4 Jenis Kepribadian Manusia, Kamu Yang Mana?

12.51.00

Pernah gak sih kalian memahami karakter diri kalian sendiri? Karakter antara satu orang dengan yang lainnya tentu saja akan berbeda dan gak jarang akan membuat kita berpikiran bahwa si “A” ngeselin atau si “B” nyenengin.
Kita tentunya sudah merasakan berbagai kisah kehidupan, entah itu soal rasa cinta, bahagia, sedih, diselingkuhin atau bahkan menikung. Fase ini dimana kita sedang mencari jati diri dan mulai membentuk kepribadian kita. Sebenarnya yang paling mengerti dengan diri kita adalah diri kita sendiri. Tapi terkadang karakter yang menurut kita baik ternyata gak baik menurut orang lain. Membaca kepribadian orang ternyata nggak sulit dan gak butuh keahlian khusus lho..dari hal-hal yang sering dilakukan kita bisa tahu kepribadian kita bahkan orang lain.
Kepribadian manusia itu terdiri dari 3 kepribadian raksasa, yaitu Introvert, ekstrovert dan Ambivert, dan didalamnya terdapat 4 jenis kepribadian yaitu ; melankolis, koleris, plegmatis dan sanguinis.
Nah, mau tahu kepribadian kamu? Let’s check this out !


Melankolis , Sang analis yang harus selalu ‘perfect’
Kepribadian pertama yang kita bahas adalah si sempurna. Seseorang dengan kepribadian ini cenderung serba teratur, rapi, terjadwal dan tersusun sesuai pola. Jika memulai sesuatu pasti akan terfokus sampai selesai. Geng melankolis selalu ingin sempurna disetiap hal dan detail banget. Selalu risih dengan hal-hal kecil yang sebenarnya kita anggap itu ‘sepele’, misalnya urusan lemari,  si melankolis akan menyusun isi lemarinya dengan teratur, mulai dari warna, jenis, klasifikasi dan bahkan sudah tertulis satu persatu letaknya. Jadi, kalau kamu meminjam barang dari si melankolis jangan coba-coba deh merubah posisi atau mengganti dari hal yang semula. Saat menemukan orang yang kamar tidurnya tertata rapi atau isi notebook-nya penuh dengan nama folder yang spesifik, besar kemungkinan kalau orang tersebut adalah orang melankolis.
Nah, kalau kamu lagi galau berat kamu perlu curhat dengan geng ini, atau mungkin kamu yang melankolis tentunya pandai menganalisis permasalahan secara mendalam sebelum memberitahukan hasil dari analisis tersebut. Disamping itu, sifat dasar melankolis membuat seseorang bisa menjadi pendengar yang baik. Waktu mau nge-chat gebetan atau orang-orang yang disegani, pasti nggak sedikit waktu yang dihabiskan si melankolis untuk ketik-hapus-ketik-hapus pesan karena beragam pertimbangan.
Manusia memang gak ada yang sempurna, tapi udah watak asli geng melankolis yang selalu menuntut kesempurnaan. Kemampuannya dalam menganalisis dan merencanakan sesuatu membuat ia jadi serba perfeksionis dalam menjalani hidup.
Dear melankolis, gak usah terlalu ribet, janganlah kamu pasrah diseret oleh perasaan dan pemikiran yang mendalam, karena life must go on and keep move on.

Koleris, Si kuat yang suka memimpin
Kata pemimpin dan optimis adalah dua kata yang paling tepat untuk menggambarkan kepribadian orang-orang koleris. Kadang gak jarang orang lain menganggap si koleris terlalu diktator karena sifatnya yang suka memimpin, suka mengatur, dan punya sikap toleransi yang rendah terhadap kesalahan. Tapi ya mau gimana lagi, sabar aja deh menghadapi geng satu ini, Sebab sejatinya itu adalah sifat alamiah atau yang dalam bahasa asing disebut dari sononye. Koleris bisa digambarkan sebagai pribadi yang berkemauan keras dan punya tekad yang sangat besar untuk mencapai impiannya. Hampir gak ada istilah bermalas-malasan dalam kamus si koleris karena setiap hari harus diisi dengan pelajaran dan hal-hal baru yang bermanfaat. Makanya geng koleris selalu merasa “Cuma gue yang bisa menyelesaikan segalanya, gak ada gue berantakan semua”. Baginya gak ada istilah nggak mungkin karena dasarnya geng koleris selalu berusaha mendapat apa yang dia mau alias pantang menyerah. Geng koleris selalu bertindak cepat dan gak suka bertele-tele, jadi kalau udah kena perintah geng ini cepetan deh dikerjain, karena geng koleris nggak sabaran dan gampang marah.
Seseorang yang punya sifat koleris kuat haruslah belajar untuk meredam egoisme yang berpusat pada kepentingan pribadinya. Dilahirkan sebagai sosok yang kurang bisa berempati dan kurang bisa mengekspresikan kepedulian pada orang lain gak jarang membuat si koleris jadi tampak kejam tak berperasaan. Orang-orang kebanyakan berusaha menghindar, menjauh agar gak jadi `korban’ karakternya yang suka `ngatur’ dan gak mau kalah itu.

Dear koleris, coba deh untuk sedikit lemah lembut, gak mau kan kalau nantinya teman-teman kamu menganggap kamu lebih kejam dari ibu tiri disinetron?

Karena sabar itu pasti milik ‘Plegmatis’
Geng plegmatis dijuluki si ‘lempeng’ alias ‘lurus-lurus’ aja. Ekspresinya begitu santai dan halus sehingga gak jarang tampak nyaris gak punya emosi. Ada masalah ekspresinya gitu, lagi happy juga gitu. Si plegmatis menganggap dunia begitu indah dan masalah yang datang menghadang itu bagai angin lalu saja. Duh, plegmatis yang amat bersahabat dan berdamai dengan kehidupan, betapa gemesnya!
Jika ada ungkapan “hati seluas samudera”, malaikat juga tahu sang plegmatislah pemiliknya. Kesabarannya memang membuat plegmatis selalu berhasil menjalani hidup dengan tenteram. Plegmatis gak segan untuk menghindari konflik dan memilih untuk mengalah walaupun kadang mengalah hanya demi hal yang salah. Sikap damai dan bersahabat yang dimiliki oleh sang plegmatis sering membuat ia malah ditindas dan dimanfaatkan oleh orang lain. Hati-hati ya, bisa jadi orang beranggapan kamu nggak bijaksana. Nggak hanya itu aja, prinsip menjalani hidup seperti air mengalir pun kerap membuat kamu jadi nggak punya tujuan hidup yang pasti.
Geng plegmatis cenderung kurang bersemangat, kalem, bisa jadi pendengar yang baik tapi sering menunda suatu hal. “kalau didorong ngambek, tapi kalau dibiarin nggak jalan”, begitulah geng plegmatis.

Dear plegmatis, sabar itu penting tapi jangan sampai membuat kamu datar dan gak punya tantangan atau warna dalam hidup! Sesekali kamu perlu keluar dari zona nyaman.

Sanguinis, Si superstar yang heboh dan periang
Geng sanguinis adalah orang yang sifatnya paling suka tampil eksis daripada 3 sifat dasar lainnya. Mengetahui kalau dirimu atau teman-temanmu itu sanguinis gampang banget lho! Sanguinis itu biasanya merasa bahagia saat bisa jadi pusat perhatian, tampak heboh, mudah mencairkan suasana saat baru mengenal orang lain, dan pandai bergaul. Nah kalau kamu ketemu dengan orang yang dandanannya heboh dengan pakaian bermotif atau mungkin itu kamu, bisa dipastikan kamu adalah geng sanguinis!
Sifat sanguinis yang terdeteksi sejak kecil biasanya membuat seseorang tampak senang bergaya saat difoto, rajin ikut berbagai kegiatan di sekolah atau lingkungan rumah, serta proaktif kalau dibandingkan dengan teman-teman lainnya. Sanguinis akan merasa bahagia gak terkira kalau dipuji aksinya dengan tulus dilengkapi senyuman. Geng sanguinis memiliki emosi yang cenderung labil, pelupa, lupa janji, membesar-besarkan suatu hal, cenderung bertindak dulu sebelum berpikir dan hidupnya serba gak teratur ( coba deh lihat meja kerja atau kamar geng sanguinis, pasti berantakan) suka narsis dan gak mau terkalahkan soal penampilan. Kalau disuruh melakukan sesuatu, ia akan dengan cepat mengiyakannya dan terlihat sepertinya betul-betul hal itu akan ia lakukan, tapi percayalah, beberapa hari kemudian ia gak lakukan apapun juga.

Beruntungnya geng ini hidupnya penuh dengan bunga warna-warni. Selalu ceria apapun masalah yang dia alami, ekspresif, banyak bicara, dan berhati tulus. Geng ini lebih menikmati hidup daripada geng lain, punya banyak teman dan menjalani hidup apa adanya. Yang penting ‘gue bahagia dan nyaman’

Dear sanguinis, hidup memang haruslah dinikmati tapi kamu perlu tahu apa yang menjadi prioritas, kamu butuh tujuan dan kalau kamu bekerja, nggak bisa semua hal dilakukan sesuka hatimu.

Pada dasarnya setiap manusia pasti memiliki keempat sifat dasar tersebut dalam dirinya, hanya saja kadarnya pasti berbeda-beda satu sama lain. Disadari atau nggak, biasanya ada 2 sifat dominan yang membentuk keutuhan sifat dari seorang manusia. Dan perpaduan itu akan menghasilkan karakter yang berbeda lho, misalnya melankolis-koleris dan koleris-melankolis, semua sesuai dengan kadar mana yang lebih banyak dimiliki. Next kita akan bahas yaa,Oneesan.

Mengetahui karakter setiap orang sangat lah penting, sehingga nantinya kamu bisa menempatkan diri dan tahu caranya bekerja sama dengan lawan dari kepribadian kamu. Yang jelas setiap kepribadian memiliki nilai positif dan negatif masing-masing. Semoga bermanfaat ya!


Jangan lupa untuk follow instagram @gatsuone untuk informasi dan promo menarik!


sumber foto : google


You Might Also Like

3 komentar

  1. sepertinya saya melankolis

    BalasHapus
  2. w senguin banget hhha dan semua sifat lainnya ada di temen temen w hhhha karena menurut orang yang senguin bahagia itu simple ga mau ribet dengan hal yang menguras otak...duh pengen dapet cowo yang plegmatis dong...cucok kayaknya

    BalasHapus
  3. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus

Like us on Facebook