Sejarah Di Balik Hari Ibu

10.00.00

Di Indonesia, tanggal 22 Desember selalu diperingati sebagai hari ibu nasional. Untuk memperingati ini tak jarang para anak dan suami memberi satu hari ini sebagai hadiah untuk bebas tugas domestik yang biasa dikerjakan oleh ibu. Berbagai hadiah dan kejutan pun dihujani pada sang ibunda di hari spesial ini.

Kasih sayang dari sang ibu memang tak bisa lepas dari setiap perjalanan hidup kita. Karena kasih ibu yang tak pernah ada habisnya ini kita jadi selalu merasa tak ada kata cukup untuk membalas segala cinta kasih yang telah diberikannya pada kita.

Hari Ibu yang biasanya diperingati sebagai ajang mengungkapkan kasih sayang pada ibu atau istri tercinta ternyata memiliki makna yang jauh mendalam. Kalau mau ditelaah lebih jauh, sebenarnya hari ibu bukan hanya sebagai peringatan untuk memberikan ucapan atau hadiah loh. Ada makna besar di balik semua itu.

Sejarah Hari Ibu di Eropa
Bagi bangsa Eropa, Mother’s Day lahir karena kebiasaan untuk memuja Dewi Rhea, yakni istri Dewa Kronus yang merupakan ibu para dewa dalam sejarah Yunani Kuno.

Sejarah Hari Ibu di Amerika
Mother’s Day yang lahir di Amerika diperingati sebagai kegiatan aktivis sosial Julia Ward Howe yang mencanangkan pentingnya perempuan untuk bersatu melawan perang saudara. Ide ini kemudian dikembangkan oleh Ann Jarvis yang menginginkan ada satu hari yang dinamakan Mother’s Work Day.

Sejarah Hari Ibu di Indonesia
Di tahun 1928 Desember, dilaksanakan Kongres Perempuan Indonesia. Kongres ini dilaksanakan untuk memajukan perempuan Indonesia. Dalam pertemuan itu, dihasilkan beberapa tombak perjuangan yakni pertentangan terhadap perkawinan anak-anak dan kawin paksa, perhatian pemerintah terhadap janda dan anak yatim, beasiswa dan sekolah bagi kaum perempuan, serta pelibatan perempuan dalam perjuangan memperoleh kemerdekaan.

Penetapan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu ditetapkan pada Kongres Wanita ke-3 yang diadakan di Bandung pada tanggal 22 Desember 1938. Penetapan tanggal ini bertujuan untuk menjaga semangat kebangkitan wanita Indonesia secara terorganisasi dan bergerak sejajar dengan kaum pria.

Jadi sebenarnya hari ibu lahir sebagai momentum perjuangan para ibu untuk memberikan kontribusi pada kemajuan sebuah bangsa. Karena itu, perlu dimengerti makna dari hari ibu secara tepat.


Dalam memperingati hari ibu tahun ini, kamu bisa memberi hadiah spesial untuk memberinya penghargaan atas kerjakerasnya mendidik dan membesarkanmu. Buka www.gatsuone.com dan temukan hadiah menarik yang dapat kamu beri untuknya :) Cha!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook