How To Be A Great Leader

15.37.00

Sekarang ini Ibukota kita tercinta lagi ramai membicarakan pemilihan pemimpin yang baru (atau tetap yang lama). Negara Amerika Serikat juga nggak kalah drama dengan calon pemimpin barunya. Memang orang dapat dengan mudah mengatakan bahwa jiwa kepemimpinan jelas ada di dalam diri mereka. Di sisi lain, banyak pula orang yang merasa bahwa nggak ada jiwa pemimpin dalam diri mereka. Pada dasarnya jiwa kepemimpinan pasti selalu ada dalam diri seseorang, namun kadarnya yang berbeda-beda. Ada yang mampu memimpin banyak orang tapi nggak sedikit juga yang hanya bisa memimpin dirinya sendiri. But that’s also a kind of leadership, isn’t it? Buat kamu yang mungkin merasa memiliki jiwa kepemimpinan lebih dibanding dengan orang pada umumnya sehingga kamu sangat berambisi untuk menjadi pemimpin, apakah sudah memiliki karakter pemimpin yang baik?

Cerdas dan Bertindak Cepat
Seorang pemimpin yang baik harus memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi. Sehingga dapat mempertimbangkan segala hal dengan cepat dan memberikan keputusan yang tepat. Dengan memberikan keputusan berdasarkan pertimbangan yang matang, maka dapat mengantarkan tim ke arah yang lebih baik dan lebih maju.

Keinginan untuk Menerima Tanggung Jawab
Seorang pemimpin harus siap memangku tanggung jawab apapun itu. Ketika ada masalah, pemimpin harus bisa mengevaluasi diri dan tim dengan cara yang bijak dan penuh tanggung jawab. Bukannya malah langsung melempar kesalahan kepada tim dengan rasa emosional yang tinggi. Begitu pula ketika ada pencapaian yang diraih, pemimpin akan menyebutnya sebagai prestasi hasil kerja tim, bukan dirinya pribadi.

Memahami Kebutuhan dan Keinginan Tim
Tidak akan ada tim atau grup yang berhasil kalau kerjasama tim dengan leadernya kurang baik. Maka pemimpin yang baik harus memiliki karakter yang bisa memhami kebutuhan dan keinginan dari tim yang dipimpinnya. Percaya deh, tim yang sukses pasti akan sangat memperhatikan kebutuhan dan keinginan dari anggota timnya. Dengan begitu, setiap anggota tim akan bekerja dengan baik dan penuh semangat yang tentunya bisa menghasilkan kesuksesan yang diinginkan oleh kelompok.

Kemampuan Interpersonal
Pemimpin pasti akan bertemu dengan banyak orang di berbagai kesempatan. Untuk itu memiliki kemampuan interpersonal adalah karakter yang sangat dibutuhkan oleh leader. Dengan memahami tata cara berinteraksi dengan orang lain atau leader lainnya dari berbagai kalangan dengan bermacam-macam latar belakang yang berbeda, seorang pemimpin dapat dengan mudah menjalin kerjasama yang menguntungkan bagi tim yang dipimpinnya, juga pihak lain yang  bekerjasama.

Memotivasi Orang Lain
Bukan berarti harus jadi motivator handal seperti yang banyak muncul di televisi atau social media, namun pemimpin harus mampu memotivasi timnya untuk terus bersemangat juang tinggi untuk mencapai target kesuksesan yang dituju.

Berani dan Bisa Memberikan Solusi
Ini adalah karakter yang tentunya penting dimiliki seorang pemimpin yang hebat. Untuk mencapai tujuan pasti ditemukan banyak hambatan, namun pemimpin yang hebat tidak pernah menghindari masalah, mereka justru dengan penuh keberanian akan menghadapi masalah dan menganggapnya sebagai challange yang harus dilalui. Mereka akan memberikan solusi terbaik pada tim sehingga tetap bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

Percaya Diri dan Percaya Kepada Orang Lain
Percaya diri atau self confidence adalah hal yang wajib dimiliki oleh pemimpin yang baik. Buat apa memimpin kalau rasa percaya pada diri sendiri aja nggak ada. Selain percaya pada kemampuan diri, tentu harus percaya juga pada tim yang dipimpin. Bahwa seluruh anggota tim adalah orang-orang yang berkompeten di bidangnya masing-masing. Rasa waspada boleh hadir dalam hati, tapi jangan sampai menjadikan ketakutan yang berlebihan sampai menimbulkan ketidakpercayaan pada tim. Ketahuilah, ketika seseorang sudah diberikan kepercayaan maka ia pun akan cenderung menjaga kepercayaan itu, dibanding dengan yang tidak diberikan kepercayaan secara penuh.

Fleksibel dan Mudah Beradaptasi
Anggota tim yang dipimpin tentu datang dari berbagai latar belakang yang berbeda. Untuk itu sifat fleksibel dan mudah beradaptasi juga dibutuhkan oleh seorang pemimpin. Maka diperlukan juga pemikiran yang out of the box sehingga bisa masuk ke segala penjuru lapisan masyarakat yang menjadi anggota tim yang dipimpin. Karena terkadang pemimpin yang terlalu serius dan nggak fleksibel akan sulit beradaptasi dengan lingkungannya.

Kestabilan Emosi
Kamu pasti nggak mau kan dipimpin orang yang gampang emosi dalam keadaan apapun, misalnya kesalahan sekecil apapun akan tetap menjadi besar di mata pemimpin semacam ini. Seharusnya pemimpin hebat bisa lebih sabar dan memiliki kestabilan emosi, sehingga ketika sedang menasihati tim yang melakukan kesalahan bisa dengan kebijaksanaan yang penuh ketenangan. Tapi kadang memang anggota tim yang suka ngeyel dan menyepelekan juga sih makanya pemimpinnya jadi marah deh.

Itulah karakter-karakter yang harus dimiliki oleh pemimpin hebat. Kalau menurut kamu karakter apalagi nih? Sharing yuk!

Yang pasti sih pemimpin yang keren harus berpenampilan oke dong. Kunjungi www.gatsuone.com dan temukan referensi fashion keren untuk kamu. Follow Instagram @gatsuone untuk dapatkan promo menariknya. Let’s go!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook