Bisa Nggak Sih Kerja Bebas Lembur?

14.53.00

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah BISA dong! Mungkin banyak dari kamu yang sering banget ngeluh karena disuruh lembur terus sama si bos. Kalo lagi kayak gini kok rasanya atasan nggak mau banget liat juniornya seneng pulang tepat waktu. Adaaaaa aja yang disuruh kerjain di saat-saat last minute jam pulang kantor, yang ujung-ujungnya mengharuskan kamu untuk pulang terlambat karena lembur. Gimana sih caranya untuk menghindari kerja overtime alias lembur? Yuk intip cara menghindari kerja lembur supaya bisa on time sampai di rumah.

Datang Lebih Pagi
Kalau kamu selalu datang di detik-detik waktu masuk kantor, coba deh mulai sekarang biasakan datang ke kantor lebih pagi lagi, at least 30 menit sebelum waktu kerja. Mungkin kamu selalu mepet sampai di kantor karena jam tidur kamu yang berantakan. Kalau biasanya kamu baru tertidur pulas ketika jam menunjukkan pukul 12 malam, sekarang paksain tidur paling nggak jam 10 deh. Karena baru tidur jam 12 kamu pasti merasa kurang tidur saat harus bangun di pagi hari, tapi kalau kamu udah tidur dari jam 10 paling nggak kamu akan merasa cukup tidur ketika waktunya siap-siap berangkat ke kantor. Dengan begitu kamu pun akan bisa datang  ke kantor 30 menit lebih pagi dari hari biasanya. Ketika kamu sampai di kantor nggak mepet jam kerja, kamu bisa punya waktu untuk mempersiapkan fisik dan pikiranmu supaya lebih fresh dan semangat ketika bekerja. Coba kalau kamu datengnya mepet banget, pasti udah gerasak-gerusuk nggak karuan deh. Yuk mulai datang lebih pagi, dengan begitu kamu pun bisa lebih produktif dan pekerjaan bisa diselesaikan dengan tepat waktu tanpa harus lembur.

Daily Schedule
Beberapa kantor biasanya mengharuskan karyawannya untuk membuat daily report setiap harinya beberapa menit sebelum jam pulang kerja tiba. Untuk menghasilkan daily report yang baik dan produktif, sebaiknya kamu membuat daily schedule atau jadwal harian. Ini penting banget untuk kamu buat supaya kamu bisa fokus mengerjakan pekerjaan yang satu tanpa takut pekerjaan yang lain terlupakan karena udah tercatat dengan jelas apa aja pekerjaan yang harus dikerjakan hari ini beserta kapan waktu pekerjaan tersebut harus selesai. Kalau udah punya daily schedule pekerjaan kamu pasti akan lebih tertata dengan rapi, tapi tetap didukung kinerja kamu yang produktif dan selalu penuh semangat ya. Kebanyakan kerja lembur itu disebabkan pekerjaan yang belum diselesaikan dalam waktu yang ditetapkan, tapi memang sih nggak jarang juga karena ada hal yang mendadak sehingga harus segera diselesaikan. Kalau kamu udah punya daily schedule, paling nggak bisa mengatur dan mengukur antara pekerjaan dan waktu yang dibutuhkan.

It’s Ok To Say NO
Waktu pulang kerja hampir tiba, pekerjaan udah selesai, so tunggu apalagi? It’s time to TENG-GO alias teng langsung go home. Tapi terkadang banyak pekerja yang agak ragu untuk ngelakuin itu karena ngeliat atasan atau si bos masih berkutat sama komputernya. Nah waktu-waktu kayak gini nih yang rentan banget buat diminta lembur. Kalau kamu nggak mau hal itu terjadi, sebaiknya setelah kamu mematikan komputer dan membereskan meja kerja kamu, kamu langsung aja samperin si bos untuk pamitan. Kalau kamu udah pamitan sih biasanya dia juga nggak enak buat minta kamu lembur karena meja kerja kamu pasti udah rapi dan komputermu pun udah dimatiin. Tapi kalau kamu masih dimintain buat lembur juga, it’s ok to say no. Bilang aja udah ada acara yang menunggumu atau singkatnya kamu lagi buru-buru makanya kamu cepat-cepat menyelesaikan pekerjaan supaya bisa pulang on time. Si bos juga harusnya paham karena kamu kemarin-kemarin selalu menerima perintah lembur.

Cara-cara di atas mungkin bisa kamu coba praktekan. Tapi semuanya tetap tergantung kinerja kamu juga. Kalau kamunya sendiri nggak merubah kinerja kamu supaya lebih baik dan produktif, kayaknya lembur bisa jadi makanan kamu sehari-hari deh. So, it depends on your self. Ok?

Selain kinerja, penampilan juga harus oke dong. Yuk lihat koleksi office outfit yang cocok untuk kamu hanya di www.gatsuone.com. Jangan lupa juga follow Instagram @gatsuone untuk dapetin informasi dan promo menarik. Have a great time!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook