Tetap Sehat Saat Musim Hujan Tiba

10.59.00

Kalender memang sudah mulai menunjukkan bulan-bulan berakhiran –ber, seperti September, Oktober, November dan diakhiri dengan Desember. Itu tandanya wilayah Indonesia sudah mulai didatangi musim penghujan atau rainy season. Kalau lagi musim kemarau rasanya rindu musim hujan. Tapi kalau sudah datang musim hujan kayaknya insecure kalau jemuran nggak kering-kering. Ya namanya juga manusia ya, nggak akan pernah puas. Di luar itu semua yang lebih penting dari hanya sekadar cucian yang susah mengering atau kendaraan kita yang cenderung akan kotor terus, adalah kesehatan. Itulah yang harus terus dijaga jangan sampai terganggu, apalagi kalau musim hujan. Kemungkinan tubuh khususnya kepala terkena ar hujan kan besar banget ya. Otomatis kesempatan tubuh untuk terserang penyakit pun cenderung lebih besar pula. Jadi gimana sih caranya untuk tetap fit dan sehat saat musim hujan tiba? Yuk intip tipsnya!

Selalu Mencuci Tangan
Mencuci tangan memang hal yang terlihat sederhana namun sebenarnya sangat penting bagi kesehatan, terutama ketika musim hujan datang karena bakteri dan virus akan lebih banyak dan mudah sekali untuk tersebar. Apalagi ketika kamu mau nggak mau harus berinteraksi dengan orang yang sedang kurang sehat misalnya orang-orang yang sedang terserang flu, batuk, pilek, demam dan sebagainya. So, cuci tangan adalah hal yang wajib banget dilakukan saat kamu baru masuk rumah ataupun mau mengonsumsi sesuatu. Jangan malas cuci tangan ya. Memangnya mau tertular batuk dan pilek?

Hindari Memegang Wajahmu
Kamu pernah tau nggak sih kalau virus flu selain melalui hidung dan mulut ternyata bisa masuk ke dalam tubuh melalui mata juga. Itu sebabnya kita dilarang untuk mengusap wajah dengan tangan kosong karena bisa mempermudah kesempatan virus tersebut semakin menular. Kalau sudah mulai musim penghujan, cobalah untuk mempersiapkan sapu tangan yang lembut dan bersih untuk mengusap atau mengelap wajah. Sehingga virus dan bakteri tersebut nggak langsung mengenai tanganmu, melainkan menempel di sapu tanganmu.

Jaga Diri Dari Air Kotor
Kalau kamu berada di tengah-tengah lingkungan yang selokannya penuh sampah, selokan yang tersumbat dan genangan air kotor kayaknya sering terjadi ya ketika musim hujan tiba. Dan hal-hal tersebut bisa jadi sumber berbagai penyakit seperti misalnya diare, influenza, kolera sampai infeksi kulit berjamur. So, kalau nggak mau terkena hal-hal menyeramkan itu lebih baik hindari dan jaga diri dari kontak dengan air yang kotor. Kalau memang tiba-tiba tubuhmmu terkena air kotor itu, segeralah membersihkannya dengan air bersih supaya bakteri dan virusnya bisa hilang. Kalau harus bepergian ke luar rumah sih disarankan memakai sepatu boots, karena kaki adalah wilayah utama yang rawan terkena air kotor tersebut.

NO Street Food!
Saat gerimis hujan mulai terasa, kayaknya makan bakso, soto, atau sekadar gorengan pinggir jalan rasanya nikmat banget ya. Tapi sayangnya hal itu kurang bagus untuk dilakukan. Ketika bukan musim hujan sih sah-sah aja makan makanan pinggir jalan karena bakteri dan virus cenderung jauh nggak lebih ‘sangar’ dibanding ketika musim hujan. Jadi kalau lagi musim hujan mendingan kurang-kurangin ya. Lebih sehat bikin sendiri di rumah, ya walaupun mungkin terkadang memerlukan tenaga, waktu dan materi yang jauh lebih besar dibanding membeli. Tapi tentunya terjamin kebersihannya dong. Dan yang terpenting kepuasannya juga beda kan karena hasil karya sendiri.

Bye Nyamuk!
Musim hujan biasanya akan meningkatkan populasi nyamuk lho. Kenapa? Karena ketika hujan turun akan banyak genangan air yang terbentuk, nah dari sinilah nyamuk-nyamuk bisa berkembang biak dengan mudah dan cepat. Kamu mungkin masih ingat 3M pencegahan demam berdarah, yaitu menutup, menguras dan menimbun. Hal itu dimaksudkan supaya nyamuk nggak bersarang dan berkembang biak di dalam air. Jadi kamu harus lebih teliti lagi nih terhadap tempat-tempat yang bisa menampung air supaya nggak ditempati oleh nyamuk-nyamuk nakal itu.

Minum Teh Herbal
Salah satu pencegahan atau obat dari berbagai penyakit yang datang ketika musim hujan adalah teh herbal. Teh ini bisa mencegah atau mengobati batuk, demam hingga radang tenggorokan lho. Supaya lebih maksimal, kamu bisa tambahkan dengan bahan-bahan lain yang tentunya bsa semakin menjaga kesehatanmu seperti cengkeh, jahe, kemangi dan daun mint.

Yuk perhatikan hal-hal di atas, sehingga kamu bisa tetap sehat walaupun musim hujan tiba. Apalagi soal penampilan, kamu harus tetap keren dong. Sekarang sedang berlangsung Clearance Sale 15% Off di www.gatsuone.com lho! Langsung aja kunjungi web storenya dan dapatkan fashion outfit favoritmu. Stay healthy stay catchy, Oneesan!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook