Seperti Inilah Standar Wanita Cantik Indonesia pada Zaman Dulu

09.41.00

Perkembangan fashion dan kecantikan wajah wanita akan terus berubah seiring dengan perkembangan zaman. Kalau kini cantiknya wajah biasa dilihat dari bagaimana seorang wanita memakai make up lipstick dan pensil alis yang tebal, beda ceritanya dengan zaman dulu.

Melihat kembali bagaimana standar kecantikan yang dulu pernah ngehits di zamannya, kamu pasti akan terkagum-kagum melihat bagaimana cara wanita zaman dulu berjuang untuk mendapatkan predikat cantik. Baik dulu maupun sekarang, memang cantik itu butuh perjuangan ya.. hehe

Menenun Sendiri Kain Sarungnya
Di Bandung pada masa 1920, wanita akan dianggap sudah dewasa dan cantik apabila ia bisa menenun sarung khas daerahnya. Sebenarnya tradisi ini bukan hanya bisa ditemui di Bandung saja, melainkan di daerah lain juga seperti Toraja, Bugis, dan lain-lain juga mewajibkan anak perempuannya untuk bisa menenun.

Memakai Pakaian Kerajaan untuk Menunjukkan Kelas
Dengan mengenakan beberapa atribut kerajaan, wanita-wanita ini akan dianggap semakin berada di kelas yang tinggi dibandingkan dengan wanita yang hanya mengenakan sarung saja.

Kuat dan Pandai Menari
Gambar ini diketahui ada sejak tahun 1934. Dalam gambar tersebut ditunjukkan bahwa wanita Jawa yang saat itu dikagumi karena kecantikannya adalah mereka yang bisa dan pandai menari. Terlihat bahwa wanita tersebut dengan gemulainya justru menampakkan tubuh yang berisi dan menunjukkan kekuatan, bukan wanita yang lembek.

Hanya Mengenakan Sarung Lilit untuk Menutupi Bagian Pinggang ke Bawah
Berbeda daerah, berbeda pula standar kecantikan yang dibuat oleh masyarakat setempat. Di Papua, pada tahun 1900an semua wanitanya bahkan hanya mengenakan sarung yang menutupi bagian bawah saja. Tidak ada kain penutup dada bagi mereka.

Memakai Perhiasan Mentereng
Ternyata di zaman itu, wanita di Gayo akan semakin dilirik pria saat mereka mengenakan banyak perhiasan. Nggak main-main, bahkan tangan dan leher mereka sampai tidak terlihat lagi karena tertutup oleh banyaknya perhiasan.

Memiliki Lubang Telinga yang Lebar
Di Dayak, wanita akan diberikan anting-anting yang berat dan besar. Hal ini supaya membuat wanita Dayak pada masa itu memilki lubang telinga yang besar. Bahkan semakin elastis telinga mereka dan bisa membentuk bolongan yang lebar, maka akan dianggap semakin cantik.

Menato Tubuh
Wanita-wanita Papua tempo dulu ternyata harus melewati ritual tato tubuh. Tato tersebut dibuat menggunakan alat duri sagu, tulang ikan, dan pewarna dari daun warna. Proses atau ritual ini dilakukan pada saat seorang perempuan menginjak remaja dan dewasa. Hal ini merupakan bagian dari tata rias tubuh yang ditambah dengan beberapa asesoris seperti anting, gelang, dan bunga-bunga wangi.


Itulah beberapa gambar yang menunjukkan bahwa ada standar kecantikan tersendiri bagi wanita pada zaman dulu. Sebagian bahkan terlihat ekstrim jika kita lihat dari  Nggak semudah seperti yang bisa kita terima sekarang, terlihat bahwa mendapat predikat cantik itu nggak mudah untuk diraih di masa itu. Perlu ada pengorbanan untuk mendapatkannya.

Tentunya berbeda dengan saat ini, nggak perlu pakai perhiasan yang super banyak dan tato yang menyakitkan kamu bisa tampil cantik. Segala perawatan kecantikan bahkan bisa didapatkan dengan mudah, termasuk juga pakaian.

Seperti GatsuOne がつおね yang menyediakan berbagai pilihan pakaian modern dan trendy, kini nggak perlu ribet untuk mencari outfit yang bisa bikin kamu tampil cantik dan elegan. Cukup klik www.gatsuone.com dan segala kebutuhan fashion kamu mulai dari baju, celana, sepatu, tas, dan assesoris lengkap kamu dapatkan. Kunjungi www.gatsuone.com sekarang dan follow instagram GatsuOne がつおね untuk dapatkan berbagai promo update menarik setiap harinya. Cha!

You Might Also Like

4 komentar

  1. Hai kawan sudah tau untuk kamu pecinta drama korea, saat ini ada aplikasi yang namanya MYDRAKOR bisa kamu download di GooglePlay gratis. MYDRAKOR banyak film drama korea pilihan dan film terbaru, MYDRAKOR aplikasi terbaik untuk nonton film drama korea.

    https://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main

    https://www.inflixer.com/

    BalasHapus
  2. Yang paling melegenda adalah Rahasia kecantikan Cleopatra Ratu dari mesir itu

    BalasHapus

Like us on Facebook