Ingin Terlihat Lebih Pintar? Lakukan 7 Cara Mudah Ini

10.00.00

Siapa sih yang nggak mau dibilang sebagai orang yang smart? Meski IQ kita nggak setinggi William James Sidis yang IQ sampai 300 atau Einstein yang mencapai 160, tapi kita masih bisa kok menunjukkan sisi lain kita yang pintar. Seperti make up yang bisa menutupi kekurangan pada wajah, penampilan dan usaha ini juga bisa menutupi kelemahan kita yang ingin terlihat pintar. Apa saja cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa terlihat lebih pintar? Simak yuk.

Kalau Nggak Suka Baca, Bacalah Resensi dan Headlinenya
Nggak bisa dipungkiri lagi, membaca buku bisa menambah pengetahuan di dalam otak kita. Kalau kamu memang sudah terbiasa membaca buku, hal ini akan lebih menguntungkan. Karena selain otak kita terisi dengan banyak hal, orang lain juga memandang kita sebagai orang yang serius dan terlihat pintar. Tapi masalahnya nggak semua orang bisa betah berlama-lama membaca buku. Baru baca satu halaman aja, rasa ngantuknya sudah nggak tertahankan. Ada pula orang yang nggak bisa baca buku karena jadwalnya terlalu sibuk. 

Nah untuk tipe seperti ini, kamu bisa terlihat lebih pintar hanya dengan membaca resensi bukunya saja. Begitu pula dengan berita koran yang selalu baru setiap harinya. Kalau kamu nggak sempat baca keseluruhan koran itu, intiplah headline koran saat akan berangkat beraktifitas. Dari resensi buku dan headline koran itu, setidaknya kamu bisa mengambil kesimpulan dan inti sari dari hal-hal yang sedang ramai dibicarakan orang. Jadi kamu nggak sekadar iya-iya aja kalau sedang dalam pembicaraan diskusi issue itu. Hihi

Dengarkanlah Musik yang Membuatmu Enjoy
Banyak kabar yang menyatakan kalau mendengarkan musik klasik dapat meningkatkan kecerdasan otak. Bahkan seorang dokter spesialis THT Alfred A. Tomatis mengklaim bahwa mendengarkan karya Mozart dan musik klasik dapat membantu penyembuhan tubuh dan perkembangan otak. Namun ketika diteliti lebih lanjut, ternyata rahasia untuk meningkatkan kinerja otak bukanlah musik klasik, melainkan kegairahan emosional. 

Meski kabar tentang musik klasik yang bisa mencerdaskan otak hanyalah isapan jempol belaka, nggak bisa dipungkiri kalau musik ini bisa membuat enjoy kalau kamu terbiasa menikmatinya. Tapi kalau kamu nggak suka musik klasik, yaa dengarkanlah musik yang bisa bikin mood kamu naik. Musik yang kamu sukai bisa memicu hormon endorfin sehingga dapat mengurangi stres, dan membuat kita rileks. Kalau suasana hatimu sudah terbiasa dalam keadaan rileks, kamu bisa meredam emosi ketika ada yang menyulut amarahmu. Jadi nggak perlu marah-marah ngadepin orang yang membuat kamu emosi. Itulah yang biasa orang-orang pintar lakukan.

Aktif Twitter dan Dengarkan Radio saat Perjalanan
Saat kemacetan menghadangmu di saat berangkat kuliah atau berangkat kerja, dengarkanlah sebuah saluran radio. Dengan mendengarkan radio, kamu bisa mendapatkan informasi yang bisa kamu jadikan bahan obrolan dengan orang di sekitarmu. 

Kalau kamu malas mendengarkan radio, kamu bisa menggunakan twittermu untuk mendapatkan informasi daripada update status galau. Dengan mem-follow akun-akun berita, kamu juga jadi selalu up to date dengan berita-berita terbaru. Bonus lainnya adalah, orang yang melihat following list pada akunmu akan melihat bahwa kamu adalah orang yang smart.

Rawat Penampilanmu
Saat penampilanmu terawat dan enak dipandang orang, kamu lebih bisa meyakinkan orang lain bahwa kamu adalah orang yang teliti, bersih, dan pintar merawat diri. Karena nggak bisa dipungkiri penampilan adalah modal utama saat kamu bertemu dengan orang lain. Jadi, first impression itu penting banget untuk menunjukkan apakah kamu adalah seorang yang pintar atau hanya asal.

Gunakan Bahasa yang Sesuai dan Ejaan Tulisan yang Benar
Nggak perlu sok-sokan pakai bahasa asing kalau memang belum menguasai penggunaannya, kamu hanya perlu gunakan istilah yang sesuai dengan diskusi apa yang sedang dibicarakan. Karena terkadang diskusi-diskusi yang penting banyak menggunakan istilah yang kamu nggak paham apa maksudnya, karena itu sering-seringlah juga buka kamus dan mencari kata-kata baru. Ketika kamu berada di dalam sebuah seminar atau menonton pidato misalnya, kamu bisa menjelaskan maksudnya pada temanmu yang belum ngerti. 

Selain verbal, komunikasi juga biasa dilakukan dengan cara tertulis. Nah, penting banget nih untuk kamu pelajari, misalnya bagaimana kata di- digunakan secara benar. Apakah harus disambung atau dipisah. Pada kenyataannya masih banyak orang yang salah-salah dalam menggunakan penulisan EYD yang benar ini, dan kesalahan itu akan membuat kamu terlihat tidak pintar. Karena itu, pahami dulu EYD yang berlaku dalam Bahasa Indonesia, setelah itu baru pelajari bahasa asing.

Percaya Diri
Orang yang malu-malu akan menunjukkan bahwa dia adalah orang yang tidak dapat menguasai keadaan. Termasuk saat kamu sedang ditanyai soal pendapat. Hindarilah rasa malu untuk mengungkapkan pendapat di depan umum. Memang sih hal ini perlu dilatih, tapi percayalah bahwa kamu akan terlihat lebih pintar saat kamu berani mengungkapkan pendapat. Ketika kamu percaya diri, di saat itulah kamu menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang cepat tanggap dan bisa beradaptasi dengan cepat dalam segala situasi. Sehingga kamu akan dicap sebagai orang yang serba bisa dan smart.

Pakai Baju yang Sesuai
Satu hal lagi yang bisa bikin kamu terlihat lebih smart adalah saat kamu menggunakan pakaian yang rapi dan cocok dalam berbagai suasana. Selain nyaman dipakai, tentunya kamu harus menyesuaikan baju dengan dress code di setiap acara yang akan kamu datangi. Ketika kamu salah pakai kostum, sama aja menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang nggak teliti dan cenderung asal.

Dalam suasana yang agak formal, kamu bisa kenakan blazer untuk mendapatkan penampilan yang lebih smart. Kunjungi www.gatsuone.com untuk lihat koleksi outfit yang bisa bikin kamu terlihat smart! Atau kenakan jas kasual agar penampilanmu tetap aman dan terlihat sebagai orang yang dewasa juga siap bekerja.

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook