Mau Punya Indeks Prestasi Bagus? Ini Triknya!

14.44.00

Hai Oneesan, denger-denger katanya mahasiswa yang lagi menempuh bangku kuliah udah mau menjalankan Ujian Tengah Semester atau yang lebih sering disebut UTS. Buat para maba alias mahasiswa baru, UTS akan jadi pengalaman baru yang berbeda dari sebelum-sebelumnya. Siapa sih yang nggak mau dapet nilai akademik yang bagus? Semua mahasiswa pasti mau dong. Ya walaupun nilai akademis nggak selamanya bisa menilai kecerdasan seseorang secara mutlak sih. Tapi sampai saat ini kayaknya Indeks Prestasi (IP/GPA) adalah hal yang pertama kali dipertimbangkan di banyak perusahaan di Indonesia, selain dari kampus mana alumni itu berasal. Berikut ini adalah trik-trik yang bisa kamu pakai untuk mendapatkan IP yang bagus. Check this out!

Don’t Be Late, Please?
Kuliah memang fase kehidupan yang berbeda kalau dibandingkan dengan masa-masa sekolah. Ketika sudah menjadi mahasiswa, kita dianggap sudah menjadi seorang yang seenggaknya memiliki kedewasaan untuk mengawasi diri sendiri. Salah satunya adalah sudah dengan baik mengatur time management dalam hidup kita. Pembuktiannya adalah dengan datang dan masuk kelas dengan tepat waktu. Memang sih terkadang dosen bersikap biasa-biasa aja kalau mahasiswanya datang terlambat, tapi nggak jarang juga ada dosen yang “menandai” mahasiswa yang sering terlambat masuk kelas. Otomatis hal ini bisa memengaruhi penilaian dan indeks prestasi kan?

Catat Ya!
Ini sih hal yang wajib banget kamu punya saat menjalani masa-masa kuliah, yaitu catatan. Memang sih ada orang-orang yang dikaruniai anugerah bisa ingat tanpa mencatat, tapi dengan mencatat kita bisa membuat memori atau ingatan kita terhadap sesuatu hal menjadi lebih kuat tersimpan di otak kita. Terserah mau bikin catatan yang seperti apa, yang penting kamu paham sama yang kamu catat. Kamu bisa membuat catatan dengan penuh warna supaya menarik dan mudah diingat. Pilihan terakhir sih kalau kamu udah bener-bener nggak ada waktu atau mood buat nyatat, boleh deh foto catatan teman supaya tersimpan di smartphone kamu. Atau bisa juga kamu fotokopi catatan temanmu untuk kamu pelajari.

Pentingnya Absensi
Kalau diperhatikan, hampir 90% dosen di Indonesia sangat mengutamakan kehadiran mahasiswanya. Siapa yang rajin masuk kuliah pasti punya tempat sendiri di hati sang dosen. Begitu pula sebaliknya, siapapun yang sering bolos kuliah dengan alasan yang nggak jelas dan sulit diterima biasanya sih nilai yang dikasih dosen juga agak-agak pelit. Ya wajar aja sih, masa iya yang rajin datang dan mengikuti kuliah nilainya sama aja sama yang sering bolos karena males kuliah. It’s not fair, right? Selagi nggak ada keperluan yang wajib dan urgent banget, mendingan jangan sampe bolos deh. Nanti kamu sendiri yang akan menyesal.

Malu Bertanya Sesat Di Ujian
Dari kecil pasti kita sering diajari untuk nggak boleh malu bertanya di saat kita kurang mengerti akan hal apapun. Itu harus selalu kamu ingat dan pegang teguh sampai kapanpun. Saat kamu kurang mengerti akan materi yang disampaikan oleh dosen, nggak ada salahnya kok bertanya. Dosen pun biasanya akan dengan senang hati menjawab pertanyaan dari anak didiknya. Atau kalau kamu memang cenderung kurang leluasa untuk berkomunikasi dengan dosen, kamu bisa minta bantuan kepada temanmu yang sudah mengerti untuk menjelaskan materi yang kurang kamu kuasai. Oiya, kalau kamu sering bertanya ke dosen (bukan pertanyaan asal-asalan lho ya) ini bisa jadi penilaian keaktifan lho. So, jangan malu bertanya ya nanti sesat di ujian, mau?

Sharing Yuk!
Masih berkaitan dengan poin di atas, tutor memang penting banget sih untuk menunjang kuliahmu. Coba sering-sering kumpul sama teman untuk membahas materi kuliah supaya bisa saling sharing apa yang dimengerti oleh satu sama lain. Atau supaya lebih mantap sih bisa minta senior kamu untuk mengajarkan hal-hal yang masih belum dimengerti sama kamu atau teman-temanmu. Selain semakin memperkaya ilmu pengetahuan kita dan bikin IP kita jadi bagus, siapa tau bisa deket sama senior yang keren dan pintar pula. Sekali dayung, dua-tiga pulau terlampaui bukan?

Gampang banget kan mengaplikasikan 5 trik di atas? Jadi nggak ada alasan untuk punya indeks prestasi yang kurang memuaskan dong. Jangan lupa juga untuk menyeimbangkan kecerdasan sosialmu selain kecerdasan akademik yang kamu miliki. Ingat, jangan sampai menyesal. Karena penyesalan selalu datang di akhir, kalau di awal namanya pendahuluan.

Ke kampus harus tampi kece dong! Inilah pilihan atasan keren-keren yang bisa kamu pakai untuk jadi trendsetter di kampus tercinta. Dapatkan produk Japan fashion essentials hanya di www.gatsuone.com dan follow Instagram @gatsuone untuk dapatkan promo menarik. Cheers!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook