Atasi Gangguan Tidur di Tengah Pekerjaan Menumpuk dengan Cara Ini

13.15.00

Apakah kamu sering mengalami masalah susah tidur saat sedang diburu tugas dan pekerjaan? Padahal sudah memejamkan mata di atas kasur yang nyaman, tapi seberapa pun usaha untuk memejamkan mata masih aja nggak bisa tidur. Tiba-tiba muncul dalam benak tentang tugas dan pekerjaan yang masih harus diselesaikan. Walau udah usak-usik bantal, guling-gulingin badan, bahkan menghitung domba sampai sejuta, tetap aja nggak bisa tidur. Errghh!

Masalah ini memang sering dialami bagi sebagian besar orang yang pekerjaan dan tugasnya menumpuk. Bagi mereka, 24 jam rasanya nggak cukup buat menyelesaikan semua pekerjaan yang sedang ditugaskan. Mungkin kamu juga sedang mengalami hal ini.

Saat kamu sudah terbaring di atas ranjang misalnya, kamu masih saja membuka ponsel, tablet, atau laptop untuk sekadar membuka email atau grup chat kantor. Awalnya sih hanya berniat buka supaya nggak penasaran, tapi kemudian kamu malah diingatkan bahwa masih ada pekerjaan lain yang harus kamu kerjakan besok. Alhasil, kamu jadi gagal tidur dengan nyaman.

Padahal tidur yang berkualitas itu sangat penting dan bermanfaat bagi tubuh. Karena ketika kamu tidur, otak akan membuang racun yang terkumpul saat kamu beraktivitas. Kalau kamu nggak memiliki waktu tidur yang baik, maka racun tersebut akan tetap bersarang dalam sel saraf. Jika racun tersebut dibiarkan terlalu lama, maka jangan heran kalau nantinya ada kerusakan otak dalam kemampuan berpikir. Kemampuan berpikir yang rusak pada akhirnya bisa mematikan kreativitas dan melumpuhkan daya ingatmu.

Niatnya mau memaksimalkan kerja otak setiap hari, tapi efek jangka panjang yang bisa kamu dapatkan malah merusak kemampuan otak. Nggak mau kan mengalami hal ini di usiamu yang masih muda?

Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan supaya kamu bisa tidur nyaman di tengah pekerjaan yang masih menumpuk.

Jangan Lelah Membuat Agenda Pekerjaan
Lupa mungkin saja dialami semua orang, termasuk kamu. Karena terlalu banyak mengerjakan tugas, bisa aja kamu lupa mana prioritas pekerjaan yang harus kamu kerjakan lebih dulu. Alhasil kamu malah mengerjakan tugas yang masih memiliki waktu deadline panjang.

Karena itu, kamu bisa mencatat semua yang kamu akan kerjakan esok hari di sebuah buku catatan atau note. Jangan pernah lelah mencatat deadline tugas dan susun semua pekerjaan itu dalam urutan prioritas.

Selesaikan di Kantor, Jangan Bawa Pekerjaan ke Rumah
Saat sudah masuk jam kerja, pastikan bahwa kamu akan menghabiskan waktu kantor dengan menyelesaikan target pekerjaan yang sudah kamu agendakan. Maksimalkan waktu di kantor untuk bekerja, bukan untuk bersantai. Bila perlu, lakukanlah kerja lembur dan selesaikan pekerjaan di kantor jika belum selesai.

Pokoknya jangan bawa pekerjaanmu ke rumah. Karena rumah adalah tempatmu untuk beristirahat dan melepas lelah, bukan untuk bekerja lagi.

Lepaskan Kekhawatiran dari Imajinasi yang Terlalu Tinggi
Kebiasaan yang suka dilakukan banyak orang adalah suka memikirkan hal-hal imajinatif sebelum tidur. Apa hari ini aku melakukan kesalahan sampai-sampai si bos nggak mau negur? Besok aku harus ngerjain apa aja? Besok meeting pertama, aku harus pakai baju apa?

Pokoknya segala hal yang nggak jelas, kamu pikirkan dengan serius. Imajinasimu bermain dengan leluasa memikirkan semua hal yang bahkan nggak mungkin banget terjadi dalam hidupanmu.

Taukah kamu, bahwa ketika kamu memikirkan hal-hal itu maka sama saja kamu sedang khawatir pada hidupmu sendiri. Meski susah untuk menyingkirkan semua kekhawatiran itu, kamu bisa sejenak bangun dari tempat tidurmu. Minumlah segelas air putih atau susu hangat supaya kekhawatiranmu teralihkan. Jangan lupa berdoa sebelum tidur.

Matikan Layar Elektronik dan Tidurlah dengan Posisi yang Tepat
Saking lelahnya mengerjakan banyak tugas, kamu jadi nggak sadar kalau laptop atau PC mu masih menyala padahal kamu sudah tertidur. Kalau kamu sering mengalami hal ini, kamu harus mulai menghentikan kebiasaan tertidur depan laptop!

Posisi yang terbaik saat tidur adalah dengan tubuh yang lurus terlentang agar jalur pernapasan tidak terhambat. Sementara itu saat kamu tertidur depan laptop, kamu dalam posisi duduk dengan terlungkup di atas meja. Bahkan mungkin kamu masih memangku laptop ketika tertidur.

Pernapasanmu tentunya akan terganggu ketika kamu tidur dengan cara tersebut. Terlebih lagi, kamu perlu tau bahwa warna-warni yang terpancar dari layar elektronik dapat meningkatkan resiko kanker. Serem kan? Jadi pastikan bahwa semua layar elektronikmu mati sebelum kamu tidur dan tidurlah dengan posisi yang benar.

Lakukan Keempat Hal di Atas Sebagai Kebiasaan Baru
Tidur berkualitas adalah salah satu kebiasaan yang perlu kamu lakukan demi menjaga hidup yang seimbang. Jangan habiskan waktu 24 jammu hanya untuk bekerja, melainkan seimbangkan dengan tidur yang baik. Karena bukan saja efek jangka pendek yang akan kamu rasakan, tapi juga efek jangka panjang. Beberapa efek jangka panjang seperti suasana hati yang kacau, kurangnya kemampuan fokus, dan fungsi-fungsi otak lain menjadi efek jangka panjang yang akan datang.

Meski tidak ada yang bisa menjamin bahwa semua pekerjaan akan terselesaikan saat kamu bisa tidur dengan baik, tapi percayalah bahwa semua hal akan berjalan lebih baik saat kamu menjalani hidup secara seimbang. Biasakan memiliki cara hidup yang sehat dan seimbang dengan tidur, supaya kamu bisa tetap produktif sampai tua nanti.

Buktikan kalau kamu adalah orang yang selalu siap bekerja dengan tampil fresh setiap pagi. Pakai outfit terbaikmu dan katakan di depan cermin bahwa “aku bisa hadapi hari ini!”

Pilih-pilih outfit untuk ke kantor, kini bisa kamu temukan di www.gatsuone.com! Dengan pilihan outfit yang trendy dan up to date, kamu bisa tampil dengan pesona kawaii. Yuk, temukan outfit yang bisa kamu pakai hari ini dengan klik www.gatsuone.com. Kini GatsuOne がつおね tersedia juga dalam Line Store lho, Chat us now oneesan! Have a great day Oneesan.. Cha!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook