Biar Nggak Kanker Akhir Bulan, Mahasiswa Kosan Perlu Hidup Kayak Gini

10.00.00

Di awal tahun ini saatnya belajar dari kesalahan tahun kemarin. Segala hal yang membuat boros dan kanker harus mulai dihindari agar kantong nggak kebobolan lagi setiap akhir bulan. Apalagi bagi mahasiswa kosan, kebiasaan banget kalau habis dapet transferan langsung wusss.. tapi di akhir bulan persediaan wajib yang harus dibawa kemana-mana hanya obat magh penahan lapar.

Nah supaya nggak lagi kehabisan uang di akhir bulan lagi seperti tahun kemarin, simak 7 tips supaya tabungan bulananmu aman sampai tanggal tua.

Hunting Makanan Murah dan Masaklah Sendiri
Daripada membeli 4 sehat 5 sempurna di warteg, akan lebih baik jika kamu membeli ricecooker dan mulai masak nasi sendiri. Jika biasanya kamu makan dengan harga 13000 di warung, kamu bisa menghemat 4000 untuk harga nasinya dan kamu hanya perlu membeli lauknya. Membeli lauk dalam bungkusan itu “percaya nggak percaya” akan terasa jauh lebih banyak dibandingkan saat kamu membeli nasi bungkus lengkap. Kalau bisa berhemat, lauk yang kamu beli bisa untuk dua kali makan.

Jangan Malu Jadi Jomblo
Sebenarnya ini hal yang cukup susah dilakukan sih, hihi. Tapi secara rasional, uang yang akan kamu keluarkan saat kamu berpacaran bisa sampai dua kali lipat! Kalau kamu seorang cowok, gengsi dong dibayarin makan sama si pacar. Dengan sangat terpaksa kamu harus mengeluarkan uang untuk membiayai 2 perut. Belum lagi kalau pacarmu atau sahabat pacarmu ulang tahun, rela nggak rela kamu harus keluarin biaya lagi demi membahagiakan pacar. Cinta itu memang butuh pengorbanan oneesan, pengorbanan uang khususnya.

Jangan Mau Jones Sendirian, Carilah Teman Satu Kamar
Udah nggak punya pacar, selesai kuliah nggak ada kegiatan pula. Alhasil ngejones sendirian di sudut kamar. Jangan sampai jadi makhluk kayak gitu ya oneesan! Hihi. Mulailah mencari teman yang bisa kamu ajak untuk tinggal bersama. Kalau perlu hasutlah sahabatmu supaya mau ngekos bersama. Dengan tinggal bersama, biaya kamar pun bisa kamu bagi dua, dan sisa uangmu bisa kamu gunakan untuk keperluan yang lain.

Ikut Organisasi dan Kerjakan Tugas di Sekretnya
Dengan mengikuti organisasi di kampus, kamu akan mendapat banyak kenalan dan mungkin kamu bisa berbagi cerita tentang penderitaanmu. Selain itu kamu juga bisa mengerjakan tugas di sekretnya dan bertemu dengan senior yang mungkin bisa membantumu. Biasanya orang-orang yang berorganisasi di dalam kampus adalah orang-orang yang pikirannya terbuka dan luas, jadi pasti bisa membantumu setidaknya dalam memberi buku referensi. Lumayan kan nggak perlu beli buku yang tidak terlalu penting.

Cari Uang Tambahan
Dari awal tahun ini, mulailah memikirkan gimana caranya kamu bisa dapatkan uang tambahan selain dari orang tua. Kamu bisa mencari lowongan part time untuk mengajar les, jualan pulsa, atau jualan online yang nggak membutuhkan modal besar. Kamu juga bisa jadi reseller product. Selain itu berburu beasiswa adalah sebuah hal yang nggak boleh kamu lewatkan gitu aja. Caranya ya, belajar yang rajin dan jangan suka bolos absen! Dengan IP/IPK yang tinggi kesempatanmu untuk mendapatkan beasiswa akan semakin besar. Kalau sudah dapat beasiswa, kamu nggak perlu lagi khawatir kehabisan dana sampai akhir bulan.

Tabunglah yang Masih Bisa Ditabung
Emang nggak gampang ngelakuin hal yang satu ini. Bisa hidup pas-pasan sampai akhir bulan aja udah syukur, gimana mau nabung?

Percayalah bahwa tabungan akan selalu memberi manfaat kapanpun kamu membutuhkannya. Karena itu seberapapun sisa uangmu hari ini, masukkanlah ke dalam celengan! Mulailah hari dengan membatasi pengeluaran hari ini. Kalau kamu masih bisa hidup dengan uang yang sudah kamu siapkan untuk hari ini, tabunglah sisanya. Berapapun yang ada di dalam tabunganmu, pasti akan bermanfaat dan membuatmu tersenyum suatu hari nanti.
Jadi anak kosan bukan berarti harus jadi mahasiswa yang cupu karena terlalu hemat nggak bisa beli baju dong. Tetap tampil stylish dan catchy saat ke kampus dengan outfit yang keren is a must! Buka www.gatsuone.com dan kamu akan temukan berbagai koleksi pilihan terbaik dengan harga yang pas! Mau dapetin info promo setiap harinya? Follow aku sosmed GatsuOne がつおね di Facebook, Twitter, dan Instagramnya. Nggak bakal nyesel deh, Cha!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook