5 Film Animasi Jepang Ini Wajib Ditonton Versi GatsuOne

15.35.00



Meski banyak banget film dahsyat keluaran Amerika seperti Hollywood, Warner Brothers, dan Disney, Jepang punya banyak karya sinematik masterpiece yang nggak bisa kita lewatkan begitu aja. Karya-karya tersebut bahkan mendapat banyak penghargaan, nobel, dan tempat tersendiri bagi pemirsanya. Khususnya bagi kamu yang suka dengan budaya Jepang.

By the way, pasti kamu udah nggak heran kenapa Jepang banyak mengeluarkan film animasi bertema magis, roh, dan spiritual. Jepang memang kental dengan pembahasan seputar arwah, sehingga kejadian magis pun menjadi barang yang tidak menyeramkan lagi untuk dinikmati dalam bentuk film. Jadi, tontonlah beberapa film animasi paling rekomended ini versi GatsuOne!

The Cat Returns (2002)
Studio Ghibli
IMDb: 7.3
Director: Hiroyuki Morita

Film ini mengisahkan tentang Haru, seorang gadis yang kurang beruntung dalam berbagai aspek kehidupannya. Setelah membantu kucing yang terhimpit di lorry, ia menemukan dirinya secara tidak sadar bertunangan dengan pangeran kucing di dunia sihir di mana satu-satunya harapan kebebasannya terletak pada patung kucing necis yang hidup.

Meskipun filmnya nggak memiliki keindahan dan kedalaman seperti beberapa cerita lain yang dikeluarkan Ghibli, film ini masih menjadi film yang semilir dan menghibur dengan alur yang menyenangkan dan penuh petualangan. Pastinya disukai oleh anak-anak dan layak dilihat bersama keluarga kamu, dan juga bagi pecinta kucing!


The Girl Who Leapt Through Time (2006)
Madhouse Production
IMDb: 7.9
Director: Mamoru Hosoda

Penasaran nggak sih dengan orang yang punya kemampuan menjelajah waktu? Inilah yang dikisahkan dalam film The Girl Who Leapt Through Time. Suatu hari Makoto Kono, seorang gadis SMA memiliki kekuatan magis untuk memutar waktu. Hal ini disadarinya ketika ia tidak jadi tertabrak kereta. Dengan kemampuannya ini, ia berusaha memperbaiki hari-harinya. Namun perjalanan memutar waktu ternyata melibatkan kekasihnya yang berasal dari masa depan.


A Letter to Momo (2011)
Production I.G.
IMDb: 7.3
Director: Hiroyuki Okiyura

Sejak kematian ayahnya, seorang gadis kecil bernama Momo dan ibunya pindah dari kota Tokyo yang padat ke pulau terpencil Shio. Sementara masih bingung dengan urusan surat-surat ayahnya yang belum selesai, Momo juga harus terbiasa dengan lingkungan hidup yang baru dan mendapatkan teman baru. Pada saat itu, kejadian aneh terjadi di dalam rumah Momo, termasuk bisikan aneh yang datang dari loteng.

Karena penolakan ibunya untuk mempercayai kejadian aneh ini, Momo malah melemparkan dirinya ke dalam petualangan baru untuk menemukan sumber keanehan suara itu. Akhirnya ia dibawa pada trio roh gentayangan yang bersama-sama menuntunnya pada surat misterius ayahnya yang belum selesai.

Film ini menggambarkan kisah persahabatan yang indah. A Letter to Momo juga memiliki efek visual dan suara berkualitas tinggi. Awalnya mungkin film ini tampak membosankan, tapi beberapa momen lucu muncul di tengah, dan adegan yang sangat menyentuh di akhir yang bisa membuat kamu meneteskan air mata saat menonton!

Into the Forest of Fireflies’ Light (2011)
Brain’s Base
IMDb: 7.9
Director: Midorikawa Yuki

Setiap musim panas, seorang anak kecil bernama Hotaru datang kembali ke kampung untuk summer trip. Suatu hari, ia ditolong oleh roh bernama Gin saat tersesat di hutan. Mereka akhirnya menjadi teman meskipun roh itu mengungkapkan bahwa ia akan menghilang jika tersentuh manusia. Namun pertemanan mereka terjaga hingga Hotaru beranjak remaja.

Latar film ini nggak jauh-jauh dari budaya Jepang yang kental dengan sisi spiritualnya. Namun kisah sedih dan romantis akan kamu rasakan dalam film berdurasi 40 menit ini.


Spirited Away (2001)
Studio Ghibli
IMDb: 8.6
Director: Hayao Miyazaki

Selama keluarganya pindah ke pinggiran kota, bocah perempuan berusia 10 tahun, Chihiro, dan orangtuanya secara tidak sengaja tersandung tanah ajaib di mobil mereka. Orang tua Chihiro berubah menjadi babi, meninggalkannya untuk mengembara dunia yang diperintah oleh dewa, penyihir, dan roh, di mana manusia berubah menjadi binatang buas.

Dia ditemukan oleh seorang bocah misterius bernama Haku, yang berjanji untuk membantunya. Dia memberinya pekerjaan yang bekerja di pemandian untuk ribuan dewa dan roh Jepang. Meskipun pekerjaannya sulit dan orang-orangnya aneh, dia melakukannya sebaik yang dia bisa. Orangtuanya, bagaimanapun, masih menunggu di tempat penyimpanan hotel, dan Chihiro harus menemukan cara untuk mematahkan mantra pada mereka sebelum mereka berakhir sebagai hidangan utama dari makan malam tamu.

Film ini memenangkan Oscar dan 51 penghargaan lainnya serta masuk dalam 22 nominasi. Spirited Away adalah salah satu film animasi paling terkenal sepanjang masa. Wajib banget untuk ditonton!


Itulah daftar 5 film anime wajib ditonton dari Jepang. Memang kalo ngomongin soal film animasi Jepang itu nggak ada habisnya ya. Masih banyak lagi yang belum dibahas dalam artikel ini. Kalau menurut kamu, film animasi apa yang paling kamu suka? Share yuk!

You Might Also Like

1 komentar

Like us on Facebook