Makanan Khas Lebaran di Indonesia

14.38.00


Hi Oneesan, nggak terasa udah puasa hari ke-16 nih, berarti tinggal 2 minggu lagi umat Muslim menjalankan ibadah puasa. Pasti seneng ya udah mendekati hari raya lebaran, tapi sedih juga sebentar lagi  meninggalkan bulan penuh berkah. Setelah sebulan penuh berpuasa pasti menyambut hari lebaran dengan makanan yang melimpah. Mulai dari kue-kue kering sampai makanan khas lebaran, dari yang manis sampai yang asin-asin pasti disajikan di meja makan. Mungkin makanan-makanan berikut ini yang selalu ada di meja makanmu saat hari raya lebaran tiba...

Ketupat
Bukan lebaran namanya kalau nggak ada ketupat. Kayaknya hampir 99% setiap rumah penduduk Indonesia yang merayakan lebaran pasti menyajikan ketupat sebagai hidangan utamanya. Kalau yang tinggalnya di desa sih biasanya bikin sendiri kulit ketupatnya karena mungkin masih banyak pohon kelapa di kampung halaman. Kalau di kota khususnya Jakarta rasanya agak susah nih untuk metik langsung daun kelapanya, jadi paling harus beli deh. Ada yang jual daun kelapa yang belum dirangkai, ada juga yang udah berbentuk ketupat. Bahkan kalau yang nggak sempet bikin bisa langsung aja pesen ke penjual ketupat matang. Tapi kamu tahu nggak sih Oneesan, sebenarnya ketupat itu bukan hanya ada di Indonesia aja loh. Ketupat adalah makanan khas Asia Tenggara Maritim yang ternyata ada juga di Malaysia, Singapura. Filipina dan Brunei Darussalam. Dan mungkin banyak dari kamu yang nggak tau nih filosofi di balik sebuah ketupat. Jadi bentuk kulitnya yang rumit dan saling tumpang tindih itu dianggap mencerminkan perjalanan hidup yang dipenuhi lika liku kehidupan. Dan tali kulit ketupat yang nggak terputus menggambarkan pentingnya menjaga silaturahmi dengan sesama umat manusia.

Opor Ayam
Ini nih pasangan yang nggak bisa dipisahkan dari ketupat, yaitu opor ayam. Makanan berkuah santan ini emang kayaknya jadi menu andalan untuk dihidangkan dalam acara open house lebaran. Daging ayam direbus dengan santan dan rempah-rempah ini pun ada yang berkuah kuning ataupun putih, tergantung sama selera keluarga. Katanya sih opor ayam asalnya dari Pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timus. Tapi walaupun begitu kayaknya opor ayam udah jadi makanan yang umumnya ada di berbagai daerah dari Sabang sampai Merauke. Nggak cuma daging ayam, terkadang opor ayam disajikan bersama telur, tahu dan tempe. Pastinya nikmat banget nih!

Rendang
Kalau ngomongin makanan khas Indonesia yang mendunia sih kayaknya jawabannya adalah rendang. Makanan khas daerah Sumatra Barat alias Padang ini dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia pada tahun 2011 lalu oleh CNN International. Masakan yang terbuat dari potongan daging sapi yang dibumbui dengan santan kental dan kaya kandungan rempahnya ini memang jadi favorit banyak masyarakat. Kalau untuk khas Sumatra Barat sih biasanya dibuat dengan rasa pedas, tapi bisa juga dibuat tanpa rasa pedas dan tetep enak. Dan hebatnya lagi ada loh rendang yang bisa tahan sampe berminggu-minggu! Jadi nggak perlu takut nggak tahan lama ya Oneesan, dijamin tetep enak kok.

Sambal Goreng Kentang – Ati
Sebagai pelengkap hidangan lebaran, nggak pernah ketinggalan dong yang namanya sambal goreng kentang – ati. Makanan yang terbuat dari kentang yang dipotong berbentuk dadu yang dicampur dengan potongan ati sapi ini memang enak banget. Buat yang suka sih biasanya ditambah sama potongan petai. Cita rasa dan tampilan sambal goreng kentang – ati ini pastinya menggugah selera banget. Eh Oneesan, hati-hati ngiler! Hahahaha.

Semur Daging
Ini juga salah satu makanan olahan dari daging sapi yang nggak kalah enak. Potongan daging sapi dimasak dengan kuah kecap hingga menyusut. Yang bikin nikmat pastinya bumbu rempah yang dihaluskan. Walaupun ini adalah makanan khas Indonesia, ternyata semur itu berasal dari bahasa Belanda yaitu “smoor” yang berarti masakan yang telah direbus dengan tomat dan bawang secara perlahan. Selain itu, “smoor” juga berarti teknik masak dengan cara merebus lama dengan api kecil hingga daging empuk.

Makanan-makanan di atas biasanya jadi hidangan wajib kalau lagi lebaran. Tapi tenyata ada efek kurang baik juga nih Oneesan kalau kamu makan terlalu berlebihan. Ada penyakit yang bisa dateng nih kayak misalnya masalah pencernaan sampe kolesterol. Jadi makan secukupnya aja ya Oneesan, supaya kamu tetap sehat dan bisa menikmati hari lebaran bersama keluarga. Supaya hari lebaran kamu makin bercahaya yuk pakai koleksi GatsuOne. Cek koleksi lengkapnya hanya di www.gatsuone.com dan follow Instagramnya @gatsuone. Selamat berbelanja!

You Might Also Like

2 komentar

  1. Jenis Sabung Ayam di Agen BOLAVITA ada 3 jenis;
    • Sabung Ayam S128 dengan minimal betting Rp 20.000
    • Sabung Ayam SV388 dengan minimal betting Rp 10.000
    • Kungfu Chicken dengan minimal betting Rp 15.000

    Dengan minimal Deposit Rp 50.000 saja sudah bisa mainkan permainan Sabung Ayam ini.

    So tunggu apalagi? Daftar sekarang , main dan raihlah bonusnya sekarang juga!!

    Daftar sekarang juga di www.bolavita.vip !!!!

    Baca juga = Cara Daftar Sabung Ayam di BOLAVITA

    Untuk info selanjutnya, bisa hubungi kami VIA:
    BBM : BOLAVITA / D8C363CA
    Whatsapp : +62812-2222-995
    Livechat 24 Jam

    BalasHapus

Like us on Facebook