Hidup Tanpa Social Media Ternyata Ada Manfaatnya Lho!

15.43.00

Hari gini nggak punya handphone? Kayaknya 1 berbanding 1 juta orang yang sampai saat ini menjalani hidup tanpa alat komunikasi canggih ini. Seiring dengan perkembangan zaman, handphone sekrang udah berubah jadi punya banyak fungsi. Dan yang lagi hits beberapa tahun terakhir adalah social media atau media sosial bagi manusia sebagai makhluk sosial. Munculnya social media di tengah-tengah kehidupan masa kini memang ada plus dan minusnya. Segala hal jadi terasa mudah, praktis, menyenangkan dan nggak membosankan setelah munculnya media sosial. Tapi ternyata semua juga harus pas pada porsinya. Jangan terlalu addicted sampai social media menjadi lebih penting dari kehidupan nyata kamu. Karena nggak jarang ada orang terkadang lebih mementingkan social media relation dibandingkan dengan social relation in real life. Bukan berarti social media itu selalu berdampak buruk ya, tentu banyak juga manfaatnya. Tapi apa kamu pernah terpikir untuk hidup tanpa social media? Ternyata banyak juga keuntungannya lho! Kayak gini nih...

Menghilangkan Iri Dan Dengki
Kita bisa ketemu siapa saja di social media. Mulai dari orang yang biasa-biasa aja sampai orang yang hidupnya beruntung banget. Coba akui, nggak jarang rasa iri dan dengki itu muncul ketika kamu sedang melihat profil orang lain yang hidupnya menyenangkan, tanpa beban dan rasanya beruntung banget. Bisa orang terkenal sampai bahkan sama teman sendiri. Jadi bayangkan aja, ketika kamu hidup tanpa sosial media, kemungkinan untuk timbulnya rasa iri dan dengki itu tentu semakin berkurang bahkan nggak ada dong. Iya kan?

Mengurangi Sifat Konsumtif
Social media khususnya Instagram sekarang ini kayaknya udah alih fungsi yang mungkin tadinya hanya sebagai media pribadi jadi media marketing alias tempat jualan online. Hal itu memang nggak ada salahnya juga, karena berarti si pengusaha bisa memanfaatkan perkembangan teknologi yang canggih untuk mendapatkan keuntungan. Tapi sebagai konsumen tentunya itu jadi godaan berat banget. Misalnya tiap lagi santai online instagram di handphone eh liat artis idola lagi endorse produk fashion yang kamu suka, akhirnya jadi belanja deh. Bukan berarti nggak boleh belanja lho tapi berbelanjalah yang cerdas, pilihlah produk yang punya kualitas baik dan harga yang bersaing. So, kalau kamu hidup tanpa sosial media tentunya kamu jadi bisa lebih hemat dalam berbelanja bukan?

Hemat Pulsa Kuota
Secara di negara kita tercinta ini sinya free wifi belum tersebar di seluruh penjuru kota, paket internet di handphone rasanya jadi suatu kebutuhan yang harus terpenuhi ya. Hayooooo, kamu satu bulan menghabiskan berapa besar uang untuk beli paket internet? Pasti nggak sedikit ya. Terutama ketika di kampus/kantor atau rumah kamu belum ada fasilitas free wifi. Jadi kalau kamu nggak aktif lagi di media sosial, at least pengeluaran kamu untuk beli kuota internet bisa disimpan dong. Kecuali kalau di kampus/kantor atau rumah kamu sudah terfasilitasi free wifi pasti nggak pernah beli kuota internet deh, iya kan? Ngakuuuuuu!

Lebih Dekat Dengan Keluarga Dan Sahabat
Kamu pasti pernah ada dalam situasi di mana kamu sedang berkumpul bersama keluarga di ruang keluarga di rumah sembari nonton program kesayangan, tapi hampir semua anggota keluarga sibuk sama smartphone-nya masing-masing. Atau ketika lagi ngumpul bareng teman-teman tapi semuanya jadi generasi menunduk. Sebagian besar dari mereka biasanya lagi aktif di social media mereka. Makanya ada keuntungan tersendiri ketika kita hidup tanpa social media, salah satunya adalah kita bisa lebih dekat dengan teman dan keluarga. Akan ada lebih banyak quality time bersama mereka yang pasti udah jarang kamu rasakan akhir-akhir ini.

Lebih Bahagia
Pasti banyak dari kamu yang sampai sekarang masih suka stalking alias kepoin mantan lewat social media, hayooo ketahuan deh! Mungkin kamu masih penasaran sama kicauannya di twitter, status update dia di facebook sampai foto-foto terbarunya di instagram. Sampai akhirnya kamu jadi sakit sendiri gara-gara ngeliat dia mention-mentionan di twitter, bales-balesan komen di facebook sampai foto mesra di Instagram sama pacar barunya. Dengan nggak aktif social media, tentu kamu pun akan lebih mudah move on dari mantan dan tentunya lebih bahagia. Asal jangan sampai numpang socmed temen ya buat kepoin terus. Nanti kamu sedih terus lho!

Inilah 4 manfaat ketika kamu hidup tanpa sosial media. Sebenarnya nggak ada salahnya aktif di social media, yang salah adalah ketika social media membuat hidup kamu menjadi menyedihkan, penuh amarah dan aura negatif dan malah nggak bahagia. Jadilah orang yang lebih bijaksana dan cerdas dalam menggunakan social media niscaya hidupmu pun akan lebih bermakna dan bahagia.

So, jangan pernah lupa untuk selalu pilih produk fashion dengan kualitas terbaik dan harga yang bersaing supaya kamu nggak jadi manusia yang konsumtif. Salah satu brand fashion yang bisa jadi pilihan kamu adalah GatsuOne がつおね. Kunjungi www.gatsuone.com dan follow Instagram @gatsuone untuk mendapatkan promo menarik. Happy shopping!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook