Sudah Bekerja Sesuai Passion Tapi Masih Ada Rasa Bosan. Mengapa?

11.36.00

Banyak yang mengatakan kalau pekerjaan yang terbaik untuk dilakukan adalah pekerjaan yang sesuai dengan passion. Dengan passion, segala pekerjaan yang ditugaskan pada kita akan berasa menyenangkan, karena kita suka melakukannya. Seperti istilah, “do what you love, and love what you do.” yang memberi inspirasi bahwa kita harus melakukan apa yang kita sukai dan menyukai apa yang sedang kita kerjakan.

Memang tak semua orang dapat bekerja sesuai dengan passionnya. Dengan banyaknya saingan pekerja lain, kita jadi terbiasa untuk memilih pekerjaan dengan prinsip “yang penting nggak nganggur” atau “yaahh.. jalanin aja dulu.” Prinsip inilah yang menyebabkan mengapa orang suka gonta-ganti pekerjaan dengan alasan nggak merasa puas di pekerjaan yang lama.

Dalam kamus bahasa inggris, passion diartikan sebagai gairah, kegemaran, semangat, nafsu, juga keinginan besar. Namun apakah passion itu bisa menjadi jaminan kalau kamu nggak pernah merasa bosan  di dalam pekerjaanmu yang sekarang? Nggak bisa.

Rasa bosan bisa aja menyerang kamu yang sekarang lagi berusaha bertahan dalam pekerjaan. Meski kamu merasa pekerjaan yang kamu ambil saat ini adalah passionmu, nggak menutup kemungkinan kalau kamu juga bisa merasa nggak bahagia. Kok bisa? Bukannya kamu sudah berada di dalam pekerjaan yang kamu idam-idamkan dari lama?

Karena setiap pekerjaan memiliki tekanan tersendiri, tekanan juga datang meski dalam pekerjaan yang menjadi passionmu
Banyak yang nggak paham kalau pada dasarnya hobi itu harus dibedakan dengan pekerjaan. Meski pekerjaanmu adalah hobimu, ingat bahwa pekerjaan bukanlah sebuah hal yang bisa kamu lakukan dengan sesuka hati. Ada tanggung jawab yang harus kamu emban, apalagi mengingat kalau pekerjaan adalah sebuah hal yang menyangkut banyak orang. Jadi ada hidup orang lain  yang digantungkan padamu. Untuk itu kamu akan selalu mendapat tekanan, akan selalu ada yang mengawasi dan mengevaluasi pekerjaanmu, termasuk dari target yang harus kamu capai.

Bosan bisa aja terjadi bukan karena pekerjaannya, tapi karena lingkungan kerjamu yang nggak mendukung
Ketika kamu masuk dalam pekerjaan yang baru, semua lingkungan dan rekan kerja sudah terseting sempurna. Kamu nggak bisa memilih siapa rekan kerja dan posisi duduk yang bisa bikin kamu nyaman (kecuali kalau kamu bosnya) haha. Berbeda dengan melakukan hobi, kamu bisa pilih siapa aja yang bisa bikin kamu semangat untuk mengerjakannya. Nah, karena inilah kamu merasa tertekan dan bosan dengan pekerjaan, bukan karena pekerjaan yang sesuai dengan passion.

Bosen nggak sih, melakukan pekerjaan yang sama berulang-ulang?
Meski hal yang kamu kerjakan adalah sesuatu yang kamu sukai, bila setiap hari kamu hanya melakukan pekerjaan yang sama setiap saat pasti akan ada rasanya bosan dan jenuh. Di tambah lagi, kamu memiliki atasan dengan beberapa aturan yang harus kamu patuhi. Tidak selamanya kamu bisa mengeluarkan imajinasimu dengan bebas karena ada orang yang akan memberimu batasan dalam berimajinasi. Hal yang sama dan terus berulang ini pasti membuatmu kepikiran untuk sesekali mengerjakan hal yang lain.

Das Sein Das Sollen, Harapan yang berbeda dengan kenyataan
Ketika kamu mulai memimpikan bahwa pekerjaan yang kamu dambakan lebih baik dari pekerjaanmu saat ini, kamu perlu mempersiapkan diri untuk menerima kekecewaan. Mengapa? Karena tidak selamanya apa yang kamu harapkan bisa sesuai dengan kenyataan yang kamu terima. Ekspektasi yang terlalu tinggi justru nantinya akan membuatmu nggak betah dalam pekerjaan yang baru karena kamu menerima kekecewaan.

Manusia akan selalu menginginkan lebih, tidak pernah puas
Pikiran dan hati manusia akan selalu berubah, termasuk juga hobi dan passionmu saat ini. Bisa jadi apa yang kamu sukai sekarang akan berubah kelak saat kamu menemukan hal-hal yang baru. Ketika hal itu terjadi, orang akan cenderung meninggalkan hobi lama dan memburu hobi barunya. Untuk orang yang suka mengejar ketertarikan baru, hal ini bukanlah hal yang baik karena tidak akan merasa puas dalam pekerjaannya dan cenderung punya keinginan untuk pindah-pindah kerja.

Jadi bukan hal yang aneh kalau passion yang kamu bawa dalam pekerjaan nggak bisa bikin pekerjaanmu lebih menyenangkan dan bisa kamu pertahankan selamanya. Karena sifat alamiah manusia itu bisa merasa bosan, begitu pula denganmu yang saat ini ingin pindah kerja karena merasa pekerjaanmu nggak bisa jadi jaminan kebahagiaan atas dasar passion.

Namun satu hal yang perlu kamu ingat adalah di manapun kamu bekerja, akan ada masanya rasa bosan itu datang menghampiri. Sebaiknya sih, nggak perlu dituruti karena segala kepenatanmu akan hilang kalau kamu bisa memanagenya dengan baik. Cara paling mudah adalah dengan membedakan hal pekerjaan dengan hobi. Ketika hobimu menuntut kepuasan hati, pekerjaan itu membutuhkan profesionalitas. Jadi nggak bisa disamakan. Daripada menyesal pindah-pindah kerja, lebih baik kamu mulai mensyukuri pekerjaanmu saat ini. Hihi



Berangkat kerja bingung pakai baju apa? Buka di www.gatsuone.com aja! Karena banyak pilihan outfit keren yang bisa kamu pakai setiap hari. Eittss jangan salah loh, outfit yang kamu pakai akan memberi kamu motivasi yang baik dalam bekerja. Kan jadi enak kalau dipuji rekan kerja karena outfit yang kita pakai ketje bhadai. Hihi. Promo menarik langsung buka instagram GatsuOne がつおね aja. Cha!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook