Pakai Sleeping Mask Malah Bikin Wajah Rusak? Mungkin Kamu Melakukan Kesalahan Ini!

15.30.00


  
Hi Oneesan, seberapa seringkah kamu merawat wajah di malam hari? Pasti tidak sedikit yang rajin dan rutin melakukan ritual malam sebelum tidur. Baik dari serum, night essence, eye cream, termasuk juga sleeping mask. Pada dasarnya sleeping mask ini merupakan krim malam yang bisa melembabkan dan menutrisi kulit. Kandungannya sangat baik sehingga mampu memperbaiki sel-sel kulit, mencerahkan kulit wajah, serta mampu menjadi anti-aging yang dapat melindungi kita dari penuaan dini.

Banyak banget ya manfaat yang diberikan sleeping mask! Tapi sayangnya masih banyak lho yang tanpa sadar salah mengaplikasikannya. Bukannya menghambat penuaan dini, malah bisa-bisa jadi makin cepet tua. Jangan sampai deh! Coba koreksi lagi kebiasaan kamu pakai sleeping mask yuk.

Hanya mengikuti tren yang lagi kekinian tanpa mengetahui jenis kulit sendiri
Sama halnya dengan skin care lain, kamu juga perlu memilih masker wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Saat kulit terasa kering dan membutuhkan hidrasi misalnya, pilihlah produk masker yang mengandung pelembab seperti aloe vera dan snail. Tapi kalau kamu jenis kulitnya berminyak, pilihlah masker yang diperkaya dengan anti acne herbal complex dan witch hazel yang mampu menyegarkan kulit berminyak. Jadi, jangan karena temen kamu bilang cocok pakai produk A, lalu kamu langsung ikut-ikutan pakai juga. Be smart! :)

Memakai sheet mask semalaman
Kebanyakan cewek suka banget menggunakan sheet mask sebagai sumber nutrisi sepanjang malam. Siapa yang nggak suka coba? Tinggal letakan lembar tissue mask-nya di wajah, lalu kamu hanya tidur terlentang aja semalaman. Praktis banget! Beberapa mungkin bakal beralasan, kalau dipakai hanya 30 menit akan sayang karena tissuenya masih basah, harganya pun lumayan mahal. Jadi biarkan aja semua kandungan air dalam tissue terserap semalaman!

Hei ladies.. Ketahuilah bahwa memakai sheet mask semalaman adalah sebuah kesalahan. Karena kalau dipakai lebih dari 30 menit nutrisi dalam kulit kamu akan terserap kembali oleh si sheet mask. Really? Yes! Tissue dalam sheet mask memiliki fungsi menjaga essence di dalamnya. Setelah 30 menit diletakkan pada wajah, tissue itu akan kembali menyerap nutrisi yang ada di wajah kamu.


via GIPHY
Nggak sabaran untuk memakai sleeping mask, sehingga bertumpuk dengan skin care lainnya
Niatnya mau gaya-gayaan pakai cara ala orang Korea yang menggunakan skincare hingga 10 steps. Please don’t ever do that kalau kamu termasuk orang yang nggak sabaran. Tahukah kenapa? Karena kalau kamu nggak bisa sabar menanti setiap step-nya menyerap sempurna, kamu akan tiban dan tiban lagi dengan produk yang lain. Jadinya malah produk-produk itu bertumpuk dan bikin wajah kamu berkomedo atau jerawatan. Nggak mau kan?

Karena itu, sebelum memakai sleeping mask, kita harus membiarkan produk kulit lainnya terserap dalam kulit lebih dulu agar rutinitas perawatan kita semakin efektif.

Menggunakan sleeping mask setiap malam
Selain nggak boleh dipakai terlalu lama, masker juga nggak boleh dipakai terlalu sering. Perlu diingat bahwa sleeping mask dibuat bukan untuk digunakan setiap hari, loh! Apalagi jika jenis kulit kamu berminyak, menggunkan sleeping mask setiap hari dapat membuat kulit wajah berjerawat. Cukup gunakan masker wajah 2-3 kali saja dalam seminggu agar kamu bisa merasakan hasil yang optimal dari masker favoritmu.

Memakai terlalu banyak dan nggak merata
Alih-alih biar krimnya awet sampai pagi, akhirnya kamu pakai banyak-banyak deh sleeping mask-nya. Padahal masker kan juga butuh waktu untuk terserap dalam kulit. Jadi disarankan sebaiknya tidak memakainya dalam jumlah yang terlalu banyak agar prosesnya tidak memakan waktu yang terlalu lama. Kamu juga perlu mengaplikasikan sleeping mask secara merata pada seluruh area wajah kamu, tetapi hindari bagian mata dan bibir ya agar tidak timbul reaksi yang tidak diinginkan.

Tidur singkat dengan posisi yang ‘amburadul’
Kebayang nggak sih kalo pagi hari pas kamu bangun, itu masker di wajah udah nempel semua di bantal kamu? Sayang banget kan kalo nutrisi maskernya malah diserap sama bantal? Makanya agar kulit wajah kamu bisa memaksimalkan manfaat yang ditawarkan oleh sleeping mask, kamu perlu mengusahakan tidur dengan posisi terlentang. Selain itu usahakan juga untuk tidur cukup selama 7-8 jam sehingga kandungan dalam sleeping mask dapat diserap dengan sempurna.

Meski pagi harinya udah kering, jangan lupa cuci muka ya!
Seperti namanya, sleeping mask digunakan saat tidur. Tujuannya untuk memaksimalkan fungsi dan memperbaiki kulit pada saat tidur. Jadi, jangan pernah lupa untuk mencuci wajah pada pagi harinya untuk membersihkan sisa masker yang masih menempel. Nggak perlu khawatir wajah akan terlihat sedikit berminyak karena hal itu adalah wajar.

Itulah kesalahan yang sering dilakukan dalam memakai sleeping mask. Tentu aja selain beberapa kesalahan di atas, kita harus lebih dulu mencuci tangan atau spatula sebelum menyentuh produk yang akan digunakan. Pernahkah kamu melakukan kesalahan yang sama? Share yuk!

You Might Also Like

1 komentar

Like us on Facebook