Fakta Tentang Bipolar Disorder

14.42.00

Kancah per-infotainment-an Indonesia sedang dihebohkan dengan social media seorang artis laki-laki dengan akun Instagram @mregijohn alias Egi John Foreisythe. Aktor yang notabene adalah kekasih dari Andriani Marshanda ini mengungkapkan hal yang cukup mengejutkan tentang aktris dan juga penyanyi itu. Menurut kabar, katanya mereka berdua sedang dalam masa putus hubungan. Nah di akun Instagramnya ini Egi John mengungkapkan banyak hal yang cukup menghebohkan. Marshanda memang cukup kontroversi sejak dulu. Dan kalau ngomongin Marshanda mungkin kamu inget dengan satu hal yang dulu pernah diderita oleh pemain sinetron Bidadari itu, yaitu bipolar disorder. Sebenarnya apa sih bipolar disorder itu? Yuk intip fakta-faktanya.

Bipolar disorder?
Jadi bipolar disorder adalah sebuah keadaan di mana kejiwaan atau psikologis seseorang sedang terganggu. Biasanya akan terjadi mood swing alias perubahan mood yang cukup ekstrim atau berlebihan. Suasana hati seseorang yang terkena bipolar disorder bisa berubah secara tiba-tiba dan bener-bener bertolak belakang, Misalnya pada detik ini dia merasa sangat senang dan bahagia yang benar-benar tinggi, kemudian beberapa saat kemudian kebahagiaan dan kesenangan itu berubah menjadi kesedihand dan kemarahan yang nggak terduga. Maka dari itu diberi istilah bipolar yaitu dua kutub yang berbeda, yang satu positif dan yang satu lagi negatif. Yang positif alias bahagia disebut dengan hipomania/mania, sedangkan yang negatif alias rasa sedih disebut dengan depresi yang mungkin udah sering kamu dengar.

Hipomania/Mania?
Ini adalah satu kutub di mana kebahagiaan berada. Ketika perasaan atau suanana hati seorang bipolar sedang berada di kutub ini, kondisi pikiran, perasaan dan perilakunya menunjukkan ekspresi kegembiraan yang lebay alias berlebihan banget. Contohnya seperti merasa memiliki banyak ide, merasa pintar, merasa semua masalah adalah hal kecil sehingga membentuk perasaan bahagia yang berlebihan. Hipomania berbeda dengan mania, atau singkatnya dari segi tingkatannya hipomania lebih ringan dibanding mania. Kalau hipomania masih mampu menjalani kehidupan sehari-hari seperti orang-orang pada umumnya sehingga masih bisa bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Sedangkan mania rasanya agak sulit untuk berhubungan dengan lingkungan sekitar dikarenakan suasana hati, pikiran dan perilakunya yang terlalu ekstrim.

Depresi?
Kalau menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, depresi adalah gangguan jiwa pada seseorang yang ditandai dengan perasaan muram, sedih atau tertekan. Ketika seseorang dalam tahapan depresi akan merasaka kondisi pikiran yang negatif, putus asa, sedih, nggak bersemangat, cenderung pendiam dan pemalas. Dan kalau tingkat depresi yang sudah sangat parah bisa menimbulkan keinginan untuk bunuh diri. Kasus mengenai bunuh diri karena depresi sering sekali terjadi di Jepang dan Korea Selatan.

2 Tipe Bipolar
Ada dua tipe bipolar disorder yaitu Bipolar 1 dan Bipolar 2. Bipolar 1 memiliki kondisi di mana kutub positif berada di level yang tertinggi yaitu mania, sedangkan level depresinya nggak terlalu dalam. Bipolar 2 memiliki kondisi kutub positif ada pada tahap hipomania dan depresinya sangat rendah.

Faktor Penyebab Bipolar Disorder?
Sampai saat ini belum ada yang bisa menentukan faktor pasti dari munculnya bipolar disorder pada seseorang. Siapapun dapat mengalaminya tanpa pandang usia dan jenis kelamin. Tapi sampai sekarang yang pernah terjadi kebanyakan yang mengalami hal ini adalah wanita karena dinilai lebih ekspresif dibandingkan dengan pria. Kalau dari segi genetis, umumnya bisa turun temurun dengan pola lompat generasi.

Cara Menghadapi Seorang Bipolar?
Kalau ada orang terdekatmu yang mengalami bipolar disorder sebaiknya ingat 3 hal ini, yaitu memahami, menerima dan beradaptasi. Menerima atau understand maksudnya adalah cari tahu sebanyak mungkin informasi tentang bipolar supaya bisa tahu apa yang harus dilakukan jika muncul gejala-gejala awal. Kemudian menerima, yaitu ketika tahu bahwa ada orang terdekat yang mengalami bipolar kita harus bisa menerimanya. Kemudian yang terakhir adalah beradaptasi dengan keadaan seorang bipolar disorder yang berubah secara tiba-tiba.

Itulah beberapa fakta mengenai bipolar disorder yang mungkin ada di sekitar kita. Semoga bisa menambah pengetahuan dan membuka wawasan serta pemikiran kamu yang semakin cerdas.

Kecerdasan akan semakin lengkap dengan penampilan yang menawan. Kunjungi webstore www.gatsuone.com dan follow Instagram @gatsuone untuk tahu update fashion terbaru. Cheers!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook