Filosofi Kehidupan Dari Tanaman

14.22.00

Belajar gak hanya melalui sekolah, tapi belajar juga bisa melalui tumbuhan disekeliling kita lho. Banyak pelajaran yang bisa kita ambil. Apa saja? Yuk simak!!




Pohon Bambu
Bambu merupakan tanaman yang pertumbuhannya terbilang lambat, padahal sebetulnya memiliki akar yang kuat. Selama pertumbuhannya, akar bambu terlebih dahulu tumbuh dengan pesat sehingga memiliki kekuatan yang luar biasa. Pertumbuhan bambu biasanya baru terlihat ditahun keempat, kemudian bambu akan tumbuh menjulang ke langit hingga 30 meter. Menurut klasifikasinya bambu merupakan jenis tanaman rumput.
Nah, pelajaran yang bisa kita ambil dari tanaman bambu yaitu betapa pentingnya pondasi yang kuat bagi kehidupan kita. Bambu merupakan tanaman yang unik, meskipun berlatar rumput, bambu menjadi beda karena karakternya. Seperti kita sebagai manusia, segimanapun keadaan latar belakang kita, kita tetap bisa mengekspresikan potensi diri. Dan coba kita lihat, jarang yang namanya bambu itu rubuh, sebesarnya angin menerpa, bambu tetap aja kokoh. Kalau kamu ingin sukses berwirausaha, bisa belajar dari pohon bambu. Sukses adalah perjalanan yang membutuhkan pondasi mental yang kuat,tahan banting, berani ambil resiko dan mengembangkan karakter usaha.


Pohon Beringin
Ada yang tau apa pelajaran yang bisa kita ambil dari Tanaman ini?
Sama halnya dengan slogan yang ditujukan buat abege berbadan berisi jaman sekarang
Beringin tidak tumbuh ke atas, tapi melebar, mengembang dan kembali menguntai ke bawah. Kandungan dari pohon beringin selalu bisa menjernihkan mata air disekitarnya. Beringin merupakan tanaman yang mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi lingkungan, selain itu buahnya juga menjadi makanan dari beberapa habitat. Pelajaran yang bisa kita ambil dari tanaman satu ini adalah kokoh kuat dan mengayomi. Dalam hidup kita harus bisa bersosialisasi dengan masyarakat, saling memberi dan mengayomi yang lain.


Pohon Sirih
Tumbuhan yang sudah kita kenal sejak lama, banyak sekali manfaat yang dimiliki tumbuhan satu ini. Meski hidup dengan menumpang pada tanaman lain, tapi sirih tidaklah mengambil nutrisi dari tanaman yang ditumpanginya. Pelajaran yang bisa diambil bahwa kita manusia harus hidup dengan damai ditengah keanekaragaman luar biasa yang ada dinegeri kita ini. Indonesia kaya akan berbagai macam karakter, suku, bahasa, adat dan budaya..tapi kita gak boleh lupa dengan “bhineka tunggal ika”. Pelajaran lain dari pohon sirih adalah karakter tumbuhan ini yang merambat dari bawah ke atas, sama seperti halnya kehidupan atau pekerjaan kita. Ingin sukses ya haruslah memulai sesuatu dari bawah untuk mencapai hal yang kita inginkan tanpa harus merugikan orang lain. “Not shorcut to success” gak ada jalan pintas untuk meraih sukses sejati.


Pohon Pinus
Sering kali di drama korea pinus dijadikan sebagai simbol cinta. Pohon pinus tumbuh dan kuat mengakar, berdiri kokoh, tegak, lurus dan tak bercabang. Seperti cinta yang kokoh dari dua manusia, lurus dan tidak bercabang, dalam artian tidak pernah ada orang ketiga. Daun pinus selalu hijau disetiap musim, ibarat cinta manusia yang bersemi tiada akhir. Biasanya kalau dikorea nih yang watashi tahu diperayaan hari jadi banyak yang ngasih hadiah pohon pinus kecil buat pacarnya. Uuuwww co sweet cemeeweeew *cieeee...yang jomblongenesnih


Pohon Jati
Belajarlah hidup dari pohon satu ini. Siapa yang gak tahu Jati? Pohon ini bisa tumbuh meski pada tanah tandus sekalipun dan bisa bertahan pada curah hujan yang sangat rendah. Seperti layaknya pohon jati, kita harus mampu bertahan hidup dalam situasi yang serba sulit dan serba kekurangan. Apapun yang terjadi waktu gak berhenti dalam hidup kita, Kecuali kita mati. Yang namanya hidup harus tetap dijalani seberat apapun itu beban yang kita punya, diam gak akan merubah nasib, Justru dengan kekurangan yang kita miliki kita harus bisa bermanfaat bagi orang lain seperti Pohon jati. Untuk menanam pohon jati diperlukan bibit yang baik,semakin baik semakin gagah pula Ia tumbuh. Begitupun dalam kehidupan kita perlu bibit yang baik untuk tumbuh dengan dasar yang kuat. Selain itu Jati tumbuh dengan gagah dan kuat, ternyata gak pernah sombong lho.. Jati memberikan ruang tumbuh pada tumbuhan kecil untuk berkembang pada separuh hidupnya, Ia menggugurkan daunnya dimusim kemarau. Segagah apapun kita hidup, kita harus memberi ruang berkembang juga bagi orang lain yang berada *maaf* dibawah kita (baik dari segi jabatan atau apapun itu), setiap manusia punya hak untuk memperbaiki hidupnya kan?


Pohon Kaktus
Tumbuhan berbatang hijau lunak dan berduri, biasanya tumbuh didaerah gersang dan kering. Ada Agan yang punya tumbuhan satu ini? Kaktus termasuk tanaman yang gak menyusahkan, tapi kalau gak diperhatikan ya bisa mati. Gak disiram air sebulan aja pasti kaleum, beda sama tanaman bunga yang gak disiram sehari dia layu seakan abege galau yang baru kehilangan pacar. Kaktus mengajari kita Gan “Don’t judge everything from the cover” Meski kelihatannya berduri, jahat dan gak menarik sama sekali, ternyata kaktus pada waktunya bisa menumbuhkan bunga yang indah. Waktunya sih lama, tapi intinya mengajarkan kita juga untuk belajar sabar untuk mendapatkan hal yang indah. Kaktus gak pernah nyerah dengan keadaan, Ia bisa hidup dengan sedikit air aja bahkan tumbuh di tanah kerontang kayak padang pasir. Kita juga harus gitu Gan, tegar..kuat..dan survive tanpa harus bergantung dengan orang lain.


Pohon Jagung
Mungkin dari kamu udah banyak yang tahu filosofi dari tumbuhan satu ini. Jagung tumbuh dari bibit yang ditanam dan ditutup tanah, Ia harus menanggung beban tanah yang menimbunnya untuk tumbuh dan bisa menghasilkan. Layaknya manusia yang harus optimis meski dengan berbagai cobaan hidup tapi tetap yakin hingga bisa menghasilkan sesuatu yang menguntungkan, entah untuk kita sendiri atau untuk orang lain. Ketika jagung tumbuh ia harus disiram dan dipupuk. Kita juga harus seperti itu, setelah berhasil dan sukses jangan lupa untuk menyirami hidup kita dengan norma-norma agama dan ayat-ayat suci supaya kehidupan kita selalu baik. Pupuk mungkin berbau tidak enak, tapi pupuk bisa sangat menyuburkan. Dalam kehidupan kita pasti akan bertemu dengan manusia yang gak menyenangkan dan mengkritik, tapi sebenarnya itu adalah motivasi kita untuk menjadi orang yang lebih berhasil.

Pohon Kelapa
Pohon kelapa kita kenal sebagai Lambang Pramuka. Saat kelapa tumbuh tinggi dan dewasa, Ia mampu mengurangi teriknya sinar matahari bahkan memiliki semilir angin yang sejuk banget. Paling enak kalau holiday ke pantai duduk dibawah pohon kelapa sambil memandang lautan membentang. Nah ketika seorang anak tumbuh dewasa ia harus bisa memberikan rasa nyaman dan kebahagiaan bagi orang-orang disekitarnya. Dan kebanyakan pohon kelapa yang berdampingan sering dibuat ayunan yang akan mengikat kedua pohon, seperti dua manusia yang berdekatan, ketika mereka diikat dengan tali pernikahan akan menimbulkan kebahagiaan.
Pohon satu ini punya banyak manfaat. Mulai dari ujung daun sampai ujung akar. Daunnya yang rindang bisa digunakan untuk membuat ketupat, tulang daunnya bisa dijadikan lidi, daun yang muda bisa dijadikan janur pernikahan,buahnya bisa dijadikan minuman dan makanan, kulit (batoknya) bisa dijadikan peralatan rumah tangga, dan serabut yang biasanya buat cuci piring ibu-ibu nih. Pokoknya masih banyak manfaat lainnya.
Ada juga nih gan cerita jaman dulu yang menggunakan serabut kelapa untuk ganjalan anak sunatan.
Begini nih penampakannya..................
Pelajaran lain dari kelapa jangan pernah memandang diri kita nggak sempurna, syukuri apa yang udah Tuhan ciptakan untuk kita. Kita harus punya karakter yang kuat seperti kelapa yang tetap kokoh ditengah terpaan angin, Ramah seperti daun kelapa yang gerakannya seperti lambaian persahabatan dan kaya akan manfaat.

Padi
“Semakin berisi semakin merunduk” itu lah filosofi dari tanaman Padi. (bukan padi band loh yaaa...)
Padi yang semakin berisi beras akan semakin berat. Yang harus kita pelajari adalah jika kita semakin tua (semakin kaya ilmu) kita harus semakin merunduk (rendah hati dan tidak sombong), Banyak diantara manusia yang lupa dengan filosofi ini, semua telah diperbudak oleh keinginan yang mengesampingkan kapasitas kita sebagai manusia. Ingat, manusia berada dimana masa yang nggak bisa dimengerti, ketika bayi kita hanya tahu makan dan menangis, gak tahu apa tujuan kita kedepannya. Seperti padi yang baru ditanam, gak pernah tahu akan mati atau bisa tumbuh. Semua kembali ke diri kita masing-masing, punya pengalaman dan ilmu banyak itu boleh, punya jabatan dan kehidupan yang layak itu penting, tapi haruskah semua menjadi arogan dan sombong? Bersikaplah seperti padi, merendah bukan berarti hina. Kita akan tetap berkualitas tanpa mengedepankan kesombongan.


Nah, itu dia Filosofi yang GatsuOne sebarkan untuk kamu. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan kamu semangat dalam menjalani hidup ya


You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook