4 Pekerjaan untuk Mahasiswa Tingkat Akhir

10.00.00

Menjadi mahasiswa  tingkat akhir kadang membuat kita kehilangan waktu untuk mengerjakan hal-hal yang tidak penting. Alih-alih lelah mengerjakan skripsi yang terus ditolak oleh dosen pembimbing, kamu jadi sibuk menjadi mahasiswa bimper (bimbingan-perpus) atau sibuk mencari teman senasib dan menghabiskan waktu untuk main. Padahal sebenarnya di waktu-waktu senggang sebelum lulus, kamu bisa melakukan hal-hal yang bisa menambah uang saku. Misalnya dengan bekerja freelance.

Memang sih bekerja freelance tidak menghasilkan uang sebanyak bekerja full time, dan tidak selamanya kamu harus bekerja sebagai freelancer. Akan tetapi, beberapa pekerjaan sampingan ini dapat memberi keuntungan tersendiri untukmu. Apa saja pekerjaan sampingan yang bisa kamu lakukan saat menjadi mahasiswa tingkat akhir?

Ngojek
Saat ini, semua orang dapat menjadi tukang ojek. Apapun profesi utamanya, mereka dapat mengambil waktu untuk mengojek walau hanya sebentar. Jadi kamu tak perlu malu untuk menjadi driver ojek online meski sedang menjabat sebagai mahasiswa. Banyaknya antusiasme masyarakat dalam menggunakan aplikasi ojek online ini juga membawa keuntungan yang tidak sedikit untuk para drivernya.  Kalau kamu berminat untuk menjadi driver ojek online, pastikan kalau kamu memiliki kendaraan pribadi dan handphone android. Bekerja menjadi tukang ojek selepas bimbingan dengan dosen akan menjadi tambahan pemasukan yang lumayan untuk memenuhi kebutuhan harianmu.

Fotografer
Jika kamu memiliki perlengkapan fotografi yang memadai, belajarlah untuk menjadi seorang fotografer yang profesional. Saat ini banyak kebutuhan foto untuk keperluan macam-macam acara. Baik untuk foto pernikahan, ulang tahun, wisuda, dan event-event lainnya. Jika perlengkapan fotografimu didukung dengan kemampuan memotret dan skill editing foto yang baik, cobalah untuk mulai menawarkan jasa foto pada sahabat dan teman-temanmu.

Editor / Proofreading
Kalau kamu merasa cukup andal dalam memeriksa tulisan secara teknis, cobalah untuk mendaftarkan diri pada beberapa media atau penerbit yang membutuhkan pekerja freelance sebagai proofreader. Apa yang harus kamu lakukan hanyalah mengoreksi naskah dalam penggunaan bahasa yang baik dan benar, mencari kesalahan penulisan, dan apakah sudah sesuai dengan EYD. Mahasiswa biasanya dipercaya dalam hal seperti ini karena sudah terbiasa untuk membuat laporan ilmiah dengan tata bahasa dan teknis yang rapi.

Reporter
Kalau kamu pernah mendengar istilah citizen jurnalis, kamu juga dapat bekerja seperti mereka. Mereka bukanlah orang-orang profesional yang dibayar untuk melaporkan sebuah berita. Kamu juga dapat menjadi citizen jurnalis yang memberikan laporan kejadian dimanapun kamu berada. Sekarang ini, seorang jurnalis tidak jarus bekerja full time dan tetap di satu kantor kok. Banyak media cetak dan elektronik yang membuka lowongan freelance di daerah-daerah lokal.

Penulis
Menulis adalah salah satu pekerjaan yang paling dicari oleh banyak perusahaan. Kalau kamu merasa memiliki bakat dalam menulis dan mampu mengekspresikan perasaan melalui kata-kata, kamu harus mencoba menjadi penulis lepas. Selain tidak memakan waktu dan tenaga, kamu juga dapat menyalurkan hobi. Carilah informasi di internet atau koran harian, karena biasanya perusahaan membutuhkan penulis lepas untuk menulis artikel sesuai dengan permintaan mereka.

Semua pekerjaan di atas dapat kamu lakukan untuk mengisi waktumu yang sebentar lagi menunggu kelulusan. Selain dapat menghasilkan uang tambahan, kamu juga memiliki bekal pengalaman yang bisa kamu tunjukkan pada perusahaan tempat kamu bekerja nanti setelah lulus. Jadi tak ada salahnya untuk menyibukkan diri dengan kegiatan positif seperti di atas.


Jangan bingung pakai baju apa hari ini buat ke kampus! Buka galeri GatsuOne がつおね dan temukan berbagai pilihan outfit menarik yang pasti membuatmu terlihat fashionable. Japan fashion essentials yang dibawa oleh GatsuOne がつおね akan memberimu kesan feminine dan elegan dalam setiap momen. Tersedia juga koleksi prianya lho. Yuk segera buka www.gatsuone.com dan follow akun facebook, twitter, dan instagram untuk mendapatkan penawaran terbaik setiap harinya. Cha!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook