15 Makanan Asia Yang Nikmat Banget Dimakan Saat Hujan

12.50.00




Jakarta dan sekitarnya lagi turun hujan nih. Kalau lagi hujan-hujan gini tuh pasti bawaannya laper mulu deh. Tapi karena sekarang lagi bulan puasa ya harus menahan lapar dan dahaga sampai adzan maghrib tiba. Ya walaupun lagi puasa gapapa kali ya ngomongin makanan siang-siang gini, masa cuma liat gambar aja bisa kegoda sih, kalo sampe iya sih kamu payah banget. Ini dia nih 15 makanan Asia yang nikmat banget dimakan saat hujan turun. Siapin hati dan mental ya, awas ngilerrrrrrrr! 

Mie Instan
Ini nih yang murah tapi rasanya dewa banget! Tinggal ambil di lemari dapur terus direbus pake telur, bakso, ayam, kornet, keju atau toppin apapun sesuai selera kamu. hanya dengan waktu lima menit makanan super lezat pun akan terhidang dihadapan kamu. Makin nikmat lagi kalau dikasih irisan cabe rawit dan taburan bawang merah goreng. Yakin bisa nolak ini pas hujan? 

Mie Ayam
Hampir sama kayak mie instan, mie ayam juga enak banget dimakan pas lagi hujan. Makin lengkap kalau ditambah bakso, pangsit rebus sama pangsit goreng. Mie ayam berasal dari Cina, tapi meskipun bukan asli Indonesia sepertinya mie ayam sangat melekat di hati para penikmat mie seakan-akan udah jadi masakan tradisional Indonesia. Ada rekomendasi mie ayam langganan?

Bakso
Bola-bola daging yang disantap dengan kuah kaldu berbumbu ini juara deh! Di Indonesia sendiri banyak banget jenis olahan bakso. Ada bakso solo, bakso cuanki, bakso malang dan masih banyak lagi. Kalau bakso solo sih yang paling umum dengan topping bihun/sohun, mie dan sayuran. Baksonya pun ada yang berisi daging cincang, urat dan telur. Kalau bakso cuanki dan bakso malang hampir mirip, karena ada campuran tahu, siomay dan pangsit. Zzzzzuppeeeerrrrr yummmmm! 

Soto
Kalau yang nggak suka bakso biasanya beralih ke soto. Soto juga banyak jenisnya karena tiap daerah punya ciri khas masing-masing. Tapi secara umum biasanya dibagi jadi soto mie, soto ayam dan soto daging sapi. Ini sih emang seger  banget kalau dimakan pas hujan-hujan. Apalagi dimakannya pake emping atau kerupuk yang crunchy banget. Mantap! 

Ramen
Kalau ini sih bisa dibilang mie ayam tapi asal Jepaang dan Korea. Walaupun isinya nggak selalu ayam tapi ya mirip-mirip lah tampilannya. Ramen sih biasanya berisi daging atau seafood. Kalau kamu suka dengan rasa pedas coba deh ramen korea yang biasanya dikasih bumbu gochujang yaitu bumbu pedas ala korea. Delicious!

Udon
Berbeda dengan ramen, kalau udon bentuk mienya lebih tebal dan besar-besar hampir mirip seperti bentuk spageti. Udon biasanya disajikan dengan telur, daging dan tempura. Dan ternyata udon nggak hanya ada yang disajikan hangat tapi juga dingin.

Shirataki
Sama seperti ramen dan udon. shirataki masih sejenis mie yang berasal dari Jepang. Tapi shirataki terbuat dari agar-agar. Teksur makanan ini hampir mirip dengan sohun yang ada di Indonesia. Dimakan anget-anget enak nih.

Soba
Ada lagi nih mie khas Jepang yang beda. Soba terbuat dari gandum hitam yang dibentuk tipis-tipis. Soba bisa dimakan dalam keadaan panas ataupun dingin. Kalau dimakan pas panas-panas sih dikasih kuah kaldu yang lezat. 

Shabu Shabu
Asal usul shabu shabu sebenarnya dari Cina yang kemudian berkembang ke negeri sakura. Berisi irisan daging sapi, ayam, domba, gurita dan ikan kakap. Semua bahan di atas kemudian dimakann dengan menggunakan saus yang mengandung wijen. Pasti udah kenal dong sama makanan ini?

Sukiyaki
Sukiyaki merupakan makanan asal Jepang yang berisi berbagai macam bahan seperti sayuran dan daging. Suki dimasak di panci dengan ukuran besar yang ditaruh di tengah meja makan. Ini hampir mirip dengan shabu shabu, perbedaannya terdapat pada kuahnya yang berbumbu. 

Steamboat
Makanan khas negeri tirai bambu ini hampir mirip sama dua makanan di atas. Bahan-bahannya pun hampir sama dan lagi-lagi perbedaannya ada pada bumbu kuahnya. Kuah steamboat dibuat dari kaldu ayam dan telur. 

Budae Jjigae
Hampir sama dengan shabu shabu, sukiyaki dan steamboat, ini adalah masakan sejenis sup yang berasal dari korea yang berisi daging, sayuran, telur dan ditambah dengan mie. Ada juga yang menambahkan kimchi, makaroni, keju ke dalamnya. Mau coba? 

Tom Yam
Kalau budae jjigae berasal dari Korea, tom yam adalah makanan sejenis sup yang berasal dari Thailand. Makanan ini biasanya dibuat dengan udang, ayam, ikan atau campuran seafood. Kalau Agan sukanya yang mana?


Haejangguk
Masakan ini juga berasal dari negeri gingseng tapi biasanya dimakan untuk menyadarkan kembali orang yang sudah mabuk. Cara memasaknya berbeda-beda di tiap daerah namun yang paling standar biasanya dibuat dengan tulang sapi, kol cina, kecambah dan telur. Ada juga yang menambahkan cumi-cumi dan dimasak dengan kuah kaldu khas Korea. 

Sundubu Jjjigae
Sundubu jjigae adalah makanan asal Korea yang bahan utamanya adalah tofu atau tahu. Bahan utama itu dimasak dengan kerang, jamur dan telur dengan kuah yang dibumbui kecap asin. Biasanya sih yang suka makan ini itu orang tua tau lanjut usia, soalnya kan bahannya tahu jadi ya lebih mudah dicerna sama yang mungkin giginya udah jarang-jarang hehehehe.

Itu dia 15 makanan Asia yang nikmat banget dimakan pas lagi hujan dan pastinya bikin kamu ngiler! Buat yang nggak puasa silahkan langsung hunting buat makan siang, tapi buat kamu yang puasa sih sabar dulu ya tunggu sampe bedug maghrib baru deh cari-cari makanan di atas. Semoga bisa jadi pilihan menu makanan setelah tarawih ya Oneesan. Sambil nunggu bedug maghrib yuk cek koleksi GatsuOne di www.gatsuone.com :)


You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook