13 Makanan Indonesia dan Jepang, Serupa Tapi Tak Sama

11.30.00

Tiap negara pasti memiliki makanan khasnya masing-masing. Bahkan di dalam satu negara pun tiap-tiap daerahnya memiliki makanan khas yang paling dicari oleh pelancong. Misalnya, di Jakarta ada Kerak Telor, Bogor ada Soto Mie Bogor, Yogyakarta punya Gudeg dan masih banyak lagi. Bahkan terkadang ada beberapa daerah yang memiliki makanan khas yang hampir sama dengan daerah lainnya, namun mungkin hanya penyebutan namanya saja yang berbeda. Ternyata makanan khas Indonesia pun memiliki banyak kemiripan dengan makanan Jepang. Ya walaupun hampir serupa, tapi tetap saja tidak sama. Ini dia 13 makanan Jepang yang mirip dengan makanan Indonesia. 

Sushi → Lemper 
Sushi adalah makanan Jepang yang paling mendunia. Terbuat dari nasi yang digulung menggunakan nori atau rumput laut yang diisi dengan berbagai macam isian, misalnya daging, ikan dan sayuran. Biasanya isian tersebut disajikan mentah tanpa dimasak, tapi ada pula yang sudah matang. Sedangkan lemper biasanya berisi ayam atau abon sapi.

Gyoza → Pangsit 
Gyoza terbuat dari udang yang dicincang dan dibungkus dengan lembaran kulit yang terbuat dari tepung terigu dan kemudian dimasak dengan cara direbus atau digoreng. Hampir sama dengan gyoza, pangsit juga berisi cincangan udang atau ayam yang dibungkus dengan kulit pangsit lalu digoreng atau direbus.

Yakitori → Sate 
Yakitori mirip sekali dengan sate ayam. Sama-sama terbuat dari potongan daging ayam yang dilumuri bumbu kemudian dibakar. Perbedaannya, ada pula yakitori yang tidak hanya terdiri atas daging ayam saja melainkan bagian lainnya seperti jantung, hati, usus dan bagian ayam yang lainnya. Selain itu jika yakitori dilumuri dengan saus yang terbuat dari kecap asin, gula serta bumbu lainnya, sate ayam umumnya disantap dengan saus kacang atau kecap.

Dorayaki → Apem 
Kalau yang suka menonton kartun Doraemon pasti tahu makanan favoritnya, dorayaki. Kue tradisional Jepang yang berbentuk bundar ini ternyata hampir mirip dengan kue apem asal Indonesia. Apem dibuat dari tepung beras yang didiamkan semalam yang dicampur dengan telur, santan, gula dan tape serta garam yang kemudian dibakar atau dikukus. 

Dango → Klepon 
Dari segi bentuk, tekstur dan rasa Dango dan Klepon memang sama. Bentuk keduanya bulat, teksturnya kenyal karena terbuat dari tepung beras dan rasanya manis. Cara membuatnya juga sama yaitu dengan direbus dalam air mendidih atau bisa juga dengan dikukus. Yang membedakan kedua makanan ini adalah isinya. Kalau Dango berisi kacang merah, Klepon berisi gula merah yang dicairkan dan ditambah dengan taburan kelapa parut.

Mochi → Kue Bugis 
Mochi dan kue bugis memiliki persamaan pada warnanya yang hijau, bentuknya bulat dan terbuat dari tepung beras ketan. Banyak variasi mochi asal Jepang di antaranya Kinako Mochi yang ditaburi serbuk kacang tanah, Sato Shoyu Mochi yang adonannya dicampur dengan gula dan kecap asin, ada pula Isobe Mochi yaitu mochi yang dibakar atau dipanggang. Sedangkan kue bugis biasanya berisi parutan kelapa yang dicampur dengan gula merah.

Ramen → Mie Ayam 
Walaupun rasanya berbeda tetapi rupanya mirip. Ramen biasanya berisi daging, telur rebus, sayuran, irisan daun bawang, nori dan topping lainnya. Sedangkan mie ayam pada umumnya hanya berisi potongan daging ayam, pangsit rebut, pangsit goreng, bakso dan irisan daun bawang.

Yakisoba → Mie Goreng 
Yakisoba mirip sekali dengan mie goreng tek tek. Kedua mie ini berisi berbagai macam daging dan sayuran. Namun sedikit berbeda pada pemakaian saus yakisobanya, potongan nori dan saus mayones.

Okonimiyaki → Martabak Telur 
Okonomiyaki terbuat dari tepung terigu, irisan kol, telur ayam, dan daging kemudian digoreng di atas penggorengan datar yang juga digunakan untuk menggoreng martabak telur. Tapi martabak telur tidak terbuat dari tepung terigu melainkan hanya campuran telur dan daging serta irisan daun bawang yang dibalut dengan kulit lumpia.

Onigiri → Lontong 
Sama-sama terbuat dari nasi yang dipadatkan, namun onigiri biasanya berbentuk bulat atau segitiga sedangkan lontong berbentuk lonjong yang dibungkus dengan daun pisang. Kalau onigiri sederhana biasanya berisi daging ikan salmon, lontong berisi daging ayam, sayuran atau oncom.

 
Yakimeshi → Nasi Goreng 
Yakimeshi adalah nasi goreng khas Jepang yang biasanya terbuat dari bahan-bahan yang sisa memasak tetapi terkadang ditambahkan juga dengan bahan lain seperti sayuran dan daging, sehingga yakimeshi mirip sekali dengan nasi goreng di Indonesia.

 
Chanpuru → Sayur Tumis 
Chanpuru adalah tumis sayuran yang dicampur dengan telur ayam, tahu dan daging. Sayuran yang biasa digunakan hampir sama dengan sayuran yang ditumis di Indonesia misalnya pare, kol, bawang bombay, wortel, jamur, toge dan lainnya.

 
Nikujaga → Semur 
Nikujaga berarti daging kentang. Makanan khas Jepang ini terbuat dari daging, kentang dan bawang bombay yang direbus dengan gula dan kecap asin. Sedangkan semur terbuat dari kecap manis, bawang merah, bawang bombay, pala dan cengkeh. Yang biasanya dimasak dengan kuah semur adalah ayam, kentang, tahu, tempe dan telur.
Itu dia 13 makanan Indonesia yang serupa tapi tak sama dengan masakan Jepang. Kalau kamu suka makanan Jepang, kamu juga perlu tahu fashion Jepang dong. Cek aja www.gatsuone.com untuk dapetin inspirasi fashion Jepang favoritmu! Ikuti juga Giveaway-nya hanya di Instagram @gatsuone. Selamat makan siang, Oneesan. :)

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook