Gangguan Tidur Pada Manusia

15.28.00

Nggak akan pernah ada hal yang sempurna di dunia ini, termasuk soal tidur. Setiap orang sepanjang hidupnya pasti pernah mengalami masalah tidur. Entah itu mimpi buruk, susah tidur sampai merasakan atau melakukan hal-hal aneh ketika sedang tidur. Berikut ini adalah macam-macam gangguan tidur yang mungkin dialami oleh manusia.

Mendengkur Alias Ngorok
Mendengkur atau yang lebih akrab disapa dengan ngorok adalah kondisi ketika seseorang sedang tidur namun mengeluarkan suara yang diakibatkan karena adanya getaran di tenggorokan yang terjadi selama tidur. Ini adalah hal yang paling umum terjadi. Biasanya suara yang terdengar dari orang yang sedang mendengkur adalah suara serak, mendesis ataupun suara nafas saat tidur yang kuat dan berlebihan. Namun walaupun dianggap sebagai hal yang lumrah terjadi, mendengkur juga dianggap sebagai pertanda kalau seseorang sedang mengalami sleep apnea atau keadaan di mana kesulitan bernafas saat tidur. Kamu suka ngorok nggak nih?

Insomnia
Istilah insomnia pasti sudah sering kamu dengar. Insomnia adalah keadaan di mana seseorang merasa sulit untuk tidur. Ada beberapa gejala gangguan tidur ketika seseorang sedang mengalami insomnia, yaitu tidur sangat larut malam bahkan pagi hari, terbangun di malam hari dan nggak bisa tidur hingga pagi, merasakan kelelahan, sulit untuk konsentrasi dan aktivitas siang harinya cenderung terganggu. Ada banyak faktor yang disinyalir sebagai penyebab masalah insomnia ini, antara lain gaya hidup, kenyamanan ruangan, gangguan psikologi hingga ke masalah efek samping dari obat-obatan yang dikonsumsi. Efek terburuk dari insomnia adalah seseorang bisa nggak tidur selama lebih dari 24 jam, otomatis produktivitasnya pun jadi terganggu.

Night Terror
Dari namanya aja udah terdengar menakutkan ya, inilah yang terjadi ketika seseorang mengalami nightmare alias mimpi buruk. Night terror terjadi ketika seseorang tiba-tiba bangun di malam hari dengan keadaan histeris seperti teriak menjerit atau menangis tersedu-sedu akibat dari mimpi buruk yang menyerangnya. Jangan lupa selalu berdoa ya sebelum kamu tidur supaya dijauhkan dari mimpi buruk dan diberikan mimpi indah yang membuatmu tersenyum.

Parasomnia
Kalau yang satu ini sih biasanya lebih sering mengenai anak-anak dibanding orang dewasa. Parasomnia adalah sebuah kondisi gangguan tidur yang melibatkan aktifitas fisik, misalnya tidur sambil berjalan. Gangguan tidur ini juga biasa disebut dengan ngelindur. Faktor penyebab parasomnia adalah kurangnya waktu tidur, stres psikososial hingga peminum alkohol.

Narcolepsy
Ini adalah gangguan tidur yang mempengaruhi bagian otak yang mengatur waktu tidur dan terjaga. Hal ini bisa mengakibatkan rasa ngantuk yang sangat berlebihan di siang hari. Parahnya bisa berdampak sangat buruk seperti tertidur ketika bekerja bahkan saat menyetir. Serem juga ya. Orang yang mengalami narcolepsy akan sangat mudah tertidur secara mendadak yang kemudian sangat sulit untuk bangun kembali. Hal ini cenderung terjadi di siang hari saat beraktifitas, tapi ketika malam hari justru rasa ngantuk bisa saja tidak dirasakan sama sekali.

Itulah beberapa gangguan-gangguan tidur yang mungkin dialami oleh banyak orang. Jaga kesehatanmu ya supaya tidurmu lebih nyenyak. Bukan hanya kesehatan, penampilan pun harus selalu dijaga. Berikan penampilan terbaikmu hanya dengan fashion outfit dari GatsuOne がつおね yang hadir di www.gatsuone.com. Follow Instagram @gatsuone supaya nggak ketinggalan informasi terkini. Happy shopping!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook