Manfaat Coklat di Musim Hujan

10.39.00

Musim dingin memang bisa bikin antibodi tubuh melemah dan menyebabkan kita menjadi mudah terserang penyakit. Mulai dari flu, batuk, dan segala macam rentetan penyakit ringan lainnya bisa dengan mudahnya masuk dalam tubuh kita. Makan makanan yang sehat dan bergizi adalah hal wajib untuk dilaksanakan demi menjaga kesehatan tubuh agar tetap prima di tengah cuaca extrem ini.

Selain makan makanan berat yang menyehatkan, kamu juga bisa menyimpan beberapa camilan atau snack sebagai alternatif kudapan di saat kamu tidak bisa keluar rumah karena terhadang cuaca yang buruk seperti saat ini. Kalau kamu bingung makanan apa yang perlu kamu simpan, satu hal yang perlu dan wajib kamu simpan adalah coklat.

Di saat cuaca dingin, dan tidak menentu seperti ini, mengonsumsi coklat adalah alternatif terbaik untuk mengisi perut. Kalau sampai saat ini kamu takut makan coklat karena mitosnya yang bisa membuat gemuk, jerawat, sakit gigi, dan kolesterol, hmm kamu perlu studi lebih jauh tentang kegunaan coklat. Karena menurut penelitian, ternyata coklat dapat meringankan beberapa penyakit lho.

Coklat dengan kandungan kakao lebih dari 70% memiliki kandungan antioksidan yaitu flanovoid dan fenol. Coklat juga mengandung beberapa vitamin yang penting untuk tubuh seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan vitamin E. Dengan kandungan itu, ternyata coklat dapat membantu meringankan beberapa penyakit berikut ini.

Meringankan Batuk
Penyakit yang paling rawan di saat musim hujan adalah flu dan batuk. Kalau kamu saat ini mengalaminya, makanlah sebatang coklat untuk meringankan flu dan batukmu. Sebuah studi dari University of Hull sebagai anggota dari International Society for the Study of Cough telah membuktikan bahwa obat yang mengandung coklat dapat menghilangkan batuk hanya dalam dua hari. Sebuah studi lain bahkan menyatakan bahwa coklat lebih efektif meringankan batuk daripada perasan lemon yang dicampur madu.  Hal ini dikarenakan kandungan theobromine yang terdapat dalam biji kakao dapat menahan aksi syaraf sensorik yang memicu batuk.

Mencegah Depresi
Pekerjaan tertunda karena mobilitas terhambat oleh hujan? Mungkin sebagian dari kita akan merasakan stres karena hal ini. Makanlah sebatang coklat untuk menenangkan suasana hatimu. Menurut penelitian, coklat dapat merangsang produksi endorphin, yakni menciptakan perasaan bahagia. Salah satu penelitian menyebutkan bahwa coklat yang meleleh di dalam mulut akan menghasilkan perasaan menyenangkan yang tahan lama. Coklat juga mengandung molekul psikoaktif yang membuat rasa nyaman. Kandungan coklat seperti caffeine, theobromine, methyl-xanthine dan phenylethylalanine dipercaya mampu memperbaiki mood dan mengurangi kelelahan.

Mengusir Malas
Musim hujan, jangan sampai membuat kita bermalas-malasan dan menunda pekerjaan! Kita harus tetap produktif dalam mengerjakan pekerjaan yang sudah diberikan pada kita. Rasa malas itu datangnya dari otak kita yang memerintahkan tubuh untuk enggan mengerjakan sesuatu. Mulailah semangatmu dengan memakan coklat, karena beberapa penelitian telah membuktikan bahwa coklat sangat baik untuk kesehatan otak. Dark Chocolate diketahui mampu meningkatkan memori otak manusia.

Dari penyakit ringan, neuro, bahkan kanker dan jantung pun bisa diringankan dengan mengonsumsi coklat. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat baik yang dibawa oleh sebatang coklat, seperti pencegah kerusakan gigi, pembersih arteri, dan lain sebagainya. 

Perlu diingat bahwa coklat yang baik adalah dark chocolate atau juga coklat dengan kadar gula yang rendah. Namun sayangnya coklat yang lebih banyak disukai dan beredar di pasaran adalah coklat yang mengandung tinggi gula, sehingga lebih banyak mendatangkan resiko kesehatan yang buruk, akibat kandungan gula yang tinggi. Jadi, sebaiknya kamu perlu lebih cermat dalam memilih coklat sebagai persediaan camilan, Oneesan.

Seperti memilih coklat untuk menjaga kesehatan, pilih outfit juga harus cermat. Pilih outfit yang nyaman dan tetap stylish meski di tengah musim hujan ini yuk. Banyak pilihan seru dan menarik di www.gatsuone.com sebagai referensi kamu memilih outfit yang keren. Ikuti juga instagram GatsuOneがつおね supaya dapat penawaran terbaik setiap harinya. Cha!

You Might Also Like

3 komentar

Like us on Facebook