasan ini memiliki kemampuan untuk berpikir dalam gambar dan ruang, serta memvisualisasikannya secara abstrak dan akurat. Kamu jago membongkar dan merangkaikan kembali barang-barang seperti puzzle,rubik, dan kamu bisa membuat berbagai macam bentuk dari permainan Lego. Kamu mampu membayangkan sisi tiga dimensi suatu bangun ruang di dalam kepala. Kemudian kamu memvisualisasikannya ke bentuk nyata, berupa maket atau sebuah sketsa gambar.  Jika kamu memiliki kecerdasan ini, kamu cocok untuk menjadi seorang arsitek atau desain interior.  
Gak hanya arsitek, kamu yang hobi fotografi pun punya kecerdasan ini lho! Kemampuan untuk menentukan angle yang tepat, memegang peranan vital dalam menghasilkan foto yang menakjubkan.


Kecerdasan tubuh kinestetik, adalah kecerdasan yang dimiliki oleh mereka yang mampu menyelaraskan pikiran dan koordinasi gerak anggota tubuh.
Ada beberapa orang yang dengan begitu mudahnya, meniru gerakan tari hanya dengan melihatnya saja. Ada juga yang dengan cepatnya, mempelajari suatu teknik dalam olahraga tanpa perlu mengeluarkan banyak usaha. Kalau kamu punya kemampuan ini, maka kamu termasuk geng kecerdasan kinestetik.
Merajut juga membutuhkan tipe kecerdasan ini, lho! Kegiatan merajut memerlukan koordinasi tinggi antara tangan dan mata. Begitu pula dengan para ahli bedah. Mereka juga harus mampu mensinkronisasikan antara penglihatan mata dengan gerakan tangan dalam bekerja.


Kamu adalah teman yang menyenangkan dan seringkali menjadi tempat curhat. Sebabnya, kamu memiliki Kecerdasan Interpersonal.
Kamu yang supel dan gampang bergaul, memahami orang lain,banyak teman, berkemampuan untuk merasakan perasaan orang lain dan motif mereka. Berarti kamu termasuk geng ini! Nggak heran kalau kamu sering dijadikan sebagai tempat curhat oleh teman-temanmu.


Kecerdasan Intrapersonal dimiliki hanya oleh kamu yang paham betul tentang dirimu sendiri.  Biasanya kamu memiliki percaya diri tinggi.
Nggak semua orang mampu memahami dirinya sendiri. Karakter seperti apa yang kamu punya? Hidup seperti apa yang kamu inginkan? Apa saja kekuatanmu? Bagaimana dengan kelemahan yang kamu punya? Dan bagaimana kamu mendefinisikan pribadimu sendiri?
Kemampuan untuk memahami diri sendiri secara mendalam ini, dikenal dengan istilah kecerdasan intrapersonal. Kamu yang memiliki kecerdasan di bidang ini, biasanya sering merenung seorang diri. Dimana kamu merenung untuk mengerti benar apa yang kamu inginkan, kamu akan setia pada hidupmu dan yakin dengan mimpi yang akan kamu wujudkan.


Kamu yang menyukai tanaman, mendaki gunung, dan memelihara binatang, bisa jadi kamu memiliki Kecerdasan Naturalis.
Kamu punya ketertarikan lebih untuk mengenal alam dan segudang isinya? Bisa jadi kamu memiliki kecerdasan naturalis. Bukan sekadar menikmati pemandangan alam saja, kamu juga mampu mengenali dan membedakan spesies hewan dan tumbuhan berdasarkan karakteristiknya masing-masing secara detil.
Kamu yang masuk geng ini biasanya memiliki hobi hiking, snorkeling dan sering terjun dalam komunitas pencinta alam.


Merenung dan berpikir dalam adalah kebiasaan yang kerapkali kamu lakukan, maka kamu memiliki Kecerdasan Eksistensial.
Kecerdasan pada bidang ini, mencerminkan kemampuan dalam memecahkan pertanyaan-pertanyaan yang sulit. Misalnya makna hidup manusia, mengapa manusia meninggal, mengapa tubuh bisa bergerak, atau apa yang akan kita temukan setelah meninggal?
Kamu yang memiliki kecerdasan ini, mempunyai pemikiran yang mendalam dan terus berusaha mencari jawaban akan eksistensi manusia. Kamu menyukai segala hal yang memiliki arti dan filosofi.

Kecerdasan Spiritual gak hanya dimiliki oleh mereka para pemuka agama, beberapa dari kamu mungkin memilikinya.
Tebakanmu seringkali benar, dan firasatmu juga kuat. Kamu amat sensitif dan memiliki minat pada hal-hal yang bersifat spiritual dan religious. Kamu lebih menikmati hidup dengan beribadah, bahkan beberapa bisa merasakan kehadiran energi lain disekitar dan melihat apa yang nggak bisa orang lain lihat, berarti kamu termasuk dengan kecerdasan satu ini.


Tipe manakah yang merupakan bidang kecerdasanmu? Ingat, ya! Manusia bisa mempunyai kecerdasan di beberapa bidang sekaligus. Kamu gak perlu merasa kecil hati dengan IQ yang rendah. Hal yang terpenting ialah mengetahui di manakah potensi kecerdasanmu berada. Kemudian berusaha untuk mengembangkannya secara optimal. Percayalah! Setiap manusia mempunyai kecerdasan di bidangnya masing-masing.

Dan kamu juga perlu kecerdasan dalam menentukan tampilanmu. Jangan lupa belanja di www.gatsuone.com ! Dijamin kamu bakalan tampil up to date dan stylish dengan koleksi fashion jepang terkini! Happy shopping!



You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook