Cara Tetap Sehat dan Bugar Ketika Berpuasa

11.01.00

Wah nggak terasa tinggal menghitung hari aja nih kita udah mau puasa. Tanda-tanda mau puasa pun udah terasa banget. Iklan sirup dan biskuit ternama udah mulai tayang di layar kaca. Timun suri juga udah banyak berjejer di warung-warung pinggir jalan. Euphoria bulan Ramadhan memang udah mulai ramai nih. Nah, sebelum Oneesan menghadapi bulan puasa, alangkah baiknya kalau kamu bisa menjalankannya dengan lancar tanpa kendala. Gimana sih caranya? Yuk disimak tips tetap sehat dan bugar ketika menjalankan ibadah puasa ala GatsuOne がつおね. 

Minum Air Hangat 
Ketika puasa kamu tentu tidak memberikan asupan ke dalam tubuhmu sekitar 14 jam lamanya. Saat berbuka sebaiknya minum air hangat sedikitnya 4 gelas. Kenapa? Karena kalau kamu langsung meminum minuman yang dingin tentu akan berefek pada lambungmu. Menurut pernyataan dokter, apabila langsung diisi dengan air dingin, itu akan membuat lambung kaget dan menyebabkan konstraksi pada lambung. Sehingga sangat disarankan untuk meminum air yang hangat untuk menetralisir lambung, 10 – 15 menit kemudian baru deh boleh minum air dingin. Selain saat berbuka puasa, sahur pun disarankan untuk menjalankan cara ini.

Perbanyak Makan Buah-Buahan
Buah memang salah satu sumber vitamin bagi manusia. Selain itu, buah-buahan adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan gizi dan mineral yang pada umumnya sangat baik untuk dikonsumsi. Ketika berbuka puasa, sebelum menyantap hidangan utama dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan agar tubuh kembali bertenaga karena buah berfungsi sebagai pengganti gula. Buah-buahan yang disarankan untuk disantap ketika berbuka dan sahur adalah kurma, blewah, pepaya, apel, mangga, stroberi, jeruk dan belimbing. 

Konsumsi Madu 
Selain buah-buahan, saat berbuka puasa dan sahur juga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi madu. Fungsi madu sendiri adalah sebagai suplemen agar kamu tetap bugar dan fit saat berkativitas ketika berpuasa. Konsumsilah 1 – 2 sendok makan madu ketika sahur dan berbuka secara teratur maka kamu akan memperoleh kekebalan tubuh yang maksimal dalam menjalankan ibadah puasa. 

Makan Nasi Secukupnya
Saat berbuka dan sahur memang terkadang kita ingin makan sekenyang-kenyangnya dengan nasi yang sangat banyak. Namun ketika menjalankan ibadah puasa ternyata tidak dianjurkan untuk mengonsumsi nasi yang terlalu banyak, terlebih yang memiliki problem dalam urusan berat badan. Ambilah nasi secukupnya saja namun perbanyak sayuran yang mengandung serat yang tinggi. 

Jangan Makan Gorengan 
Gorengan biasa dipilih sebagai makanan pembuka ketika berpuasa namun ternyata makanan yang enak disantap ketika masih hangat ini kurang baik dikonsumsi untuk sahur dan berbuka. Kenapa ya kira-kira? Karena gorengan mengandung lemak yang sangat tinggi dan tentu nggak bagus banget untuk ada di dalam tubuh. Maka sebaiknya dikurang-kurangin deh ya Oneesan makan gorengannya. Jangan sering-sering ya!

Kurangi berbicara 
Kalau lagi berpuasa jangan terlalu membuang tenaga ya karena nanti malah kamu yang lemah, lesu, letih dan lunglai. Salah satu cara menyimpan tenaga adalah dengan kurangi intensitas berbicara yang tidak perlu. Karena selain untuk menjauhkan dari dahaga dan rasa lapar, mengurangi berbicara juga bisa menjauhkan diri dari dosa atau mengurangi pahala ibadahmu.

Itulah cara-cara agar kamu tetap sehat ketika berpuasa. Kalau kamu bosen dan bingung mau ngapain pas puasa, cek aja yuk www.gatsuone.com untuk cari koleksi pakaian lebaran dengan harga yang sangat bersaing. Atau download aplikasinya hanya di Playstore dan Appstore. Yuk belanja!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook