Mengenal Shogatsu, Perayaan Tahun Baru di Jepang

14.11.00

Setiap negara pasti memiliki kebiasaan yang berbeda dalam menyambut dan merayakan awal tahun baru, termasuk orang Jepang. Di Jepang, perayaan tahun baru ini dikenal dengan nama Shogatsu. Dalam perayaan ini biasanya mereka akan berkumpul dengan keluarga besar mereka di kampung halaman dan menghabiskan waktu bersama selama liburan tahun baru.

Nah kali ini GatsuOne がつおね akan memperkenalkan arti Shogatsu untuk Oneesan!

Terpengaruh dari kepercayaan Shinto
Shinto adalah kepercayaan masyarakat asli Jepang yang bermula dari sejarah kuno dan mitos-mitos pada masyarakat Jepang. Kepercayaan ini menganut paham animisme, yang berarti mereka mempercayai bahwa kekuatan spritual ada di seluruh alam. Sebagai agama asli bagi bangsa Jepang, Shinto telah banyak memberikan banyak pengaruh dalam kehidupan dan kebudayaan Jepang, dan salah satunya adalah perayaan Shogatsu.

Menjadi agenda tahunan yang sangat penting
Shogatsu adalah perayaan tahun baru di Jepang yang menjadi agenda tahunan terpenting. Perayaan ini tidak hanya sehari, tetapi dirayakan selama tiga bahkan sampai tujuh hari pertama pada bulan Januari. Karena dianggap sebuah perayaan yang sangat penting, semua kantor pemerintah, sekolah, dan sebagian besar urusan bisnis diharuskan tutup bahkan bisa sampai satu atau dua minggu.

Makna permulaan yang baru
Bagi masyarakat Jepang, Shogatsu bermakna sebagai semangat baru di permulaan yang baru. Hal ini juga memberi pengertian bahwa tenaga yang sudah terkuras selama satu tahun lalu akan segar kembali di awal tahun baru. Semua orang berdoa dan berharap semoga dapat hidup dengan kedamaian dan dilimpahi kebaikan di tahun yang akan datang.

Persiapan menjelang Shogatsu
Persiapan menjelang Shogatsu sudah mulai dilakukan dari tanggal 13 Desember. Dalam persiapannya, terdapat beberapa kegiatan yang perlu dilakukan seperti Oosouji dan Mochitsuki. Oosouji yaitu kegiatan pembersihan secara besar-besaran di rumah-rumah, sekolah, maupun di tempat-tempat umum lainnya. Sedangkan Mochitsuki adalah kegiatan membuat kue mochi yang dilakukan selama tiga hari menjelang Shogatsu.

Ornamen penting, Kadomatsu dan Shimenawa
Kadomatsu adalah dekorasi tradisional Shogatsu yang terbuat dari rangkaian bambu, batang pohon cemara, dan ranting pohon plum. Kadomatsu biasanya diletakan di depan serambi pintu rumah. Sementara itu Shimenawa adalah tali yang terbuat dari jerami yang digantung di depan gerbang pintu masuk.

Puncak perayaan Shogatsu
Puncak perayaan ini disebut dengan Ganjitsu. Pada hari itu biasanya orang-orang mengunjungi kuil-kuil Shinto atau Budha untuk berdoa memohon keberkahan selama setahun kedepan.

Nah itu dia beberapa fakta menarik mengenai perayaan Shogatsu di Jepang. Kalau kamu mendapatkan kesempatan untuk pergi ke Jepang, jangan sampai ketinggalan festival yang satu ini ya!
Ingin merayakan Shogatsu tahun ini bersama dengan sahabat? Pakaian yang nyaman dan ketje harus banget dipakai biar nggak kehilangan moment spesial di sana dong. Untungnya www.gatsuone.com bisa banget jadi referensi kamu dalam pilihan Japanese fashion outfit. Buka sekarang dan temukan banyak pilihan outfit menariknya ya, dan follow instagram GatsuOneがつおね untuk dapatkan promo spesial setiap harinya. Cha!

You Might Also Like

1 komentar

  1. Nonton film drama korea saat ini sangat mudah, cukup donwload aplikasi MYDRAKOR di googlePlay gratis, banyak film drama korea terbaru dan pilihan, jangan samoe ketingalan

    https://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main&hl=in

    https://www.inflixer.com/

    BalasHapus

Like us on Facebook