12 Hal Yang Bikin Kamu Nostalgia Puasa Masa Kecil

15.01.00

Ada yang udah gak sabar untuk berbuka di hari pertama puasa? Pasti ada juga yang nggak sabar pengen cepet-cepet lebaran dan liburan. Buat si jomblo sih lebaran jadi momok menyeramkan yang bikin kebayang pertanyaan-pertanyaan yang selalu sama tiap tahunnya. Jaman sekarang sih euphorianya udah beda, nggak seseru jaman kita kecil. Masa-masa kecil saat kita pertama belajar puasa jadi kenangan tersendiri. Siapa yang dulu kalau puasa maunya dikasih imbalan?
Ada banyak yang dirindukan saat berpuasa di waktu kecil. Yuk kita nostalgia dulu!

Pura-Pura Tidur Kalau Dibangunin Sahur
Pasti banyak nih oneesan yang ngelakuin. Saat kecil rasanya males banget bangun buat sahur. Makan sambil merem dan akhirnya ketiduran di meja makan. Kalau nggak sahur, bisa jadi alesan kuat deh buat puasa setengah hari atau bahkan nggak puasa. Kalo dipikir-pikir anak kecil cerdik juga ya pemikirannya.

 
Tapi Marah Kalau Nggak Dibangunin
Ada yang suka pura-pura tidur kalau dibangunin sahur, tapi ada juga yang marah kalau nggak dibangunin. Namanya orang tua kadang suka kasihan liat anak kecilnya lagi pules tidur, secara puasa memang belum wajib kalau buat mereka, jadi kadang para orang tua suka nggak tega buat ngebangunin. Alhasil si anak marah-marah deh besoknya gara-gara nggak dibangunin.

 
Jadi Puasanya Setengah Hari
Saat kecil kebanyakan dari kita pernah ngalamin yang namanya puasa setengah hari, ya namanya juga masih belajar. Waktu berbuka biasanya nggak saat adzan magrib tapi adzan dzuhur. Nah lucunya, ada juga yang lanjut puasa setelah makan di adzan dzuhur. Anak kecil emang fisiknya lebih lemah dibanding orang dewasa. Makanya anak kecil dikasih toleransi untuk berbuka lebih cepat.
Ada yang udah dewasa masih kayak gini?

 
Tarawih
Tarawih adalah hal yang paling nyenengin, kenapa? Bukan karena mau solat tarawihnya tapi ketemu temen-temen dan main tentunya. Ketawa-tawa sambil senggol-senggolan badan. Meskipun sering dimarahi oleh jamaah yang lebih tua karena kita berisik, tapi kita nggak peduli dengan hal itu. Yaah, namanya juga masih kecil. Kalau sekarang, mungkin udah mulai berlomba-lomba jadi shaf terdepan ya? Semogaaa…

 
Agenda Ramadhan
Ada yang masih inget hebohnya minta tanda tangan penceramah setelah tarawih? Bulan ramadhan biasanya kita akrab sama agenda Ramadhan. Biasanya di dalam agenda kita harus mencatat aktivitas ibadah kita sehari-hari selama sebulan penuh. Selain itu ada juga lembaran ceramah, ditempat itu kita harus nulis kesimpulan dari ceramah saat sholat tarawih, plus minta tanda tangan dari penceramah atau imamnya. Untuk cepet-cepet dapetin tanda tangannya, banyak anak-anak yang udah beresin alat sholatnya dan nggak sholat witir biar bisa paling pertama agendanya ditandatangani. Lucunya, ada diantara kita yang mungkin kecilnya bandel banget. Kadang masih bolong-bolong sholatnya, tapi diisi semua. Bahkan ada yang suka palsuin tandatangan orangtuanya.
Senyum-senyum tuh yang ngerasa..

Pesantren Kilat
Ini nih yang bikin anak-anak seneng ke sekolah, karena kalau lagi pesantren kilat pasti nggak belajar. Biasanya sih pesantren kilat itu berlangsung paling lama satu minggu. Kegiatannya seperti solat dan ngaji bareng, cerita-cerita tentang nabi atau kisah Islami lainnya. Yang dengerin sih dengerin, yang ngobrol ya ngobrol, ya namanya juga anak-anak...

 
Dapat Hadiah Kalau Puasanya Full
Waktu kecil kita berlomba-lomba buat nggak bolong puasa karena diiming-imingi imbalan kalau puasanya full. Hadiahnya semisal uang, sepeda, boneka, mainan dan yang lainnya. Wajar aja sih belajar puasa masih dengan alasan supaya dikasih hadiah, asal jangan sampai dewasa kayak gitu aja ya onesaan, hehehehe.

Main Sepuasnya
Anak kecil sih kegiatan pas puasa pasti main sepuasnya dari siang terus pulang-pulang udah sore tinggal nunggu bedug maghrib aja sambil liatin ibunya bikin es buah. Tapi kadang suka bingung juga, kenapa ya kayaknya anak kecil itu nggak ada capek-capeknya dan nggak habis energi di tubuhnya. Walaupun udah main lari-larian di lapangan sama anak kecil yang lain, tetap aja kuat berjam-jam tanpa minum dan makan. Tapi abis itu tepar deh kayak gini nih...

Tepar Kalau Udah Jam 5 Sore
Jam 5 sore memang jam-jam sangat kritis buat yang lagi puasa, terutama anak-anak. Kalau orang dewasa sih masih bisa menutupi rasa lapar dan dahaganya, anak-anak belum tentu. Di jam 5 sore itu adalah waktunya anak-anak tiduran di kasur sambil ngeliatin jam. Ada yang guling-gulingan, ada juga yang diem aja sambil pasang muka lemeeees banget. Kamu pernah nggak kayak gitu?

Curi-Curi Minum Pas Wudhu
Hayoooo kamu pernah kayak gini nggak? Kalau mau sholat zuhur dan ashar biasanya tenggorokan lagi kering-keringnya tuh. Jadi pas kumur-kumur sekalian deh minum setetes dua tetes, abis itu seger lagi deh. Kalau sekarang mah jangan kayak gitu ya, masa udah gede masih nggak kuat sih puasanya.

Pura-Pura Puasa
Di rumah sama orang tua sih bilangnya puasa, eh pas di luar rumah malah jajan es di warung, makan chiki sama coklat. Terus pas pulang ke rumah akting kayak nggak terjadi apa-apa dan masih puasa. Halah...dasar anak-anak.

Tidur Seharian
Biar puasanya nggak kerasa biasanya orang tua nyaranin buat tidur aja terus nanti pas bangun-bangun udah mau maghrib. Hidup anak kecil emang nikmat banget sih, tidur 5 jam dari siang sampe sore terus pas bangun udah adzan maghrib. Surga dunia... Tapi walaupun tidurnya orang puasa itu juga ibadah, jangan kebanyakan tidur ya, mending lakuin yang lebih  bermanfaat dan berpahala, kan kamu udah dewasa.

Itulah hal-hal yang mungkin dulu pernah kamu lakuin di bulan puasa ketika masih kecil. Namanya juga anak kecil ya jadi belum bisa sempurna puasanya. Untuk menyempurnakan penampilanmu bulan ramadhan ini dapatkan fashion items terbaik hanya di www.gatsuone.com atau donwload aplikasinya di Play Store dan App Store.

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook