Inikah Masalah Fashion Di Indonesia?

15.49.00

Hi Oneesan, selamat hari Senin. Memasuki Minggu terakhir di bulan Oktober ini ada sebuah acara keren yang digelar di Ibukota tercinta, yaitu Jakarta Fashion Week 2017. Acara yang telah digelar sebanyak 9 kali ini adalah salah satu pekan mode terbesar di Indonesia. Ini adalah ajang di mana para desainer memamerkan hasil karya terbaiknya yang merupakan representasi tren yang akan naik di tahun 2017. Nggak hanya busana aja, tapi tren rambut juga diperkenalkan dalam pagelaran ini. Rangkaian acaranya pun beragam mulai dari workshop, seminar hingga fashion show digelar bagi para pecinta mode. Selain itu, walaupun acaranya bertajuk Jakarta Fashion Week, tapi event ini juga dimeriahkan oleh bebagai organisasi dan pusat kebudayaan international lho, antara lain British Council, Council of Fashion Designers of Korea, Korea Creative Content Agency, Korean Cultural Center, Amazon Tokyo Fashion Week – Japan Fashion Week Organization dan masih banyak lagi. Hal ini menunjukkan dunia fashion bangsa ini memang nggak perlu diragukan lagi kalau dijejerkan dengan mode fashion dunia. Tapi ternyata masih ada permasalahan terkait fashion di Indonesia lho, terutama bagi Usaha Kecil dan Menengah yang bergerak di bidang fashion seperti online/offline store produk lokal yang hadir di tengah-tengah masyarakat. Apa aja sih masalahnya?

Harga Dinilai Lebih Tinggi Dibanding Produk Luar
Kamu pasti pernah menemukan kondisi di mana produk fashion lokal yang ingin kamu beli relatif lebih tinggi harganya dibanding dengan fashion luar negeri. Tapi apa kamu pernah berpikir juga kalau ada harga ada kualitas? Harga yang relatif tinggi biasa terjadi karena produk yang dibuat adalah hasil buatan tangan asli tanpa mesin. Atau bisa juga karena produk yang dibuat adalah barang limited edition alias jumlahnya terbatas, jadi harganya pun akan lebih tinggi dibanding dengan yang angka produksinya banyak. Jadi jangan ngeluh lagi kalau harga produk lokal yang kamu suka dibandrol dengan harga di atas rata-rata, saat itulah kita mengapresiasi hasil karya anak bangsa, bukan hanya sekadar membeli sehelai baju atau sepasang sepatu.

Produk Kurang Berkualitas?
Masa sih produk hasil karya anak bangsa kurang berkualitas? Mungkin kamu yang udah terlalu terlena sama produk buatan luar atau otak kamu yang udah punya mindset kalau produk fashion buatan luar punya kualitas lebih baik daripada produk buatan lokal. Jangan pernah salah sama hal ini ya. Kamu harus tahu dan yakin kalau fashion items hasil buatan desainer lokal juga nggak kalah berkualitas dari buatan orang asing. Padahal di beberapa negara, fashion made in Indonesia dinilai memiliki kualitas terbaik lho. Orang asing aja nyarinya yang made in Indonesia, kok kamu malah nggak suka?

Pride
Nah, ini juga salah satu fenomena yang sering banget terjadi di kalangan masyarakat. Kenapa banyak orang lebih nyaman dan bangga pakai produk buatan luar? Sebenarnya bukan kualitas produk yang mereka utamakan, melainkan pride alias kebanggaan. Kamu pasti bingung kan kenapa banyak sosialita yang rela merogoh kocek sampai puluhan hingga ratusan juta rupiah hanya untuk satu unit tas. Jawabannya adalah pride. Merk yang sudah mendunia dinilai memiliki jaminan menentukan ada di ‘kelas’ mana mereka berada. Sedangkan produk lokal yang mungkin harganya paling mahal pun belum tentu sampai di nilai belasan juta rupiah. Itulah yang katanya lebih diutamakan sama mereka yang rela beli produk ratusan juta rupiah sampai sekian unit. Tapi kamu nggak perlu sedih atau malu kalau kamu nggak sanggup beli produk-produk itu. Produk buatan Indonesia juga nggak kalah membanggakan kok. Setuju dong?!

Itulah tiga masalah yang sampai saat ini masih sering jadi perbincangan banyak orang. Kalau menurut penilaian kamu produk fashion lokal saat ini gimana sih? Sharing yuk!

Walaupun cinta produk lokal itu harus, bukan berarti kamu nggak terbuka sama style fashion dari luar dong. Apalagi kalau produknya punya kualitas bagus, harga bersaing dan yang pasti kamu bakal suka deh! Yuk kunjungi www.gatsuone.com atau download aplikasi GatsuOne di Play Store dan App Store sekarang, dan dapatkan produk fashion favoritmu dengan mudah dan aman tentunya. Selamat berbelanja!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook