Sukiyaki, Pilihan Menu Terbaik saat Musim Dingin

10.00.00

Bulan Desember, bulan di penghujung tahun yang selalu saja bernuansa dingin. Bulan ini menjadi bulan yang biasanya dipenuhi dengan hujan sepanjang hari. Kalau orang Eropa menyebutnya dengan musim salju atau winter, di sini kita hanya dapat merasakan nikmatnya musim hujan. Meski tak mendapat curahan salju, hujan pun sebenarnya sudah membawa suasana dingin bagi kita. Karena suasana dingin ini, beberapa aktifitas sementara terhambat karena suasana dingin yang menyelimuti kita membuat malas untuk berbuat sesuatu.

Demi menjaga kehangatan tubuh, memakai pakaian yang tebal menjadi sebuah kebiasaan baru saat memasuki musim ini. Selain itu, mempersiapkan beberapa camilan ringan untuk disantap di depan televisi akan menjadi ide yang bagus untuk disantap di depan televisi, sambil menyeduh secangkir kopi atau coklat hangat. Tak salah lagi bulan Desember menjadi bulan yang memanjakan diri kita untuk tetap tinggal di rumah.

Diam di dalam rumah, terkadang membuat kita bingung dan kehabisan ide makanan apa yang enak disantap saat musim hujan seperti ini. Apalagi saat ada kolega jauh yang menghubungi akan datang berkunjung ke rumah, kita jadi perlu putar otak untuk membuat menu lezat supaya nggak malu-maluin. Kalau kamu bingung, kamu perlu coba, menu Jepang satu ini.

Sukiyaki (すき焼き). 
Sukiyaki merupakan salah satu hidangan Jepang yang belakangan ini menjadi favorit banyak orang. Selain enak, sukiyaki juga terbuat dari bahan-bahan yang sehat dan rendah lemak karena sedikit menggunakan minyak. Menu ini biasa hanya disajikan untuk acara-acara tertentu, seperti acara kumpul bersama keluarga.

Terdapat dua jenis sukiyaki yang biasa dibuat di Jepang, yakni sukiyaki Kansai dan sukiyaji Kanto. Perbedaan dari kedua jenis sukiyaki tersebut hanyalah pada cara memasak dagingnya. Sukiyaki Kansai dimasak dengan memanggang dagingnya terlebih dahulu baru di rebus. Sementara itu daging yang digunakan untuk memasak sukiyaki Kanto langsung direbus ke dalam panci mendidih bersama sayuran dan bumbu lain.

Untuk membuat sukiyaki ala Kansai, pertama-tama pisahkan dulu lemak sapi dan panaskan di dalam panci. Lalu masukkan irisan daging sapi yang sudah dipanggang, setelah beberapa saat masukan sayuran. Setelah mulai mendidih, tambahkan gula dan kecap asin sebagai penyedap rasa.
Sedikit berbeda dengan sukiyaki ala Kansai, sukiyaki ala Kanto langsung dimasukkan bersama sayuran ke dalam panci mendidih yang sudah dicampur dengan warishita, kecap asin, sake, gula, dan mirin.

Bahan-bahan
Untuk melengkapi masakan ini, sukiyaki yang sederhana biasa ditambah dengan bahan-bahan isian seperti berikut:
Pokchoy
Sawi putih
Tauge panjang
Batang daun bawang
Jamur enoki
Jamur Champignone
Jamur Kuping , seduh air panas
Bakso Ikan
Tahu Bakso ikan ala Jepang

Untuk bahan kuahnya, sukiyaki dapat kamu buat dengan menambahkan beberapa bahan berikut ini:
10 potong ceker ayam
600 ml air matang
2 lembar daun salam
2 cm jahe
1 batang serai geprek
1 sdt minyak wijen
1 sachet Dashi ( kaldu ikan khas jepang), bisa diganti kaldu lain
2 siung bawang putih cincang
merica
garam
Perasan air jeruk nipis
Cabai utuh jika suka pedas
Sedikit margarine untuk menumis

Cara Memasak
Setelah semua bahan tersedia, kita bisa memasak sukiyaki dengan langkah-langkah berikut ini:
Rebus air bersama dengan ceker ayam, daun salam, jahe dan serai. Saring kuah kaldu, lalu sisihkan. Tumis bawang putih hingga harum, dan tuangkan kuah kaldu yang sudah disaring tadi. Tambahkan 1 sachet dashi, minyak wijen, merica, dan garam serta cabai utuh. Aduk dan didihkan. Lalu masukkan perasan air jeruk nipis dan bumbu tom yam. Kecilkan api, masukkan bahan-bahan isian daging, jamur, dan sayuran yang mudah matang. Sajikan sukiyaki dalam keadaan panas dengan cocolan saus kecap asin dengan saos botolan dan air kaldu.

Wah, sangat mudah membuat sukiyaki seperti cara di atas. Sukiyaki juga dapat dimakan bersama dengan udon sebagai pelengkap rasa loh. Kalau di Indonesia, kamu bisa mengganti udon dengan nasi putih. Hanya perlu masukkan nasi putih ke dalam kuah sukiyaki yang telah siap saji, dan fwaaf! Jamuan makan hari ini dijamin tidak akan mengecewakanmu apalagi untuk tamu yang akan datang.


Berbagai keunikan Jepang memang menarik untuk disimak lebih dalam, termasuk dalam dunia fashionnya. Apalagi untuk tampil berbusana ala Jepang kini nggak sulit kok. Cek www.gatsuone.com dan lihat berbagai koleksi outfit bernuansa Jepang yang menarik untuk dipakai di akhir tahun ini. 

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook