Video Interview? Jangan Sampai Lupakan Hal-Hal Ini!

15.31.00

Kemajuan teknologi dari waktu ke waktu memang nggak ada lawan deh. Berbagai bidang dalam kehidupan pastinya mengalami banyak perubahan akibat dari perkembangan teknologi, khususnya teknologi informasi dan komunikasi. Kalau dulu mungkin komunikasi paling canggih adalah korespondensi atau surat menyurat, sekarang surat menyurat jaraknya hanya seujung jari alias deket banget. Memang sih sensasinya mungkin berbeda dengan kirim-kiriman surat sama teman atau sahabat, tapi chatting atau email punya kelebihannya tersendiri, yaitu efektif dan efisien, walaupun sisi keromantisan memang suratlah juaranya. Makin canggihnya teknologi komunikasi juga berdampak di dunia pekerjaan salah satunya proses rekrutmen pegawai baru. Biasanya proses interview yang mainstream dilakukan adalah dengan memanggil kandidat calon pegawai untuk diwawancara secara langsung. Namun sekarang, beberapa perusahaan sudah mulai melakukan proses tersebut dengn cara baru yaitu dengan sistem video interview, terlebih ketika kandidatnya berada jauh dari head office seperti di luar kota atau di luar negeri. Hal ini juga bisa terjadi ketika perusahaan sangat membutuhkan waktu yang singkat untuk proses rekrutmen sehingga bisa dilakukan dengan secepatnya. Lalu apa aja sih yang harus diperhatikan kalau lagi video interview?

Koneksi Internet
Kalau kamu dihubungi untuk jadwal video interview yang pertama kali harus kamu pikirkan adalah koneksi internet kamu. Sinyal internet kamu harus stabil dan nggak tersendat-sendat. Nggak mau dong kalau kesempatan bekerja di perusahaan impian jadi hancur hanya karena koneksi internet yang putus nyambung kayak ABG jaman sekarang hehehehe. Kalau di lokasi kamu nggak ada wifi, modal sedikit nggak apa-apa dong ya. Isi paket internet di modem kamu dengan kuota yang tentunya memadai ya. Kalo misalnya belum punya modem kamu bisa pinjem modem temen. Life is easy, isn’t it?

Penampilan Wajah
Namanya juga proses wawancara melalui video, udah pasti yang harus keliatan jelas adalah wajah kita. Biasanya sih ukurannya adalah close up, jadi yang terlihat hanyalah dari ujung kepala sampai sebatas dada aja. Makanya penampilan wajah itu adalah nomor satu. Buat para calon karyawati sudah seharusnya pakai make up dong, tapi jangan sampai berlebihan juga ya. Cukup pakai make up standar aja tanpa perlu heboh kayak pengantin wanita yang mau dipinang sama si pujaan hati. Kalau buat cowok yang harus diperhatikan pastinya adalah rambut, kumis dan janggut harus dirapikan dulu ya. Jangan sampai mau video interview tapi rambutnya lagi bergaya polem alias poni lempar, kasihan HRD yang mau wawancara nanti nggak bisa ngeliat muka kamu secara utuh, bahkan penglihatan kamu sendiri pun bisa jadi terganggu oleh poni kamu yang dilempar-lempar itu. And of course, don’t forget to smile.

Pakaian
Ya walaupun yang terlihat di kamera hanya sebatas ujung kepala sampai bagian dada, bukan berarti kamu bisa pakai baju asal-asalan dong. Tetaplah pakai busana selayaknya kamu mau interview langsung dengan HRD di perusahaan impianmu. Nggak ada salahnya kan kamu pakai kemeja, blazer atau jas rapi yang dipadukan dengan rok atau celana kerja yang sopan, dengan begitu kamu pun akan menjadi lebih percaya diri dan tentunya lebih  profesional. Jadi jangan sekali-sekali pakai celana tidur atau training olahraga favoritmu ya, it’s a big no! Hasil itu nggak akan mengkhianati prosesnya kok, so kalau usaha kamu udah keren dan total banget tentu akan berbanding lurus dengan hasil yang akan kamu dapatkan. Kalaupun kamu belum mendapatkannya berarti Tuhan punya rencana yang lebih indah dan tepat untuk kamu. Percaya deh.

Background
Karena melakukan wawancara melalui video, otomatis kamu juga harus memperhatikan visual dari gambar yang kamu suguhkan. Makanya background itu penting banget kalau lagi melakukan video interview. Pilihlah background polos yang simple dan nggak ribet, misalnya seperti tembok berwarna putih atau krem yang nggak terlalu mencolok mata. Atau kalau kamu mau memperlihatkan sisi positif dari dirimu, bisa juga pilih background dengan tampilan rak buku yang tersusun rapi sehingga bisa menghasilkan citra bahwa kamu adalah seseorang yang suka membaca, berwawasan luas dan juga rapi. Jangan sampai melakukan video wawacara dengan background yang nggak sopan dan nggak profesional, misalnya kasur dan kamar yang super berantakan, televisi dan benda elektronik lainnya, serta lokasi yang bikin awkward kayak dapur apalagi kamar mandi. Plis deh, yang bener aja!

Itulah yang harus kamu perhatikan kalau ada jadwal wawancara melalui video. Jangan sampai kurang prepare dan menghancurkan perjalanan karirmu ya.

Untuk menunjang penampilan interview kamu, yuk pakai koleksi office dari GatsuOne がつおね di www.gatsuone.com. Have a great career!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook