Sebenarnya THR Lebaran Itu Buat Apa Sih?

15.21.00



Kalau bulan puasa gini apa sih yang sebenarnya ditunggu-tunggu? Selain liburan dan ketemu keluarga saat lebaran, yang pastinya jadi penantian setiap orang yang bekerja adalah Tunjangan Hari Raya alias THR. Apa sih THR itu? Jadi THR itu adalah hak pendapatan berupa uang buat pegawai yang wajib dibayarkan pengusaha kepada pekerja menjelang Hari Raya Keagamaan. Menurut Permenaker alias Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. 6 Tahun 2016, setiap orang, perusahaan, perorangan, yayasan atau perkumpulan yang mempekerjakan orang lain dengan imbalan berupa upah atau gaji maka wajib memberikan THR. Dalam peraturan itu juga tercatat bahwa pengusaha diwajibkan untuk memberikan THR Keagamaan kepada karyawannya yang telah bekerja satu bulan atau lebih secara terus-menerus, nggak memandang apakah dia karyawan tetap, kontrak ataupun part time.
THR yang diperoleh dihitung berdasarkan masa kerja pegawai. Untuk pekerja yang telah bekerja minimal 12 bulan/1 tahun atau lebih maka berhak mendapatkan sebesar 1 bulan gaji. Sedangkan pekerja yang bekerja minimal 1 bulan tapi kurang dari 12 bulan maka perhitungannya adalah masa kerja dibagi 12 lalu dikali dengan besaran gaji 1 bulan. THR wajib diberikan kepada pekerja paling lambat tujuh hari sebelum hari raya keagamaan tiba. Tapi, sebenarnya fungsi THR itu apa sih? Ini dia 7 hal yang jadi target penghabisan uang THR:

 
Bagiin Ke Saudara
Lebaran kan waktunya ngumpul bareng keluarga, mulai dari keluarga inti sampe keluarga yang jauh banget yang sampe kita sendiri nggak kenal itu siapa. Nah kalau lagi kumpul gini pasti banyak banget tuh bocah yang pada baris minta uang jajan, nggak perlu banyak-banyak sih, biasanya mulai dari 5 ribu sampe tak terhingga suka-suka yang ngasih. Bahkan ada juga loh yang  ngasih uangnya pake dolar, kayak artis-artis itu tuh.

Baju Baru
Lebaran kayaknya nggak lengkap kalau nggak beli baju baru. Salah satu fungsi uang THR adalah buat beli baju baru yang dipakai ketika sholat ied atau pas salam-salaman sama keluarga dan juga tetangga. Dari jaman dulu tradisi beli baju baru kayaknya nggak pernah hilang sampe sekarang, terutama buat anak kecil. Banyak orang tua yang rela nggak beli  baju, yang penting anaknya punya baju baru buat lebaran. Pas bulan puasa emang model baju anak tuh kayaknya semakin banyak dan bervariasi. Mulai dari yang polos dan formal, sampe yang banyak gambar kartun atau idola yang lagi hits banget. Misalnya yang gambarnya frozen, barbie, masha and the bear sampe ada juga yang jual baju dengan gambar pemain sinetron televisi. Hmm kalau sekarang masih mau beli baju bergambar artis sinetron?

Ongkos Mudik
Ini juga salah satu alokasi terbesar dari THR yang didapet. Lebaran memang deket banget sama tradisi mudik ke kampung halaman. Walaupun sering mengalami macet-macetan di jalan, tetap aja mudik itu jadi salah satu hal yang dikangenin waktu lebaran tiba. Bahkan ada yang menganggap kalau nggak macet itu bukan mudik namanya. Tapi kalau yang mudiknya naik pesawat atau kereta sih nggak ngerasain macet-macetan ya, paling delay-nya aja tuh yang suka bikin bete. Nah budget yang dibutuhkan buat ongkos mudik itu nggak sedikit loh, makanya pengeluaran THR yang paling besar sepertinya buat ongkos pulang kampung deh.

Servis Kendaraan
Kalau mudik pake kendaraan pribadi pastinya harus mempersiapkan “kesehatan” kendaraan supaya nggak terjadi kejadian yang nggak diinginkan. Dimulai dari servis mesin, ban dan lainnya emang penting banget sih kalau mau perjalanan jauh. Dan kalau mendekati waktu libur lebaran, bengkel di mana-mana pasti rame banget. secara semua orang pengen menuju kampung halaman dengan keadaan yang selamat dan sentausa.

Reimbursement Bukber
Hal lain yang bisa jadi fungsi uang THR adalah gantiin budget buka puasa bersama yang mungkin hampir tiap hari kamu datengin. Mulai dari temen TK, SD, SMP, SMA, kuliah, kerja, semuanya pasti butuh budget yang nggak sedikit dong. Makanya uang THR juga bisa berfungsi  jadi reimbursement budget bukber yang udah kamu keluarkan.

Kue Lebaran
Lebaran nggak lengkap kalau di rumah nggak ada kue. Ya minimal nastar atau kastengel pasti ada dong di meja buat menjamu tamu. Apalagi kalau yang di rumahnya banyak anggotanya biasanya terhidang berbagai macam kue-kue khas lebaran dari daerah masing-masing. So budgetnya pasti lumayan kan, makanya THR itu dikasih ya salah satunya buat beli kue favoritmu di hari raya.

Dekorasi Rumah
Kalau lebaran kan identik sama open house ya, biasanya pada berlomba-lomba memperindah rumahnya nih. Mulai dari cat dinding sampe beli furniture baru. Selain dari tabungan pribadi, beli keperluan dekorasi rumah juga bisa dibantu sama uang THR yang kamu dapet. Jadi makin cantik deh rumahnya.

Pamer
Percaya atau nggak, nggak sedikit loh yang ngejadiin kegiatan pulang kampung sebagai ajang pamer. Makanya pas bulan puasa tuh pada berlomba-lomba beli gadget baru, kendaraan baru, perhiasan, dan masih banyak lagi deh. Padahal maksud dari hari raya adalah hati yang suci dan baru, bukan mobil atau handphone baru. Ya kadang uang THR habisnya buat hal-hal di atas.

Itulah fungsi uang THR yang kamu dapet Oneesan. Nggak ada salahnya kok kamu menghabiskan uang THR yang kamu dapet buat hal-hal di atas, semua itu memang hak kamu asal jangan terlalu memaksakan ya. Kalau cuma beli baju baru sih sekarang udah gampang banget. Yuk cek koleksi fashion GatsuOne di www.gatsuone.com dan download aplikasinya di Play Store atau App Store dari smartphone kamu. Tunggu apalagi Oneesan? Yuk tampil fashionable di hari raya hanya dengan fashion item dari GatsuOne! :)

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook