Selain Lezat Dijadikan Bumbu, Lada Hitam Juga Berkhasiat Untuk Kesehatan Lho!

12.09.00

Ayam dan sapi lada hitam pasti termasuk salah satu menu makanan favorit kamu, benar kan? Lada hitam memang bisa dibilang sebagai bumbu wajib untuk melezatkan makanan. Hampir semua bahan makanan akan terasa lebih nikmat kalau dimasak menggunakan bumbu lada hitam. Tapi ternyata di balik kelezatannya, lada hitam juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia lho.

Melebatkan Rambut dan Mencegah Kebotakan
Kamu mungkin lebih familiar dengan informasi bahwa bahan alami yang berkhasiat untuk melebatkan rambut adalah lidah buaya. Ternyata ada juga lho hasil tumbuhan lain yang bermanfaat untuk melebatkan rambut, yaitu lada hitam. Kalau biasanya black pepper digunakan sebagai bumbu makanan, kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai bahan pelebat rambut. Caranya, campurkan satu sendok teh lada hitam bubuk dengan satu sendok teh biji lemon bubuk dan beberapa tetes minyak zaitun. Kemudian oleskan ke kulit kepalamu hingga merata dan diamkan selama kurang lebih 20 sampai 30 menit. Baru deh kamu bilas rambutmu dengan air hangat hingga bersih. Untuk kamu yang bermasalah sama rambut rontok, cara ini bisa jadi alternatif lain untuk menyuburkan rambutmu dan mencegah dari kebotakan.

Mengatasi Ketombe
Kepala berketombe kayaknya udah jadi masalah sejuta umat deh. Makanya kebanyakan merek sampo pasti memiliki varian anti ketombe, selain untuk mencegah rambut rontok tentunya. Nah, lada hitam juga bisa jadi pendukung sampo untuk mengatasi masalah ketombe. Coba deh campurkan yoghurt dengan satu sendok teh lada hitam bubuk kemudian oleskan pada kulit kepalamu ketika malam hari selama 30 menit, kemudian bilas dengan air. Baru deh keesokan harinya kamu keramas dengan sampo anti ketombe yang cocok denganmu.

Mendukung Pencernaan dan Menurunkan Berat Badan
Pernah kepikiran diet dengan lada hitam? Kayaknya bisa dicoba nih. Jadi, dalam lada hitam terkandung fitonutrien yang bagus banget dalam membantu merangsang pemecahan sel-sel lemak dalam tubuh. Hal tersebut dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan keringat dan buang air kecil, which means good dong. Dengan banyaknya keringat dan air seni yang dikeluarkan berarti kotoran dalam tubuh juga banyak terbuang. Nah kalau udah begitu secara otomatis bisa membantu tubuh dalam menurunkan berat badan. Kalau kamu berniat untuk menurunkan berat badan untuk mencapai berat yang ideal, bisa nih coba sering-sering taburkan black pepper dalam makananmu.

Bisa Sebagai Campuran Scrub Wajah
Mungkin kamu akan berpikir kalau ini aneh banget. Tapi memang ternyata lada hitam bisa berguna sebagai exfoliant alias alat untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang ada pada wajah. Selain itu, bisa juga untuk merangsang sirkulasi atau keluar masuknya oksigen dan nutrisi pada kulit. Anti bakteri dan anti inflamasi yang terkandung dalam lada hitam juga bisa menjaga kulit dari infeksi jerawat lho. Tapi lakukan secara perlahan dan jangan tergesa-gesa ya. Hindari lada hitam masuk dalam mata, oke?

Terapi Anoreksia
Untuk merangsang selera makan seseorang, lada hitam memang juara deh. Maka dari itu, black pepper ini bisa jadi terapi bagi para pengidap anoreksia. Definisi anoreksia ini sendiri kan keadaan di mana seseorang kehilangan selera makan sehingga memilih untuk nggak makan. Jadi lada hitam bisa berguna untuk membantu mereka mengembalikan kembali nafsu makan mereka. cukup berikan sedikit black pepper dalam makanan mereka, maka perlahan-lahan anoreksia yang diderita bisa berkurang atau sembuh sehingga nafsu makan bisa kembali normal.

Pencegah Kanker
Hebatnya lagi lada hitam bisa bermanfaat untuk mencegah penyakit yang cukup mematikan, yaitu kanker. Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Pusat Kanker di Universitas Michigan yang mengungkapkan bahwa lada hitam dapat mecegah perkembangan tumor kanker payudara. Lada hitam yang di dalamnya terkandung piperine mampu berperan dalam pencegahan kanker. Untuk lebih mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kombinasikan lada hitam dengan kunyit yang mengandung sifat antikanker. Yuk dicoba!

Tuhan menciptakan apapun pastinya dengan penuh manfaat yang sangat bermakna bagi manusia ataupun makhluk lainnya. Nggak hanya berfungsi melezatkan makanan, ternyata masih banyak manfaat lain di balik si lada hitam. Jadi jangan pernah meremehkan hal sekecil apapun ya Oneesan!


Apalagi penampilan, tentunya nggak boleh banget diremehkan nih. Orang yang berpenampilan oke pasti akan lebih beruntung dibanding yang nggak memikirkan penampilannya. Cek koleksi GatsuOne がつおね di www.gatsuone.com deh. Di sana tersedia semua fashion outfit dari mulai pakaian, tas, sepatu sampai aksesoris. Jangan lupa follow Instagram @gatsuone supaya kamu nggak ketinggalan promo menariknya. Hari ini ada Friday Sale lho! Yuk langsung ke TKP!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook