Ayo ke Mandalika, Destinasi Wisata Pantai di Kuta Lombok yang Melagenda

11.23.00

Haiii Oneesan!

Berbicara mengenai beberapa lokasi wisata di Indonesia, tak lengkap rasanya jika kita melewatkan daerah Lombok. Jika kita eksplore lebih dalam keindahan beberapa destinasi wisata di Indonesia, di pantai selatan Pulau Lombok terdapat sebuah pantai bernama Pantai Kuta. Pantai ini konon memiliki keindahan lebih dari Pantai Kuta yang berada di Pulau Bali lho.

Pantai Kuta Lombok terletak di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Karena ombaknya yang sangat tenang, pasirnya yang putih, serta lagenda di balik keindahan laut ini,  menjadi sebuah keunggulan tersendiri bagi Mandalika untuk dijadikan salah satu destinasi prioritas di Indonesia.

Masih belum banyak yang tau bahwa pantai yang disebut juga sebagai Mandalika ini dinamai Pantai Kuta. Hal ini karena masih kurangnya perhatian dan promosi dari pemerintah setempat dan pusat. Namun pada 27 Januari 2017 ini, pemerintah resmi menjadikan Mandalika sebagai satu dari sepuluh destinasi prioritas di Indonesia.

Terkait dengan Mandalika, ada beberapa hal yang perlu kamu tau tentang lagenda, serta pesona keindahan yang ditampilkan di pulau ini. Berikut fakta selengkapnya.

Kisah Putri Mandalika
Lagenda ini mengisahkan tentang Putri Mandalika yang merupakan putri dari pasangan Raja Tonjang Beru dan Dewi Seranting. Karena kebijaksanaan Raja, Raja Tonjang Beru berhasil membuat rakyatnya hidup makmur dan sejahtera. Rakyat sangat mencintainya, sehingga putri Mandalika pun hidup dihormati sampai ia dewasa.

Putri Mandalika hidup dan tumbuh menjadi seorang gadis dewasa yang cantik. Kecantikannya bahkan tersebar hingga ke seluruh Lombok hingga banyak pangeran dari berbagai kerajaan berniat mempersuntingnya. Pangeran-pangeran itu berasal dari Kerajaan Johor, Kerajaan Lipur, Kerajaan Pane, Kerajaan Kuripan, Kerajaan Daha, dan Kerajaan Beru yang memiliki daerah kekuasaan sekitar Lombok.

Karena banyaknya permintaan lamaran dan didesak keinginan rakyat, putri Mandalika bingung dan tidak bisa mengambil keputusan. Ia membuat sebuah pengumuman untuk mengundang pangeran-pangeran tersebut datang ke Pantai Kuta Lombok pada tanggal 20 bulan ke 10 menurut perhitungan bulan Sasak saat subuh hari.

Undangan tersebut disambut antusias oleh semua pangeran yang turut mendaftar sebagai calon suami Putri Mandalika, termasuk seluruh rakyat juga berduyun-duyun menuju lokasi undangan. Tanpa disangka, Sang Putri Mandalika bersama dengan prajuritnya datang dan berdiri di sebuah batu pinggir pantai. Di sana, ia mengatakan niatnya untuk menerima seluruh permintaan rakyatnya dan semua lamaran pangeran yang datang, kemudian mengakhiri hidupnya dengan loncat ke dalam laut.

Semua yang hadir di sana terkejut dan ikut meloncat ke laut untuk mencari sang putri, namun Putri Mandalika tidak ditemukan. Beberapa waktu kemudian setelah kejadian itu datanglah sekumpulan cacing warna-warni. Cacing itu lalu dipercaya rakyat sebagai jelmaan Putri Mandalika sebab sebelum mengakhiri hidupnya, Putri Mandalika telah berjanji untuk kembali setahun sekali.

Perayaan di Pantai Kuta Lombok
Pantai Kuta Lombok yang terkenal dengan pasir putihnya ini terletak di Desa Kuta yang lokasinya tidak jauh dari Bandara Internasional Lombok (BIL). Dalam setahun sekali, terdapat Upacara Sasak yang diadakan sekitar bulan Februari atau Maret di desa ini. Upacara ini disebut sebagai upacara Bau Nyale, yakni perayaan bagi para pelaut mencari cacing Nyale di laut.

Mereka percaya bahwa cacing Nyale adalah perwujudan dari Putri Mandalika yang dulu hilang di laut. Masyarakat juga meyakini bahwa pasir putih yang berbentuk seperti merica yang terdapat di Pantai Kuta Lombok ini adalah sarang nyale yang jumlahnya jutaan.

Satu dari Sepuluh Destinasi Prioritas di Indonesia
Nusa Tenggara Barat memiliki keindahan yang tak kalah indahnya dengan Bali, namun jumlah wisatawannya masih kalah Jauh dengan Bali. Karena itulah pemerintah kini sedang berusaha untuk mengembangkan destinasi pariwisata di kawasan NTB karena dianggap memiliki potensi yang luar biasa.

Sejak tahun 2014, kawasan Mandalika sudah disahkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk industri agro dan industri ekowisata. Karena potensi itulah, Presiden Joko Widodo memberikan dana sebesar Rp.1,8 triliun untuk daerah ini.

Di akhir Januari 2017 ini secara resmi Presiden Joko Widodo menetapkan Mandalika sebagai satu dari sepuluh destinasi prioritas di Indonesia. Didukung oleh BUMN, pemerintah menyerahkan bantuan CSR dengan nilai total 9,5 Milyar untuk Mandalika. Bantuan tersebut berupa bantuan dalam bidang lingkungan, pendidikan dan pemberdayaan SDM, serta bidang sosial (seni dan budaya).

Susi Pujiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia
saat acara #ayokemandalika
Waahh... Jadi punya satu destinasi wisata baru bagi kamu yang ingin menghabiskan liburan akhir pekan ini oneesan. Nggak diragukan lagi Indonesia memang memiliki sejuta pesona alamnya yang luar biasa indah. Jangan sampai kita yang tinggal di negeri sendiri belum merasakan semua keindahan alam yang sudah diberi Sang Pencipta secara gratis ini. Nikmati dan jaga keindahannya.


Mau liburan ke Mandalika belum tau mau pakai OOTD apa? Belanja di GatsuOne がつおね  aja! Banyak pilihan outfit menarik yang bisa bikin kamu tampil fabulous di mana pun dan kapanpun kamu berada. Klik sekarang, www.gatsuone.com dan download apilkasinya di Apps Store dan Play Store. Cha!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook