Nggak Selamanya Memiliki Tubuh Kurus itu Menyenangkan, Coba Cara ini untuk Mencapai Tubuh Ideal

09.57.00

Karena berat badan ideal adalah impian semua orang, nggak hanya orang gemuk aja lho yang berusaha keras untuk menyeimbangkan berat badan hingga sampai pada ukuran tubuh yang ideal. Banyak pula orang kurus yang ingin menaikkan berat badannya hingga ke ukuran ideal.

Meski banyak orang gemuk yang iri pada pemilik tubuh kurus, nyatanya memiliki berat badan yang ringan dan kurus juga nggak selamanya menyenangkan. Nggak heran deh, banyak orang kurus yang sering dibilang “gepeng”, “tengkorak”, “tengkorak hidup” oleh teman-temannya.

Nah, kalau kamu nggak ingin lagi dibilang “gepeng”, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut.  Karena GatsuOne kali ini akan memberi tips untuk kamu yang lagi giat dan cari tau bagaimana cara mudah untuk menaikkan berat badan hingga sampai pada ukuran ideal.

Hitung dan tambahkan jumlah kalori yang dibutuhkan
Banyak dari kita yang masih enggan untuk menghitung berapa jumlah kalori yang tubuh butuhkan sehari-hari. Padahal, jumlah asupan kalori yang masuk dalam tubuh adalah salah satu pedoman dalam menentukan apakah berat tubuh kita perlu dinaikan atau diturunkan.

Terdapat perbedaan hitungan bagi cowok dan cewek. Dengan menggunakan formula Harris-Benedict ini, kamu bisa menghitung berapa kalori yang kamu butuhkan. Perhatikan tabel berikut ini ya

Cowok
88.362 + (13.397 x berat badan dalam kg) + (4,799 x tinggi badan dalam cm) (5,677 x umur)
Cewek
44.593 + (9.247 x berat badan dalam kg) + (3.098 x tinggi badan dalam cm) (4.330 x umur)

Setelah kamu mengetahui berapa jumlah kalori yang dibutuhkan setiap harinya, cobalah untuk mengonsumsi tambahan kalori hingga 500 hingga 1000 setiap hari.

Makan tiga kali sehari dan tambahkan dua kali kudapan
Mulailah membiasakan diri untuk makan teratur sebanyak tiga kali sehari dan selingi dengan dua kali cemilan atau kudapan setiap hari. Pilihlah kudapan yang sehat, yang tinggi akan kandungan protein, serta tinggi karbohidrat. Semua cemilan itu bisa kamu dapatkan dalam keju, roti, pisang, alpukat, dan buah-buahan.

Smoothies dan jus bisa menjadi alternatif minuman sehat yang bisa kamu buat sendiri di rumah oneesan. Keduanya sangat bermanfaat untuk menambah berat badan karena tubuh lebih cepat dan mudah menyerap nutrisi makanan.

Perbanyak asupan protein, karbohidrat, dan lemak
Hindarilah makan makanan instan dan cepat saji, melainkan perbanyak makanan yang kaya dengan nutrisi seperti daging merah, roti, dan kacang-kacangan. Agar usaha menambah berat badanmu bisa terproses dengan sempurna, kamu harus mengurangi konsumsi rendah nutrisi, seperti kopi, soda, alkohol, dan minuman ringan lainnya.

Rajin olahraga
Olahraga memang diperlukan bagi siapa saja, tak terkecuali bagi kamu yang ingin menggemukan badan. Dengan berolahraga, nafsu makanmu akan meningkat sehingga tubuh akan mendapatkan asupan giz dan kalori yang lebih banyak.

Olahraga ringan yang bisa kamu lakukan setiap hari bisa berupa lari, skipping, atau yoga. Kalau kamu ingin benar-benar serius dalam membentuk bentuk tubuh, kamu bisa mulai nge-gym. Biasanya kamu akan mendapat personal trainer yang akan mengatur jadwalmu secara teratur.

Stop rokok
Bukan menjadi rahasia lagi bahwa rokok dapat menyebabkan beberapa penyakit dan sangat merugikan kesehatan. Dengan beragam senyawa kimia beracun, rokok dapat menyebabkan kanker, impotensi, dan gangguan janin dalam kandungan. Onesan perlu tau juga ni, asap rokok pun ternyata dapat menyebabkan badan menjadi kurus secara tak langsung karena dapat menurunkan nafsu makan.

Makan sebelum tidur
Kalau hal ini sih, pasti kamu sudah bosan juga dengarnya. Banyak yang menyarankan orang kurus untuk makan sebelum tidur. Tapi terbukti lho, beberapa penelitian menunjukkan bahwa terdapat BMI (body mask indesk) yang lebih tinggi ditemui bagi orang kurus yang makan lebih dari jam 8 malam. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena metabolisme dalam tubuh akan melambat sehingga makanan yang dikonsumsi pada malam hari akan tertimbun dalam tubuh.

Perbanyak air putih
Harus selalu diingat ni oneesan, bahwa ukuran air minum yang paling minimal dalam tubuh adalah 2 liter per hari. Dengan meminum jumlah air sebanyak ini, air dapat membantu sistem pencernaanmu dan membantu penyerapan nutrisi makanan sehingga apa yang kamu makan bisa berjalan dengan lancar.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan berat badan ssampai mencapai ideal. Meski nampaknya sepele, namun cara tersebut adalah cara alami yang paling mudah untuk dilakukan. Memang tidak semudah membalikan telapak tangan, tapi perubahan akan nampak dalam setiap prosesnya.

Selain berusaha untuk mencapai bentuk tubuh yang ideal, kamu juga bisa menutupi kekurangan tubuh yang kurus dengan pilihan pakaian yang tepat. Pilihlah pakaian yang bisa memberimu kenyamanan dan membuatmu tampil percaya diri. Nah, GatsuOne がつおね punya banyak pilihan yang tepat untukmu oneesan! Just click www.gatsuone.com and you’ll find your best outfit ever! Follow juga instagram GatsuOne GatsuOne がつおね supaya nggak ketinggalan berbagai event dan promo menariknya. Cha!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook