Lagi Flu? Inilah Makanan Sehat Pereda Influenza

10.11.00

Bulan September ini menandakan kalau kita sudah memasuki waktu “berrrrr...” alias bulan-bulan yang berakhiran suku kata ber. Katanya sih kalau udah mulai memasuki waktu ini, musim hujan telah tiba. Dan memang benar sih akhir-akhir ini hujan turun setiap hari. Di masa-masa peralihan antara musim kemarau menuju musim hujan atau yang biasa disebut dengan pancaroba adalah waktu-waktu rawan terserang berbagai  macam penyakit, salah satunya adalah influenza atau lebih akrab dikenal dengan sebutan flu. Influenza disebabkan oleh virus familia orthomyxoviridae, dengan gejala penyakit seperti menggigil, demam, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, batuk sampai dengan seluruh badan terasa nggak nyaman. Selain istirahat dan tentunya minum obat ataupun ramuan tradisional, ternyata ada beberapa makanan yang dipercaya bisa membantu meredakan penyakit flu. Apa aja sih makanannya? Ini dia...

Sup Ayam
Selain rasanya yang enak banget, sup ayam juga baik dikonsumsi untuk meringankan penyakit flu ternyata bukanlah mitos belaka. Hal itu dibuktikan dengan beberapa penelitian yang sudah melakukan riset tentang hal ini. Peneliti bernama Dr. Stephen Rennard dan timnya dari University of Nebraska Amerika Serikat mengungkapkan fakta bahwa kandungan sup ayam bisa mencegah manusia dari serangan flu karena berfungsi sebagai pertahanan pada paru-paru manusia. Bahkan dalam sebuah buku berjudul The Secret of People Who Never Get Sick dipaparkan bahwa sup ayam memang sudah dikenal sebagai obat pereda flu sejak masa Mesir Kuno. Jadi, dalam sup ayam terkandung vitamin dan nutrisi yang berguna sebagai anti peradangan dan bisa memperlambat pertumbuhan sel-sel darah putih atau neutrofil. Jika jumlah neutrofil sedikit maka kemungkinan akan terserang flu juga akan semakin kecil. Buat kamu yang udah mulai terserang gejala-gejala influenza bisa nih coba konsumsi sup ayam sambil menghirup uap panasnya.

Teh Hijau
Selain sup ayam yang disajikan hangat-hangat, teh hijau juga baik sebagai pencegah dan pereda flu namun lebih baik dikonsumsi secara teratur. Teh hijau kaya akan anti oksidan yang berfungsi sebagai imun bagi tubuh untuk mencegah berbagai penyakit masuk ke dalam tubuh, salah satunya adalah influenza. Salah satu kandungan yang terdapat dalam teh hijau cukup baik untuk menangkal radikal bebas. Mungkin kebanyakan orang percaya bahwa minum teh hijau yang dibuat dengan air panas yang mendidih bisa menghasilkan efek yang lebih baik, namun ternyata pernyataan tersebut dipatahkan oleh seorang Dr. Michael Greger yang mengatakan bahwa ketika teh hijau dikonsumsi dalam keadaan dingin memilki level anti oksidan yang lebih tinggi daripada teh hijau yang dibuat dengan air mendidih. 

Bawang Putih
Bawang putih baik dikonsumsi secara teratur untuk mencegah tubuh manusia dari serangan penyakit flu. Jadi ternyata ddi dalam bawang putih terkandung komponen aktif bernama Allicin yang bisa mendorong peningkatan imun tubuh manusia sehingga menghindarkan dari serangan berbagai penyakit seperti batuk, pilek hingga infeksi saluran pernapasan. Selain itu bawang putih juga dikenal bisa menyembuhkan penyakit bronkhitis kronis lho. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengonsumsi bawang putih. Kamu bisa memakan bawang putih tanpa campuran apapun, tapi bisa juga mencampurnya dengan madu, minyak zaitun, atau buatlah jus dengan menambahkan tomat, kemangi dan garam. Selamat mencoba.

Ikan
Kandungan lemak baik pada ikan salmon dan tuna bisa membantu mengembalikan stamina tubuh yang sangat diperlukan ketika tubuh lemas karena terserang flu. Selain itu, Omega-3 yang ada di dalamnya juga bisa membuat sistem imun bekerja secara optimal dan mengurangi radang pada tubuh. Nggak cuma itu, nutrisi dalam ikan juga dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan yang disebabkan reaksi berlebih terhadap infeksi. Selain salmon dann tuna, ikan sarden dan makarel juga bisa jadi pilihan untuk mencegah dan mengobati penyakit flu yang sedang kamu derita.

Itulah 4 masakan yang bisa jadi pilihan obat pencegah dan pereda flu. Menjaga kesehatan adalah hal yang penting banget lho karena kesehatan sangat mahal harganya. Tapi untuk bergaya keren dan fashionable nggak perlu mahal kok. Coba aja klik www.gatsuone.com dan follow Instagram @gatsuone untuk dapetin produk dengan harga yang oke dan kualitas memuaskan. Yuk buruan belanja sebelum kehabisan!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook